Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Essai: Bangun Negeri Indonesia

Jumat, 16 Mei 2014

/ by BW

BANGUN NEGERI INDONESIA


Oleh:  Trie Adhie Sulistia


 Bangun Negeri Indonesia, tentu kita selalu mendengar dan bahkan paham dengan kata bangun itu sendiri “bangkitkan rasa juang untuk negeri“ namun apakah semua telah mendukung? Dari mulai sistem pemerintahan, sumber daya energi, alam, ekonomi, pendidikan, sosial, agama, dan bahkan masyarakatnya.

Mengulas kembali permasalahan – permasalahan yang ada di indonesia mungkin tak akan ada akarnya jika kita selalu menuntut kebijakan tanpa adanya kesadaran, dan selalu mengandalkan orang lain, tanpa kita tak pernah berjuang untuk hidup yang lebih baik di masa mendatang. Bangun bukan hanya bangkit dari segala kondisi yang ada, namun mampu memperbaiki dan memberikan solusi dari permasalahan yang ada menjadi lebih tepat untuk hasil yang bermanfaat.

Lihatlah debu bertebangan

Menempel erat di bahu jalan

Adalah sebuah senyuman

Untuk negara yang penuh harapan

Hanya tetesan yang di berikan

Atas kejamnya kehidupan

Janji untuk sebuah jabatan

Penuh dengan kepalsuan

Pasti semua akan hilang

Jika uang ada di tangan

Seperti orang lupa daratan

Akankah kita selalu selalu berada dalam sebuah harapan tanpa kita berusaha untuk sebuah kemajuan untuk negeri. Apakah kita akan menjadi “cahaya” kehidupan yang mampu membawa agar menjadi lebih baik. Atau bahkan menjadi ‘tulang” yang mampu menopang sebuh beban, ataupun kita hanya akan menjadi “rayap” yang akan menghancurkan dan bahkan menjatuhkan mengbuat kropos sedikit demi sedikit.

Bangunlah indonesia, bangunlah jiwa, bangunlah bangsa, bangunlah pemuda pemudi, bangunlah persatuan dan kesatuan, bangunlah rasa nasionalisme, bangunlah untuk negeri.

Bangun Negeri Indonesia dengan pondasi Agama, Agama dapat membangun kepribadian dan karakter seseorang karena agama cerminan dari akhlak yang dimiliki setiap orang. Agama dapat membawa pengaruh besar terhadap seseorang dalam kehidupan sehari-harinya, jika seseorang sudah taat dalam beragama tentu dia akan menjalankan segala perintah-perintah yang di anjurkan oleh Rasulullah dan Allah SWT, dan akan menjauhi segala larangan-Nya.

Sosok seorang pemimpin yang akan membawa perubahan dialah pemimpin yang amanah yang dapat di percaya dan mampu menjalankan tugasnya dengan sebaik-baik mungkin tanpa menyalah gunakan jabatannya dengan memperbanyak kekayaan. Maka dari itu bentuk lah para generasi muda khususnya dalam beragama agar dapat memunculkan sosok pemimpin yang mempunyai hati yang bersih.bangunlah negara yang agamis  yang penuh dengan sopan santun dalam masyarakatnya, yang jauh dari anarkisme, premanisme, kapitalisme tetapi dengan masyarakat bangun negeri dengan agama lebih mempunyai karakter kemanusiaan, keadilan, saling tolong-menolong dan penuh rasa saling menghargai walaupun indonesia penuh dengan perbedaan tetapi harus bisa bersatu.

Bangun indonesia dengan memperbaiki sistem pemerintahan, Sistem pemerintahan indonesia saat ini sudah baik namun belum semuanya berjalan dengan apa yang diinginkan, kita memerlukan sosok pemimpin yang seperti “Rambo”.

Religius, di mana sosok pemimpin yang utama adalah taat dalam beragama karena jika pemimpin taat dalam agama pasti di akan menjalankan tugas dan amanah dengan baik. Dan tentu akan bekerja dengan ikhlas.

Amanah, jika pemimpin amanah maka semua pekerjaan akan dapat berjalan dengan perencanaan dan takkan ada penyalahgunaan jabatan. Karena mengerti dan tau tentang mahal-nya sebuah kepercayaan yang telah di berikan.

Maju, dalam jiwa pemimpin yang telah amanah maka, ia akan dapat berfikir secara maju dalam setiap perencanaannya akan sudah jauh berfikir ke depan untuk masa yang lebih baik.

Bijaksana, bijaksana pasti selalu melekat pada sosok seorang pemimpin karena dalam menetapkan keputusan sangat di perlukan sebuah kebijaksanaan agar setiap keputusan yang di ambil mempunyai latar belakang dan keputusan yang jelas dan tegas.

Optimis, tentu sosok seorang pemimpin harus optimis agar dalam menjalankan segala rencana dan pekerjaan yang dilakukan itu akan membawa hasil yang baik dan berhasil.

Pemimpin merupakan sebuah amanah yang di berikan dan di percaya, maka jangan pernah menyia-nyiakan sebuah kepercayaan yang besar karena kepercayaan tidak akan datang dua kali meski pun ada pasti akan berbeda dari kepercayaan yang awal.

Bangun indonesia dengan melalui Pendidikan, Pendidikan merupakan hal terpenting untuk meningkatkan sumber daya manusia dan mencetak generasi-generasi yang unggul dalam bidang pengetahuan. Begitu pentingnya pendidikan maka pendidikan haruslah di jadikan sebagai tolak ukur seseorang dalam membawa perubahan yang lebih maju, jadi melalui pendidikan inilah cara yang tepat dalam membangun generasi muda yang lebih maju dan mampu bersaing membawa perubahan untuk negeri.

Bangun indonesia dengan persatuan dan kesatuan, mulai runtuh dan goyah jiwa dan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat indonesia. Hal ini yang dapat menyebabkan pertengkaran bahkan peperangan antar suku, budaya, daerah, dll. Karena kurangnya kesadaran dan pemahaman tentang betapa pentingnya persatuan dan kesatuan namun yang di besarkan hanyalah rasa keegoisan ini yang menyebabkan rusaknya persaudaraan.  Maka dari itu marilah kita bentuk dan bangun rasa persatuan dan kesatuan dalam masyarakat untuk negeri indonesia.

Bangun negeri indonesia melalui moral, moral merupakan suatu perbuatan yang di lakukan oleh manusia dalam kebaikan atau keburukan. Sekarang ini moral masyarakat indonesia sudah sangat jauh dari nilai moral karena banyak kasus-kasus yang saat ini terjadi dalam masyarakat dan hal itu tidak jauh dari akibat lingkungan dan pergaulan. Maka dari itu kita harus mencegah dan mendidik generasi muda agar mempunyai moral yang baik dan tidak melanggar nilai-nilai moral sosial yang sangat berpengaruh pada perkembangan kepribadian seseorang.

Merah putih budaya

Merah putih bangsa

Merah putih jiwa raga

Merah putih tanah air ku

Semangat para pejuang

Semangat untuk harapan

Untuk sebuah kehidupan

Di masa yang akan datang

Pemimpin yang budiman

Adil,bijak, dan dermawan

Menjunjung tinggi kemanusiaan

Untuk bangun negeri indonesia perubahan

Marilah kita buat perubahan adakan suatu pembangunan untuk Negeri Indonesia Raya. Bangun negeri dengan agama, pemerintahan yang baik, pendidikan, persatuan dan kestuan, dan moral. Agar generasi muda dapat menjadi pemimpin yang unggul dan membangun indonesia ke arah yang lebih baik dan maju.

Buatlah sejarah dan gapailah cita-cita dengan sebuah pulpen. Dan kita harus bisa menjadi lautan yang luas jangan hanya menjadi anak sungai. Serta janganlah kita bersikap seperti batu,kayu, atau besi tapi jadilah manusia yang berguna bagi nusa,bangsa,dan negara.

What can be taken by man who is missing knowladge. I take it with have good manners.

Youth is the time to from manners.

Perjalanan dan perjuangan haruslah melalui sebuah tulisan.
Penulis adalah peserta lomba essai Festival Sutan Setara IV, Mahasiswa Manajemen Universitas Swadaya Gunung Jati.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews