Responsive Ad Slot

Tips Mencukupi Kebutuhan Air Putih Saat Berpuasa

Tidak ada komentar

Sabtu, 18 Mei 2019




Lifestyle, Setaranews.com - Air putih adalah salah satu kebutuhan paling penting saat berpuasa walaupun banyak orang yang mengabaikannya. Taukah kamu berapa banyak air yang tubuh kita butuhkan dalam sehari? Kita membutuhkan 8 gelas air atau 2 liter dari bangun tidur sampai hendak tidur kembali.

Agar kebutuhan air putih tetap terpenuhi dengan baik, kita harus membagi air yang akan kita konsumsi itu mulai dari sahur, berbuka puasa dan sebelum tidur. Disarankan untuk membagi 8 gelas menjadi komposisi 3-3-2. Yaitu tiga gelas air saat sahur, tiga gelas air saat berbuka puasa dan dua gelas air sebelum tidur.

Saat sahur asupan air putih harus banyak karena kita tidak akan minum selama kurang lebih 13 jam. Bisa dibagi satu gelas air putih saat bangun tidur, satu gelas air setelah makan dan satu gelas air menjelang imsak.

Selanjutnya tiga gelas air putih saat berbuka puasa, disarankan minum segelas air setelah adzan, kemudian setelah makan dan sebelum sholat tarawih. Biasanya saat berbuka puasa kita lupa meminum air putih karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman jenis lain yang mengandung banyak gula.

Sisa kebutuhan air putih yang dua gelas bisa dimunim sebelum tidur. Minum satu gelas saat pulang tarawih dan satu gelas saat akan beranjak tidur. Meminum air putih sebelum tidur bisa membuat otot-otot dan persendian menjadi lebih rileks sehingga tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Jika kita tidak memenuhi kebutuhan air putih saat berpuasa, tubuh kita akan mengalami dehidrasi. Ciri-cirinya antara lain sering lemas saat siang hari, konsentrasi menurun, kepala pusing, sering mengantuk, dan daya tahan tubuh akan turun sehingga akan mudah terkena flu.

Mulai saat ini mari kita cukupi kebutuhan air putih harian. Semoga puasanya lancar dan berkah!

Reporter :Anisa Puse





Konser Kemanusiaan Dari ACT Untuk Palestina

Tidak ada komentar
Cirebon,setaranews.com Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang merupakan Lembaga kemanusiaan profesional yang bergerak sejak tahun 2005 dalam penanganan bencana alam, bencana sosial atau bencana kemanusiaan (seperti gizi buruk, rawan pangan, kesehatan dan sanitasi, pendidikan, pemberdayaan ekonomi, pembangunan masyarakat, hingga korban konflik sosial baik di dalam maupun luar negeri) akan menyenggarakan Konser Kemanusiaan Palestina yang dimeriahkan oleh Melly Goeslow dan Syeikh Anas M.Hussein di Ballroom Hotel Santika pada Minggu,26 Mei 2019 pukul 15:00 wib.
Konser Kemanusiaan ini dilaksanakan sebagai selahsatu responding ACT terhadap tragedi kemanusiaan yang menimpa saudara muslim di Palestina, karena mengingat lebih dari setengah abad sudah saudara muslim kita di Palestina terus berjuang mempertahankan tanah kelahiran dari penjajah Zionis Israel.
Orang tua, anak-anak, perempuan, dan laki-laki semua turut berjuang melawan kekejian Zionis Israel yang terus menyerang dan merampas kehidupan saudara kita di Palestina. 312 jiwa tewas pada 2018 dan 31.000 lainnya terluka, 51% dari penduduk Palestina sangat membutuhkan bantuan untuk bertahan hidup akibat konflik berkepanjangan. Organisasi PBB mengingatkan, Palestina dalam waktu tidak lama bisa menjadi tidak layak dihuni manusia tahun 2020 jika keadaan sekarang tidak diatasi.

Kegiatan ini gratis untuk umum dengan syarat mendaftarkan diri dengan format NAMA_No.TLP_PEKERJAAN_ALAMAT dan bisa dikirimkan via SMS/Whatsaapp atasnama Ihsan (098 619 381 540) atau Fitri (0821 2121 7031)

Suara Mahasiswa Fakultas Ekonomi Melalui Ekonomi Berdialog

Tidak ada komentar

Jumat, 17 Mei 2019


Cirebon,Setaranews.com. Demi mengutarakan keluh kesah atau aspirasi para Mahasiswa Fakultas Ekonomi terkait masalah yang terjadi di Fakultas Ekonomi, Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ekonomi (DPM FE) Universitas Swadaya Gunung Jati ( UGJ ) menghimpun aspirasi-aspirasi mahasiswa melalui kotak suara yang sudah di  sediakan oleh DPM-FE dihalaman kelas manajemen dan akuntansi pada tanggal 8 Mei 2019.
       Setelah aspirasi terhimpun para anggota Dewan Perwakilan mahasiswa Fakultas Ekonomi melakukan kegiatan diskusi yang bertajuk “Ekonomi Berdialog” merupakan dialog langsung dengan para Dekanat terkait masalah-masalah yang timbul di lingkungan Fakultas Ekonomi, acara yang dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2019 di Auditorium Kampus 1 Universitas Gunung Jati. Adapun aspirasi yang sudah terhimpun 50 persen dari 100 mahasiswa yang mengisi kotak aspirasi mahasiswa Fakultas Ekonomi yang tergolongkan menjadi 4 jenis aspirasi.
     Yang pertama dari 50 mahasiswa ada sekitar 40 orang atau 80% mahasiswa mengeluhkan fasilitas yang ada, diantaranya fasilitas belajar mengajar yaitu infocus dan AC yang berfungsi tidak maksimal atau rusak kemudian ada kantin dan Wc yang jumlahnya tak sepadan dengan mahasiswa, kurangnya kebersihan juga sering di keluhkan oleh para mahasiswa, serta terganggunya mahasiswa karena asap rokok. Banyak mahasiswa wanita mengeluhkan hal ini karena asap tersebut mengganggu kenyamanan mereka ketika ada dikampus. atau dengan menyediakan ruangan khusus untuk para perokok-perokok sebagai solusi lain.
      Dan yang kedua para mahasiswa mengeluhkan tentanga masalah pembelajaran, dari 50 mahasiswa yang mengeluhkan pembelajaran ada sekitar 31 mahasiswa atau 62%, keluhannya itu seperti para mahasiswa mengeluhkan tentang jam mata kuliah salah satu dosen yang tidak teratur karena keterlambatannya sehingga mengganggu mata kuliah yang lain. Hal ini juga bisa menimbulkan kesalahpahaman antara mahasiswa dengan dosen mata kuliah tersebut. dan keluhan yang lainnya itu menanyakan keobjektifan penilaian dosen terhadap mahasiswa. Mahasiswa ingin mengetahui transparansi pada penilaian.
Kemudian yang ketiga mengenai pelayanan.dari 50 mahasiswa yang mengeluhkan pelayanan system TU terhitung sekitar 14 orang atau 28% mahasiswa. Dan ke empat masalah penyebaran informasi beasiswa yang tidak merata. “ Para mahasiswa mengeluhkan tentang ssstem pelayanan di TU (Tata Usaha) ataupun prodi mahasiswa pada sekarang ini. Kemudian pelayanan di Fakultas Ekonomi, mahasiswa menanyakan apakah ada beasiswa bagi mahasiswa biasa (non ormawa) karena beasiswa tersebut dirasa tidak tepat sasaran. Karena tidak sesuai dengan orang yang membutuhkan. intinya disini ada kecemburuan mahasiswa biasa dengan mahasiswa yang aktif di ormawa. "ujar Bagus selaku ketua umum DPM FE.

Tips Cara Mengetahui Gejala dan Mengatasi Penyakit Cacar Monyet(Monkeypox)

Tidak ada komentar



Cirebon.SetaraNews.com – Pernahkah mendengar tentang cacar monyet? Meskipun tidak umum, tapi cacar satu ini tetap patut diwaspadai penyebaranya. Cacar monyet pada dasarnya juga bukan merupakan penyakit baru dan sudah ada sejak tahun 1970-an. Apa itu sebenarnya cacar monyet? Bagaimana cara mengetahui dan mengatasi cacar monyet? Simak jawabannya dibawah ini!

Apa Itu Cacar Monyet (Monkeypox)?
Cacar monyet atau monkeypok adalah inveksi virus yang termsuk langka. Cacar monyet bisa digolongkan sebuah penyakit infeksi yang disbabkan olh virus cacar monyet yang dapat timbul pada hewan tertentu termasuk manusia.
Pencegahan Cacar Monyet
Pencegahan cacar monyet dapat dilakukan dengan beberapa cara. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah penyakit cacar monyet atau monkeypox pada manusia:
  • Hindari kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi.
  • Hindari kontak langsung dengan manusia yang terinfeksi.
  • Penggunaan smallpox vaccine, yang dulu digunakan untuk penyakit variola, namun oleh karena penyakit ini sudah berhasil dieradikasi pada tahun 1980, vaksin smallpox agak sulit didapatkan. Vaksin biasanya dianjurkan untuk orang2 yang beresiko tinggi terkena monkeypox seperti mereka yang melakukan penelitian terhadap virus monkeypox, dan orang-orang yang mempunyai riwayat kontak dengan penderita yang terinfeksi monkeypox.
Gejala Cacar Monyet
Masa inkubasi atau masa sejak awal virus masuk ke dalam tubuh hingga menimbulkan gejala klinis adalah sekitar 10-14 hari. Gejala klinis monkeypox mirip dengan gejala Varicella (cacar air) dan Variola, namun intensitasnya cenderung lebih ringan. Gejala awal cacar monyet tidak jauh berbeda dengan gejala infeksi virus lain pada umumnya dan kemudian diikuti dengan gejala yang lebih spesifik. Berikut adalah gejala cacar monyet:
  • Sakit kepala, Deman, Tubuh terasa lemas, Sakit pada otot persendian
  • Ruam kulit. Kemunculan ruam biasanya dimulai dari wajah, batang tubuh, dan kemudian menyebar ke lengan, kaki, hingga ke telapak tangan dan kaki. Ruam diawali dengan bercak kemerahan yang lama kelamaan membentuk bintik kemerahan yang berisi cairan dan dapat berisi nanah.
  • Pembesaran kelenjar getah bening.
Cara Mengobati Cacar Monyet
Hingga kini, belum terdapat penelitian yang mengonfirmasi cara mengobati cacar monyet yang efektif. Pengobatan hanya dilakukan berdasarkan gejala yang dialami oleh pasien. Berikut adalah beberapa jenis pengobatan untuk gejala cacar monyet:
  • Obat analgesik dan antipiretik diberikan untuk menurunkan demam, meredakan nyeri, dan juga sakit kepala.
  • Istirahat total disarankan agar gejala penyakit tidak semakin parah, terutama pada

Sedekah Ramadhan Depan Kampus UGJ

Tidak ada komentar


Cirebon,Setaranews.com. Ramadhan adalah waktu yang paling di nanti bagi seluruh umat muslim didunia, pasalnya bulan Ramadhan ini menjadi bulan dimana pahala akan di lipat gandakan,bulan pengampunan dan masih banyak lagi amalan-amalan baik yang ada di bulan Ramadhan, hal ini di manfaatkan oleh salah tiga organisasi mahasiswa ( Ormawa ) yaitu Agenda ini dilaksanakan oleh DKM ( Dewan Kemakmuran Masjid ), LDK Imni ( Lembaga Dakwah Kampus), dan Tutorial Keislaman Unswagati (TKU) untuk Bagi-bagi takjil secara gratis bagi seluruh masyarakat Cirebon ,stand bagi takjil gratis ini dibuka didepan kampus UGJ ( Universitas Swadaya  Gunung Jati ) Cirebon setiap pukul 17.00 WIB pada bulan ramadhan.(15/05)


Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan tiap bulan ramadhan. Yang kemudian mendapat banyak dukungan dari pihak kampus dan masyarakat. " Kami hanya sebagai fasilitator, untuk pendanaan dari civitas akademik, karyawan, dan staf kampus. Namun ada juga dari masyarakat yang menyumbang". Ujar tama sebagi pengurus DKM.

Mereka (DKM,LDK Imni dan TKU) menyediakan 300 paket takjil per hari untuk masyarakat dan mahasiswa, terutama bagi orang-orang yang labih membutuhkan.

Teater Mantu Mempersembahkan Pementasan Bertajuk “ Perayaan”

Tidak ada komentar

Kamis, 16 Mei 2019


Tanggerang,setaranews.com Teater Mantu yang merupakan salah satu ekstrakulikuler yang yang berada dilingkungan MAN 1 Kabupaten Tanggerang itu kan menyelenggarakan sebuah pementasan bertajuk “ Perayaan “ yang rencananya akan di selenggarakan di 2 tempat yaitu di Aula MAN 1 Kab.Tanggerang pada tanggal 23-24 Agustus 2019 mendatang pukul 13:00 Wib dan Gelanggang Remaja Jakarta Selatan yaitu pada hari Kamis,5 September 2019 pukul 15:00 Wib.

Pementasan ini merupakan karya dari Nur Iqbal Fauzi yang merupakan Mahasiswa STMIK Insan Pembangunan jurusan Sistem infomasi yang memiliki ketertarikan terhadap seni peran sejak dari masih SMP.

Pementasan kali ini menceritakan tentang bebenjit adalah makhluk fiksi yang hidup di hutan pelangi rahasia. Mereka menjalani kehidupan dengan tradisi dan mencintainya. Pada purnama ke 12 penanggalan bebenjit,jatuh seekor burung merah berbulu baja dari dalam perut burung yang mati keluar makhluk-makhluk asing, yang mulai mengusik kehidupan hutan pelangi.

Untuk penggemar teater yang ingin menyaksikan teater ini Iqbal sapaan untuk sang sutradaran membaginya menjadi 3 bagian. “ Nah kalo buat HTM sendiri kita membagi menjadi 3 bagian yaitu untuk Kelas A senilai 70.000 dan akan mendapatkan fasilitas tiket pementasan, Konsumsi,souvenir dan Foto dengan pemain di panggung pementasan juga biaya transportasi khusus wilayah kab.tanggerang daerah tigaraksa,cikupa,bitung untuk Kelas B itu kisaran 40.000 dan akan mendapatkan fasilitas tiket pementasan,konsumsi,souvenir dan foto bersama pemain dipanggung dan untuk Kelas C sekitar 25.000 dan akan mendapatkan tiket pementasan,konsumsi dan foto bersma pemain dipanggung “ tuturnya melalui Whatsapp


Kemudian untuk HTM ini bisa di cicil sampai 5x juga aka nada giveaway 2 pementasan teater dari grup lain juga aka nada marchindase yang menarik sekali. Bagi penggemar teater bisa dapatkan tiket melalui Contact person atasnama lusy (082111276854) untuk transfer dan Iqbal (089621199737) untuk COD.

Resensi buku “Perempuan-Perempuan Tersayang"

Tidak ada komentar

Cirebon,Setaranews.com - Fransinia adalah perempuan remaja asal indonesia timur ini memberanikan diri untuk merantau ke ibukota, dengan harapan akan memberikan perkerjaan yang diimpikannya selama ini yaitu Admazing Agency.Belasan lamaran dia kirimkan ke berbagai perusahan yang kiranya cocok dengan bidang ilmunya, dari mulai redaktur sebuah majalah remaja, copywriter di beberapa advertising agency sampai content writer di sebuah situs internet.

Perempuan yang lahir di kota SOE yang merupakan ibukota Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia itu sudah lama menjadi anak tiri ibu kota, namun dirinya tidak sendirian, ia ditemani oleh adiknya bersama sherly yang kala itu masih duduk di bangku SMA, mamatua ( sebutan untuk ibu ) mempercayai adik bungsunya itu kepada fransinia dan berpesan untuk menjaganya agar tidak pacaran terlebih dahulu, mengingat usianya masih sangat belia dan kondisinya masih sekolah, namun fransinia percaya dan membolehkan adiknya itu pacaran.

Namun naas sherly adik kesayangan keluarganya itu melakukan kesalahan fatal, yaitu dia hamil yang membuat repot adalah olivianus yang merupakan pengganti papatua( sebutan untuk papa) yang sudah meninggal, wataknya yang keras membuat fransisa harus memotak otak agar sherly tidak menjadi sasaran amarahnya itu.namun mau tidak mau fransinia harus memberitahu keadaan sebenarnya kepada olivianus dan membawa sherly pulang ke SoE.

Akibat ulah sherly, fransinia harus menetap di Soe untuk menemani mamatua dan menjaga kandungan sherly.

“Beta laki-laki, beta harus kerja. Beta punya istri yang harus beta hidupi. Beta harus hidupi katong pun keluarga ju. Lu perempuan, lu belum kerja, lu belum berkeluarga, belum ada beban. Apa salahnya lu jaga Mamatua di rumah? Lagi pula, mengurus Mamatua dan rumah itu perempuan pung tugas. Sonde usah berpikir macam-macam, sonde usah mau macam-macam. Itu sudah.” (hlm. 21)

Fransinia harus rela meninggalkan impiannya di Jakarta tak hanya itu ia juga harus meninggalkan kisah cintanya bersama kekasihnya (lupa namanya). Mamatua yang syok dengan keadaan sherly sempat jatuh sakit pasalnya beliau yang rajin ibadah ke gereja, kemudia keluarganya selalu menjadi contoh yang baik bagi masyarakat di kotanya, maraknya remaja yang mengalami hamil diluar nikah membuat mamatua kecewa karena hal itu terjadi pada anaknya sendiri.

Selama di Soe sherly dilarang keluar rumah demi menjaga citra nama baik keluarga, akhirnya fritz dating menjadi dokter pribadi dan selalu rajin dating kerumah untuk mengecek keadaan sherly dan mamatua, fritz itu adalah teman olivianus yang kini memutuskan untuk menjadi dokter di kota SoE. Parasnya yang rupawan, pribadi yang hangat membuat fransinia tak lagi canggung untuk bercengkrama dengannya.

Alasannya kembali ke kampong halaman setalah sekolah di perguruan tinggi ternama di Indonesia membuat kebimbangan tersendiri terhadap fransinia,karena kondisi SDM dan pemerataan belum terjadi dindonesia hati fritz tergugah untuk terus mendedikasikan dirinya untuk SoE.
Tak terasa kemailan sherly memasuki usia tua, namun malangnya ia tidak diperbolehkan bertemnu dengan bapak dari jabang bayi yang dikandungnya, padahal kekasih sherly menetap di SoE jua, namun olivianus tidak memperbolehkannya bertemu.

Suatu ketika keluarga berkumpul karena fransinia mendapat panggilan bekerja diperusahaan yang ia idam-idamkan selama ini, namun olivianus bersikeras untuk memakemkan fransinia di SoE tanpa melihat perasaan fransinia.
Fransinia merasa ini tidak adil pasalnya dia juga memiliki cita-cita yang harus digapai, konflik panas terjadi dirumah akhirnya membuat olivianus mengijinkan fransinia untuk ke ibu kota dalam kurun waktu yang sebentar.

Setalah urusannya di ibukota selesai ia kembali ke rumah, perdebatan panas terkait izin olivianus kepada suami sherly untuk menemani persalinannya membuahkan hasil dengan mengundang suami sherly ke rumah, untuk memberikannya pandangan, dan meminta persetujan darinya jika bayinya akan diangkat anak oleh olivianus, kemudian sherly dan suami melanjutkan hidupnya sebagai remwaja yang haus akan cita-cita.

Akhirnya berdamailah mereka,hanya menunggu beberapa hari akhirnya sherly melahirkan dengan kondisi yang baik,dan olivianus pun mengizinkan pacar sherly untuk menjenguk bayinya dan berdamailah mereka, anaknya perempuan diberi nama Olivia dan akhirnya diangkat menjadi anak olivianus dan Elizabeth. Fransinia akhirnya menetap di SoE dan mengikuti jejak fritz, sedangkan olivianus dan suami sherly pergi ke Jakarta untuk menafkahi keluarganya.


Keterangan Buku
Judul                                                     : Perempuan-perempuan Tersayang
Penulis                                                  : Okke ‘Sepatumerah’
Editor                                                    : Bernard Batubara
Penyelaras aksara                                 : Ayuning
Penata letak                                          : Putra Julianto
Desainer sampul                                   : Matahari Indonesia & Amanta Nathania
Penerbit                                                : GagasMedia
Terbit                                                    : 2015
Tebal                                                     : 276 hlm.
ISBN                                                     : 979-780-812-2


Saksi Bisu Peradaban Kota Cirebon

Tidak ada komentar

Rabu, 15 Mei 2019

Cirebon,Setaranews.com. Tahukah kamu ? Kota Cirebon memiliki beribu peninggalan sejarah loh  yang sampai saat ini jarang diketahui orang banyak,nggak cuma sejarah cintamu dan dia ajah hiyahiyahiya, dan dalam sejarahnya Kota Cirebon ini mempunyai bangunan yang konon katanya pertama kali dibuat dalam peninggalan sejarah di Kota Cirebon, walah iya pertama kebayang dong sejarahnya pasti panjang,bangunan tersebut yaitu Witana. 

Bangunan kuno yang berada di Dukuh Caruban (Perkampungan Cirebon) itu dibangun pada abad ke-14 Masehi, tepatnya pada tahun 1362 Saka/1440 Masehi, pembaca udah pada lahir belum tuh?

Nah sekarang Bangsal Witana kini menjadi kebanggaan masyarakat Cirebon jeh ,pasalnya keberadaan Witana yang menjadi bagian di Keraton Kesultanan Kanoman itu merupakan destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi jika singgah di kota udang tercinta, adapun kata Witana yang dipakai itu berasal dari bahasa Cirebon asli yang berarti awit atau asal/mula dan ana atau ada. Jika diartikan, Witana berarti asal mula ada yang dalam konteks ini asal mula adanya Cirebon. Bukan asal mula kisah rumit kita.

Bangsal Witana difungsikan sebagai tempat lelakon sultan atau menimba ilmu kebatinan,karena Di Bangsal Witana, suasananya sunyi, menenangkan. Pepohonan tua yang rimbun, ditambah arsitektur bermotif khas kerajaan, yang cocok banget buat kamu yang suka suasana sepi untuk merenungi skripsianmu.
Pada abad ke-14, Pangeran Cakrabuana meneruskan jabatan kepada ke Ki Gedeng Alang-alang sebagai Mbah Kuwu Cirebon dan ketika memasuki abad ke-16, Kesultanan Cirebon menjadi dua kesultanan yakni Kasepuhan dan Kanoman.
Untuk arsitektur bangunan bangsal Witana ini dilangit-langitnya terdapat ukiran yang menunjukkan angka Candra Sengkala menandakan tahun renovasi komplek pada 1561 Saka atau sekitar 1639 Masehi. Nah, ukiran huruf Candra Sengkala ini menunjukkan tahun renovasi komplek Witana di era Pangeran Mas A Arifin, Panembahan Ratu II.
Hampir seluruh bangunan inti dan sakral di Keraton Kanoman ini menghadap ke arah utara. Dalam sejarahnya Keraton Kanoman sendiri tidak terpisahkan dengan penyebaran misi ajaran Islam, yang merupakan pengembangan keraton sebelumnya.


Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews