Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Meski Jarang Terjadi, Waspadai Overdosis Kafein!

Kamis, 22 Desember 2016

/ by BW
Kesehatan, Setaranews.com – Bagi Anda yang senang mengkonsumsi kopi setiap hari, tampaknya hal tersebut mulai perlu diperhatikan. Pasalnya, gejala overdosis bisa juga datang dari mengkonsumsi kafein secara berlebih.

Dikutip dari Kompas.com, Rabu (21/12) menurut seorang ahli gizi, Samantha Heller, R.D., dari NYU Langone Medical Centre mengatakan bahwa biasanya tambahan secangkir atau dua cangkir kopi setiap hari tidak akan menimbulkan masalah kesehatan apapun. Tetapi, orang yang mengalami gejala overdosis kafein akan merasakan jantung berdebar-debar tak karuan dan tangan bergetar. Tentunya hal tersebut sangat tidak nyaman dirasakan.

“Butuh waktu empat sampai enam jam untuk efek kafein menghilang dari sistem tubuh Anda, dan sayangnya tidak ada cara untuk mempercepat proses tersebut,” ujar Heller.

Lalu, Heller pun menyarankan, jika Anda mulai merasa panik setelah meminum kopi, maka Anda hanya perlu menarik nafas dalam-dalam dan mengingatkan diri sendiri bahwa situasi tersebut hanya reaksi kimiawi sementara. Sebenarnya alangkah baiknya, Anda membatasi asupan kafein dengan 400 miligram perhari, tetapi meminum kopi hingga lebih dari empat cangkir sehari tidak akan menjadi masalah, kecuali apabila tubuh Anda memiliki tingkat toleransi kafein yang sangat tinggi.

Seorang ahli jantung dari South Florida, Adam Splaver, M.D., menyarankan agar meminum banyak air putih untuk mendorong kafein keluar bersama air seni, dan melakukan olahraga untuk membakar kelebihan energi dan mempercepat metabolisme tubuh.

Perhatikan jika Anda mulai merasa mual, pusing dan seperti ingin pingsan, itu bisa menjadi tanda Anda overdosis kafein. Meskipun jarang terjadi, overdosis kafein bisa menyebabkan masalah serius, terutama jika Anda memiliki kondisi gangguan jantung atau tekanan darah tinggi.

“Overdosis dapat menyebabkan gangguan irama jantung, vasokonstriksi, serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi pada populasi tertentu,” kata Splaver.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews