Terbaru

latest

Himapemi Unswagati Gelar Pelatihan Kader Kepemimpinan

Senin, 22 April 2013

/ by BW
Kuningan - SetaraNews.com, Minggu (21/4) Himapemi (Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi) Unswagati melaksanakan "Pelatihan Kader Kepemimpinan (PKK)" pada hari sabtu hingga minggu (20-21/4) di Bumi Perkemahan yang berada di desa Kaduela, kecamatan Pesawahan, kabupaten Kuningan.

Acara yang diikuti oleh 63 peserta dan 30 panitia ini berjalan dengan cukup baik. Wakil Dekan III FKIP Unswagati, Drs. Jimmy Hasoloan MM., menuturkan bahwa, "Dengan diadakannya kegiatan ini peserta diharapkan ada bukti laporan lisan maupun tulisan dalam diri masing-masing." sesaat sebelum pemberangkatan menuju perkemahan.

Selain itu diharapkan mahasiswa bisa membentuk karakter sesuai dengan tema kegiatan yakni, 'Membentuk SDM (Sumber Daya Manusia yang Berdedikasi dan Berkarakter'. Kepala Program Studi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Enceng Yana, S.Pd., M.Pd., menuturkan bahwa, "Kami akan memantau acara ini, apakah luar biasa atau biasa saja." saat pembukaan acara PKK.

Menurut pemateri, Suwarn­o Adikarya saat mengisi materi di kegiatan PKK menjelaskan tentang pentingnya figur kepemimpinan yang meliputi hal yang berkaitan dengan kejujuran, tawakal, kredibilitas, kapasitas dan wibawa. Pemimpin­ itu juga siap menjdi pelayan, pengayom serta pendukung masyarakat, lanjutnya pria yang masih menjabat sebagai Kepala Desa Kaduela tersebut.

Menidaklanjuti banyaknya problematika di Indonesia, Ateng Kurnia selaku pemateri ke dua menuturkan bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan SDA (Sumber Daya Alam) namun dijuluki sebagai negara 1001 bencana, "Kalau para pemimpin di negeri kita ini bertaqwa, niscaya Allah akan turunkn hikmah" tuturnya. Beliau­ juga berpesan agar jangan sampai memiliki sifat represif dan mudah terprovokasi. "Kita (muslim) itu banyak dan berpotensi" tegasnya.

Sesaat sebelum acara penutupan, Saiful Rahman selaku Ketua Pelaksana acara PKK menuturkan bahwa, "Mahasiswa mempnyai ciri khas tersendiri dalam organisasi, sebagai generasi baru (kader) diharapkan mampu; kreatif, inovatif, dan aktif, bukan eksistensinya­." Ketua Umum Himapemi, Dimas S. Wibowo mengatakan, " Semoga dengan adanya kegiatan PKK, Himapemi dapat dibanggakan oleh fakultas." dilanjut dengan menutup kegiatan PKK.

Dari pantauan SetaraNews.com peserta  merasa puas dengan kegiatan tersebut karena menurutnya bisa membimbing untuk lebih baik lagi dalam berorganisasi dan banyak materi tentang kepemimpinan yang bisa diperoleh."Walaupu­n melelahkan, tetapi seru." tutur Nindy. Mereka juga merasa senang karena bisa lebih akrab dengan teman-teman dan lebih mengerti tentang organisasi beserta kepemimpinan menurut Iffah saat diwawancarai oleh SetaraNews.com (21/4).

 

Reporter : Ade
Editor       : Santosa

Foto          : Dok. Himapemi - Sugeng P.

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews