Terbaru

latest

Unswagati Jadi PTN Tahun Ini, Biaya Kuliah Kembali Turun

Rabu, 08 Mei 2013

/ by BW
SetaraNews.com . Cirebon, Rabu (9/5) – Biaya kuliah di Unswagati kembali diturunkan, dipastikan peralihan status Unswagati menjadi PTN akan dilakukan tahun ini.

Hal ini diutarakan oleh Rektor Unswagati di ruang kerjanya pada Rabu (8/5). “insya Allah tahun ini kita sudah Negeri. Pemprop Jabar sudah mengalokasikan sebanyak 15 Milyar untuk peralihan status Unswagati. Tinggal menunggu keseriusan Pemkot Cirebon saja, ini pun demi kemajuan masyarakat Cirebon.” ujarnya.

Kemarin (­*red.hari selasa), Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan bahwa pembebasan lahan Unswagati yang tinggal 10 hektar lagi agar dipercepat oleh Pemkot Cirebon karena sudah molor tiga tahun. (lihat beritanya disini dan disini)

“Selama ini, memang kendala penegerian Unswagati terkendala di persoalan lahan. Pihak kampus tidak memiliki wewenang apapun untuk melakukan itu (pembebasan tanah). Ini semua Pemerintah yang mengerjakan.namun sebenarnya tidak hanya wewenang Pemkot saja, namun hal ini juga berada pada kewenangan Kemendiknas.”  Tambah Rektor kepada SetaraNews.com

Biaya Kuliah Turun Lagi

Selain kabar tentang penegerian, kabar menggembirakan lainnya yaitu turunnya biaya kuliah. Hal ini ditandaskan oleh Rektor di hari yang sama.

“Hanya Unswagati yang berani menurunkan biaya kuliah. Ini sejalan dengan prinsip kami yang mengedepankan pelayanan terhadap mahasiswa.” Ujarnya. Rektor pun menyatakan bahwa apabila nanti Unswagati sudah resmi menjadi Negeri, semua uang Unswagati yang berasal dari mahasiswa akan menjadi milik Negara, kas Negara.

Perlu diketahui, dalam satu tahun (periode 2012 - 2013) anggaran biaya operasional dan kebutuhan total Unswagati mencapai 70 Milyar. Mulai dari gaji dosen dan karyawan, biaya operasional, perawatan dan pembelian sarana prasarana hingga ke anggaran kegiatan mahasiswa. Apabila terealisasi, rencana penurunan biaya kuliah ini adalah kedua kalinya setelah sebelumnya pada tahun 2012 biaya kuliah diturunkan sebanyak 10 persen.

“Ini bentuk implementasi kita terhadap Tri Darma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian masyarakat. Bentuk kontribusi Unswagati ini dalam hal cost revenue yang kita kembalikan ke masyarakat dalam bentuk penurunan biaya kuliah. Sehingga orang tua mahasiswa bisa sedikit diringankan dalam hal keuangan anak-anaknya” ujar Rektor.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews