Cerpen : Kehadiranmu

Sumber: www.google.com Cerpen, Setaranews.com - Namaku Humaira. Hari ini merupakan hari pertamaku bersekolah di SMK FARMASI MUHAMMAD...

Sumber: www.google.com

Cerpen, Setaranews.com
- Namaku Humaira. Hari ini merupakan hari pertamaku bersekolah di SMK FARMASI MUHAMMADIYAH 2 CIREBON. Kenapa aku memilih farmasi, karena menurutku setelah lulus nanti farmasi lah pekerjaan yang paling menjanjikan dan merupakan salah satu keinginan kedua orang tuaku.
Waktu sudah menunjukan pukul 09.30 wib, bel istirahat pun berbunyi nyaring
“Ra, mau ke kantin nggak?” tanya Sila
“Boleh, yuk”, ajak ku
“Emang kamu mau makan apa?” tanya Sila
“Batagor siomay, kalo kamu sil?” tanya ku
“Aku juga mau deh” kata Sila
Saat menuju meja kantin untuk menyantap batagor siomay tiba-tiba… Brughh…
“Aww…” pekik ku yang jatuh tersungkur
“Ehh sorry sorry gue nggak liat” kata laki-laki dengan penampilan baju seragam dikeluarkan, rambut berantakan dan ditambah dengan kalung panjang yang menghiasi lehernya
“Ra makanan kamu tumpah tuh” kata Sila sambil memapahku duduk.
“Sekali lagi sorry ya, gue bener-bener nggak liat. Nih gue ganti” kata laki-laki itu sambil menyodorkan uang Rp 20.000
“Nggak perlu, aku udah nggak laper kok” kata ku
“Nggak papa ambil aja, gue jadi nggak enak” katanya
“Nggak makasih. Ayo sil” kata ku sambil menarik lengan Sila untuk pergi dari kantin.
“Ra” panggil Sila saat kami sedang membaca buku di perpustakaan
“Iya Sil?” jawab ku
“Aku boleh tanya sesuatu?” tanya Sila
“Boleh, tanya aja Sil” kata ku
“Waktu kejadian di kantin, kamu jutek banget sama kak Ridho, kamu marah ya Ra?” tanya Sila
“Ohh yang tadi nabrak aku namanya kak Ridho?” tanya ku
“Iya dia kelas XI. Banyak yang bilang orangnya baik, humble, tapi sedikit jail gitu” jelas Sila
“Baik kok jail sih Sil?” kata ku
“Hehehe nggak tau juga itu kan kata orang-orang” jawab Sila
“Ke kelas yuk, sebentar lagi masuk” ajak ku
“Yuk..ehh tapi kamu belum jawab pertanyaan ku Ra” protes Sila
“Soal kak Ridho?” tanya ku
“Iya, kamu marah?”
“Marah sih nggak, Cuma menurutku dia orangnya kurang baik, kaya brandal gitu lah Sil” jawab ku
“Tapi tadi dia mau gantiin siomay kamu kan Ra, berarti dia orang baik dong?” tanya Sila
“Iya sih Sil, tapi aku nggak mau deket-deket ah takut kena masalah hehehe”kata ku
“Emang kak Ridho mau deket-deket sama kamu? Kamu mah GR Ra” kata Sila mengejek
“Ihh.. apaan sih Sil” kataku sambil mencubit lengannya
“Aww sakit atuh Ra” kata Sila meringis
Kami menyususri koridor sekolah yang cukup sepi, karena jarang sekali ada anak yang mau membaca buku saat jam istirahat.
“Ssttt sstt”
“Ra kamu denger suara desisan nggak?”tanya Sila
“Iya Sil denger” kataku sambil merapikan buku yang aku pinjam dari perpustakaan
“Jangan-jangan hantu….” Kata Sila seraya lari terbirit-birit meninggalkan ku
“Ehh Sil tungguin aku” teriak ku
“Mana ada sih hantu siang bolong begini” lanjutku. Tiba-tiba ada yang menarik pergelangan tangan ku sontak aku menutup mata dan berteriak
“Aaaa…” kata ku
“Hustt jangan teriak-teriak”kata nya
Aku pun membuka mata
“Kak Ridho?” kata ku
“Kamu udah kenal aku? Padahal baru aja mau kenalan” kata kak Ridho
“Ridho Abigail Firmansyah” lanjutnya sambil mengulurkan tangan
“Humaira Azzahra Maulidya” kata ku menyambut uluran tangannya
“Nama yang bagus” puji kak Ridho
“Makasih kak” kata ku
“Panggil Ridho aja, oh iya ini uang buat ganti siomay kamu” kata kak Ridho seraya menyodorkan uang Rp 20.000
“Nggak usah kak. Makasih” tolak ku
“Ihh..nggak papa ambil aja” sambil memberikan ditelapak tangan kanan ku
“Tapi kak..”
Kringg bel masuk pun berbunyi nyaring
“Tuh udah masuk, aku antar sampai ke kelas ya, nggak baik perempuan jalan di koridor yang sepi sendirian” katanya sambil berjalan disampingku
“Ngmong-ngomong kamu suka baca buku?” tanya kak Ridho
“Iya suka”
“Terus suka apa lagi?” tanya kak Ridho
“Masak, menulis” jawab ku seadanya
“Kalo sama aku suka nggak?” tanya kak Ridho. Reflek aku berhenti berjalan
“Kenapa berhenti? Aku Cuma bercanda kali” katanya sambil tertawa “ayo jalan lagi” ajaknya
  Kami menyusuri koridor yang cukup sepi dengan saling bungkam. Hingga..
“Aku boleh tanya sesuatu?” tanya kak Ridho
“Iya boleh” jawab ku
“Nama panggilan kamu siapa?”
“Ira atau ra” jawab ku
“Kalo aku panggil Zahra boleh?” aku pun mengangguk meng-iyakan
“Yaudah, udah sampe tuh kelas kamu” kata kak Ridho
“Eh iya, makasih kak” kata ku sambil berjalan masuk ke kelas
“Zahra..” panggil kak Ridho. Aku yang berada diambang pintu terpaksa memutar tubuhku
“Iya kak” jawabku
“Sekarang kita berteman kan?” tanya kak Ridho seraya mengulurkan tanganya
“Maaf kak aku nggak mudah berteman dengan orang baru” kata ku seraya masuk ke dalam kelas meninggalkan kak Ridho
“Baiklah.. aku akan membuat kamu dan aku menjadi kita” kata kak Ridho lalu pergi menuju kantin
~ Di kantin..
“Do, kemana aja sih lu baru keliatan” tanya Deni
“Iya nih sejak kapan sih lo sibuk” tambah Riko
“Biasa urusan hati” jawab ku
“Dapet cewek lu? Siapa?” tanya Riko
“Kenalin do” tambah Deni
“Apaan sih lo berdua, rusuh” kata ku lalu mengambil gitar dan mulai memetik nya. Ku senandungkan sebait lagu yang mewakili perasaan ku.
“Jantung ku berdetak saat engkau ada didekatku… mengkin kah diriku telah jatuh cinta pada dirimu..”
“Aseekkk serrr hobah” kata Riko dan Deni kompak sambil berjoged ria
“Rusak suasan deh kalian” kata ku sambil membakar ujung rokok lalu menghisapnya dalam-dalam
“Lagi kasmaran sama siapa sih lu?” tanya Deni
“Azzahra” jawab ku
“Whatt? Azzahra!” tanya Riko
“Nggak usah lebay deh lo” kata ku
“Serius lu sama Azzahra?” tanya Deni
“Iya, emang nggak boleh?” tanya ku
“Boleh sih, kan cinta nggak bisa dipaksakan” kata Riko yang disambut tepuk tangan oleh Deni
“Nah tu tau” jawab ku seraya menghisap rokok
“Bukannya lo pernah bilang Azzahra bukan tipe lo?” tanya Deni
“Hah? Kapan gue bilang?” kata ku
“Azzahra anak XI B kan?” tanya Deni
“Oalahh bukan sayang” kata ku sambil meneloyor kepala Deni dan Riko
“Jijik” kata Riko sambil meneloyor balik kepalaku
“Lah terus Azzahra yang mana?” tanya Deni sambil membuang puntung rokoknya
“Gue lupa ngasih tau kalian, nama lengkapnya Humaira Azzahra Maulidya anak kelas X A” jelasku
“Oalahh ade kelas to” kata Riko
“Si Ridho sukanya yang dede-dede” kata Deni yang dibalas gelak tawa oleh Riko
“Ehh sialan lo” kataku lalu bangkit dari duduk
“Mau kemana lo?” teriak Deni
“Masjid ngadem, gerah gue deket kalian berdua” kataku lalu melenggang pergi.
Sesampainya di masjid, gue liat banyak banget murid yang sedang mengantri untuk wudhu.
“Sekarang belum masuk waktu dhuhur kok udah pada ngantri wudhu sih”tanyaku pada diri sendiri
“Kak Ridho” sapa seseorang
“Eh iya, siapa ya?” tanya ku
“Aku Sila anak kelas X A, temenya Ira” jelasnya
“Oh iya temenya Ira ya” kataku
“Kak Ridho mau sholat dhuha?” tanya Sila
“Eh iya” kataku kikuk sambil menggaruk belakang kepala ku yang tak gatal. Padahal tujuan ku ke masjid kan mau ngadem, batinku
“Bay the way, kelas X kok pada ngumpul di masjid?”
“Soalnya ada praktek sholat subuh kak, didalam juga ada Ira” jelas Sila.
“Ohh gitu, yaudah gue mau ambil wudhu dulu” kata ku lalu pergi menuju tempat wudhu.
“Sil kamu kemana aja sih, tuh namamu udah dipanggil pak Burhan” kata Ira.
“Eh iya maaf Ra, tadi aku ketemu kak Ridho jadi ngobrol sebentar deh” jelas Sila.
“Ngapain kak Ridho kesini?” tanya ku.
“Ya mau sholat lah Ra” jelas Sila.
“Sholat dhuha maksudmu?” tanya ku.
“Iya lah, yaudah aku ke pak Burhan dulu” kata Sila lalu pergi masuk kedalam masjid.
Dia rajin sholat dhuha? beda banget sama penampilannya. Ehh astagfirullah Ira, batinku.
Bel pulang sekolah pun berbunyi nyaring. Seluruh siswa berhamburan keluar kelas bak burung yang bebas dari sangkarnya.
“Ra kamu pulang naik apa?” tanya Sila
“Mungkin angkot” jawab ku
“Yakin ini udah sore loh. Aku pesenin ojek online aja ya” tawar Sila
“Nggak usah Sil, makasih” kata ku
“Yaudah aku duluan ya Ra, udah dijemput” pamit Sila
“Iya Sil hati-hati”
Aku pun membereskan semua buku dan alat tulis lalu memasukannya ke dalam ranselku.
Baru 15 menit berlalu, keadaan sekolah sudah sangat sepi. Aku pun mempercepat langkah ku menuruni anak tangga. Sial tali sepatuku lepas, aku pun bejongkok untuk membereskannya. Saat ingin berdiri..
“Dorr!!”
“Astagfirullah kak Ridho” kataku kaget
“Hehehe kaget ya” tanya kak Ridho sambil tertawa. Aku menatapnya sinis, lalu mempercepat langkahku.
“Ehh Za tungguin aku” kata kak Ridho sambil menarik pergelangan tangan ku. Aku langsung menepisnya
“Kok kamu belum pulang sih?” tanya kak Ridho yang berjalan disampingku
“Ini mau pulang” jawab ku ketus
“Di jemput?” tanya kak Ridho lagi
“Nggak naik angkot” jawab ku
“Mana ada sih Ra angkot jam segini. Kalo mau naik angkot tu pas bel pulang langsung pulang jangan malah betah di sekolah” oceh kak Ridho
“Pulang bareng aku mau?” tawar kak Ridho
“Nggak makasih” kata ku lalu pergi menuju halte untuk menunggu angkot.
20 menit lamanya aku menunggu di halte tak ada satu pun angkot yang terlihat. Suara gemuruh pertanda hujan akan turun pun bersahutan.
Motor Vario putih berhenti dihadapanku. Seseorang menggunakan helm full face pun turun.
“Belum pulang?” tanya kak Ridho sambil membuka helmnya
“Lihatnya sih?”jawab ku
“Udah ada angkot yang lewat” tanya kak Ridho lagi. Aku pun menggeleng sebagai jawaban
“Aku temenin ya” kata kak Ridho lalu duduk disamping ku. Suara gemuruh terdengar lagi kali ini disertai gerimis yang lama kelamaan menjadi hujan deras.
“Kenapa kakak nggak pulang aja”teriak ku disela-sela hujan
“Kan lagi hujan, kalo aku sakit gimana” jawab kak Ridho
“Terserah kan bukan urusa aku” kata ku dengan suara sekecil mungkin
“Hujan angin nih, kamu kedinginan enggak?” tanya kak Ridho
“Nggak” jawabku sambil memainkan ponsel
Kak Ridho melepaskan jaketnya dan memakaikannya ditubuh ku.
“Udah dipake aja, sini hanphone nya” pinta kak Ridho
“Bua tapa?” tanya ku
“Sini, nggak baik main hanphone saat hujan” kata kak Ridho seraya mengambil hanphone dari tangan ku. Aku hanya diam.
“Asal kamu dari mana?” tanya kak Ridho
“Dari Rahim ibu” jawab ku asal
“Hehehe garing tau nggak, maksudku daerah asal kamu sebelum pindah ke Cirebon dimana?” tanya kak Ridho
“Magelang, jawa tengah” jawab ku
“Jauh juga ya, terus pindah kesini kenapa?” tanya kak Ridho
“Papa pindah tugas” jawabku
“Ohh berarti kalo papa mu pindah tugas lagi, kamu bakalan pindah sekolah?”
“Iya mungkin”
“Nih ya kalo aku jadi kamu, aku bakalan tetap di Cirebon” kata kak Ridho
“Alasannya?”
“Pertama, aku udah dewasa, kedua, males lah kalo masuk sekolah baru lagi harus perkenalan, belum lagi harus nyari temen dan yang ketiga di Sekolah kan aku udah nemuin siapa belahan hatiku” kata kak Ridho sambil menatapku dalam
“Kak hanphone ku” jawabku memutus kontak matanya
“Nanti hujannya belum reda” kata kak Ridho seraya berdiri dari duduknya
“Kak Ridho mau kemana?” reflek aku menanyakan itu
“Kenapa? Takut ditinggal ya?” goda kak Ridho seraya menaik-turunkan alisnya
“Aku mau nyari warung, mau ngerokok” lanjutnya
“Udah disini aja” kataku yang memang takut ditinggal sendirian
“Nggak enak lah sama kamu, nanti keganggu lagi”
“Kakak ngerokok diujung sana, biar asapnya nggak ke aku” kataku sambil menunjuk bangku yang paling ujung
“Oke baiklah” kata kak Ridho seraya menuju bangku yang paling ujung
Kak Ridho mulai mengeluarkan sebatang rokok dari saku celananya, membakar ujungnya dan menghisapnya dalam-dalam. Kenikmatan itu yang ku lihat. Walau dia anak farmasi dan tau zat berbahaya yang dikandung rokok, tetap aja ngerokok, aneh. Batinku
“Ekhem.. ngeliatinnya sampe begitu banget, awas suka loh” kata kak Ridho membuyarkan lamunanku
“Hujannya udah reda, aku mau pulang” kata ku bangkit dari duduk dan melepas jaket milik kak Ridho
“Ehh nggak usah dilepas dipake aja, sebentar aku panasin motor dulu” kata kak Ridho
“Nih pake helmnya” lanjutnya
“Aku naik ojek online aja kak” tolak ku
“Tadi ditinggal di halte takut, sok-sokan mau naik ojol lagi” cibir kak Ridho
“Kak mana hanphone aku” tagihku
“Pake dulu helmnya baru aku kasih”
“Udah, sini hanphonenya” kataku yang sudah memakai helm
“Nih, ayo naik” kata kak Ridho
Motor pun melaju dengan kecepatan sedang, membelah jalanan yang cukup sepi akibat hujan.
Setelah kurang lebih 20 menit menempuh perjalanan, akhirnya kami sampai dihalaman rumahku.
“Aku pulang ya Za, abis ini langsung tidur. Oiya masalah jaket di kamu aja dulu, takut nanti malem kamu kangen aku kan bisa peluk jaketku” oceh kak Ridho. Aku hanya menanggapi dengan anggukan.
Waktu sudah menunjukan pukul 11.30 malam. Namun mataku menolak untuk terpejam. Kejadian di Sekolah bahkan di Halte terus berputar dikepalaku. Hingga tanpa sadar senyum pun terbit diwajahku.
Sinar matahari pagi menyelinap dari sela-sela gorden kamarku. Mengusik tidur ku yang nyenyak.
Suara dering ponselku pun berbunyi nyaring
“Sila? Kenapa pagi-pagi gini nelfon? Ini kan weekend” tanya ku pada diri sendiri. Aku pun mengulirkan tombol hijau. Menjawab panggilan Sila.
“Halo Sil?”
“Halo Ra? Ra kak Ridho” kata Sila sambil terisak
“Sil kamu kenapa? Kak Ridho? Dia emang kenapa?” tanya ku bingung
“Kak Ridho masuk Rumah Sakit, dia kecelakaan tadi malam Ra” jelas Sila
“Hah? Kamu serius Sil? Tadi malam dia nganterin aku pulang Sil” kata ku yang tak kalah panik
“Ra, kita ke Rumah Sakit yuk, nanti aku kirim alamatnya ya” kata Sila
Kami pun tiba di Rumah Sakit Bhineka Tunggal. Kamar no. 273 dimana kak Ridho dirawat. Berbagai macam selang pun menempel ditubuhnya.Kak Deni dan kak Riko pun berada disana.
“Kak gimana kejadiannya sampai kak Ridho bisa dirawat disini?” tanya ku
“Tadi malam waktu aku lewat jalan Fatahillah buat nyari makan, tiba-tiba dari arah Sumber ada suara ribut-ribut aku kira kan anak pada nongkrong berhubung ini malam minggu. Tapi lama kelamaan warga pada teriak ambulance- ambulance, aku penasaran waktu aku liat ternyata itu Ridho. Aku tanya sama warga, ternyata Ridho ketabrak truk ugal-ugalan terus truknya kabur” jelas kak Deni
Aku yang mendengar penuturan kak Deni tak dapat mengendalikan diri. Tangis ku pecah seketika. Seolah semesta menyalahkan ku, akulah sebab dari kecelakaan ini.
“Kak ini semua salah aku, coba aja kalau kak Ridho nggak nganterin aku pulang” kata ku sambil terisak
“Disini nggak ada yang salah Ra. Ini semua kecelakaan” tegas kak Deni
Setelah satu minggu berlalu, kak Ridho masih harus dirawat di Rumah Sakit. Tanganya masih harus digips karena patah tulang.
“Za kita ke taman yuk, bosen aku di kamar terus” rengek kak Ridho
“Yuk, tapi kak Ridho pake kursi roda ya” kataku
“Aku bukan anak kecil Za” tolaknya
“Tapi kata dokter tubuh kakak masih lemah, yaudah kalo nggak mau juga nggak papa” kata ku ketus
“Iya iya mau” kata kak Ridho
Suasana taman Rumah Sakit lumayan ramai. Banyak lampu warna-warni, udara yang sejuk, serta suara gemericik air mancur yang mampu membuat para pasien merasa lebih rileks. Aku mendorong kursi roda kak Ridho mengelilingi taman, sesekali kami menyapa para lansia yang sedang duduk santai ditemani suster jaga.
“Za kita duduk diayunan sana yuk” kata kak Ridho. Aku pun membawa kursi roda kak Ridho menuju ayunan mini yang dikelilingi bunga tulip yang indah.
“Makasih ya Za, udah mau temenin aku keliling taman, udah mau ngejaga aku di Rumah Sakit”kata kak Ridho tulus
“Iya kak sama-sama” balasku
Tiba-tiba..
“Ehh..Za kayaknya aku mau kena serangan jantung deh” kata kak Ridho seraya memegangi dadanya
“Kak Ridho serius? Yaudah kita balik ke kamar aja kak” kata ku panik sambil mendorong kursi roda kak Ridho meninggalkan taman.
“Hahaha.. muka kamu lucu tau Za kalau lagi panik”kata kak Ridho dengan tawa yang tak kunjung berhenti
“Aku mau kena serangan jantung tuh gara-gara liat senyum manis kamu Za” gombal kak Ridho
Aku yang semula ingin marah, ketika mendengar gombalan kak Ridho, entah kenapa hatiku berdesir.. seperti ada aliran listrik yang menyengat jantungku.
“Hey kenapa senyum-senyum sendiri?” tanya kak Ridho membuyarkan lamunanku
“Apa sih nggak lucu” sewot ku
“Duhh gitu aja ngambek.. sini-sini peluk” kata kak Ridho seraya memeragakan gerakan ingin memeluk dengan satu tangan.
“Udah ah jangan ngambek jelek tau. Nih bunga mawar, kesukaan kamu kan?”kata kak Ridho seraya memberikan bunga mawar padaku
“Kakak tau dari mana aku suka mawar” tanya ku antusias seraya mengambil bunga mawar dari tangan kak Ridho
“Rahasia dong” kata kak Ridho
“Za aku mau ngomong sesuatu sama kamu” kata kak Ridho dengan nada serius
“Ngomong aja kak” kata ku seraya menghirup aroma wangi dari bunga mawar
“Za, nggak tau kenapa semenjak aku kenal kamu, aku ngerasain suasana baru yang sebelumnya belum pernah aku rasain, aku nyaman dideket kamu Za” kata kak Ridho seraya mengenggam erat jemariku
“Aku cinta Za sama kamu” lanjut kak Ridho. Mendengar penuturan kak Ridho aku merasa banyak kupu-kupu yang mengelitik perutku serta berjuta kelopak bunga yang jatuh dikepalaku. Bahagia rasanya orang yang aku cintai juga mencintai ku. Belum sempat aku menjawab pernyataan cinta dari kak Ridho, tiba-tiba hanphone ku berdering nyaring
“Sebentar kak, papa nelfon” kataku lalu pergi menjauh
Air mataku jatuh, mengalir dengan begitu derasnya. Aku terpaksa meninggalkan kak Ridho di taman Rumah Sakit sendirian setelah papa memberitahuku lewat nelfon bahwa esok hari kami akan pindah ke Wonosobo karena papa pindah tugas lagi.
Aku tidak tega bila harus berpamitan dengan kak Ridho apalagi setelah perasaan ini tumbuh. Aku yakin kak Ridho pun tau perasaan ku walau aku tak mengungkapkannya.
~ Dikantin
“Do, ini udah mau satu tahun masa lo nggak mau move-on dari Zahra lo sih” kata Deni yang memergoki ku masih menyimpan bunga mawar pemberian ku yang ditinggal Zahra di taman Rumah Sakit
“Gue udah mau move-on Den, tapi Zahranya yang nggak mau pergi dari otak gue” kata ku
“Itu mah lu nya aja yang alay” cibir Riko
“Udah yuk, sekarang lo bangun terus ikut kita” ajak Deni dan Riko seraya merangkul pundaku
“Ehh mau kemana?” tanyaku
“Ada murid pindahan lagi, kali aja dia itu cewe yang dikirim tuhan buat gantiin posisi Zahra” kata Riko
“Betul tuh do” tambah Deni. Aku hanya membalas dengan gelengan kepala melihat tingkah kocak kedua temanku. Asal kamu tau Ra, rasa ini tidak mungkin pudar walau kau tak lagi di sisiku, batinku. Aku pun balik merangkul pundak Deni dan Riko.

Penulis: Frozen (Nama Pena), SMK Farmasi Muhammadiyah 2 Kedawung Cirebon 

COMMENTS

Nama

#berbagitips,1,#Berita,1,#cirebon,1,#covid19,1,#dirumahaja,2,#HUT_TNI,1,#mahasiswa,1,#photography #fotografi #cirebon #allaboutcirebon #iconcirebon,1,#puisi #sastra,2,#seriuanaksi,1,#tipsandtrik,1,1000 mangrove,1,15 agustus,1,2017,3,2018,3,24 September,1,24 September 20118,1,5 negara pendidikan terbaik di dunia,1,5 Pintu,1,6 bahan alami,1,Abdul Rozak,1,adat dan budaya,1,Addendun,1,ADP 2019,1,AEF,1,agribisnis,2,agriculture festival,1,Ahok,2,air,1,Akbar tandjung,1,akreditasi,2,akreditasi a,1,aksi,11,Aksi bela islam,1,Aksi Demonstrasi,3,aksi mahasiswa,6,Aksi Refleksi,1,Aksi solidaraitas buku,1,aksi solidaritas,2,Aksi Solidaritas Peduli Banjir Cirebon Timur,1,aksi22mei,1,akuntasi,1,Alergi,1,aliansi mahasiswa Ciayumajakuning,3,aliansi mahasiswa cirebon,2,Aliansi Mahasiswa Peduli Unswagati Bersih,2,Aliansi Mahasiswa UGJ,1,Aliansi Mahasiswa Unswagati,1,Aliansi Pemuda Kecamatan Panguragan,1,all about cirebon,1,AMC,1,AMPU,1,AMPUH UNSWAGATI,2,AMPUN,1,anak,1,angkatan xx,1,Annual drama performance,1,Annual English Festival,1,anti korupsi,2,anti-erdogan,1,anti-kritik,1,arca,1,ARMY,1,Artikel,5,ascleoius 2018,1,Audiensi,5,audiensi terbuka,1,ayah,2,Badan Eksekutif Mahasiswa,1,bahaya oportunisme,1,baksos,1,Bakti Sosial,1,Balap Sepeda,1,ban pt,1,Bancakan,1,bangsal witana,1,bangunan,1,bangunlah jiwa pemberontak,1,Banjir,1,Banjir Cirebon Timur,1,bapak pers nasional,1,Basket,1,bawang dayak,1,bbm,1,Beasiswa,2,beauty career talk,1,beauty vlogger,1,bekas jerawat,1,belajar online,1,bem,3,BEM Faperta,2,bem fe,7,BEM FH UGJ,1,BEM FH unswagati,1,BEM FH Unswagati Adakan Pertandingan Futsal Sewilayah III Cirebon,1,BEM FISIP,3,bem fk unswagati,2,bem fkip,3,BEM FP,1,Bem Ft,3,BEM Teknik,1,BEM U,15,BEM UGJ,1,BEM Universitas,2,bem unswagati,6,BEMFT,1,BEMFTunswagati,1,bemu,2,Bencana Alaam,1,Bencana Banjir,1,Bencana Banjir Cirebon Timur,1,Berbagi Tips,23,berita,18,berita acara,1,berita cirebon,6,berita foto,1,berita internasional,1,Berita Kampus,21,berita nasional,2,BIJB,1,biography,1,bisu,1,BNN,2,BNN Kota Cirebon,1,bold make up,1,BPKel-Oi,1,BTS,1,budaya,19,budaya korea,1,budaya makan korea,1,Budidaya Jamur Tiram,1,Bukber,3,buku,2,bulan bahasa,1,bulu tangkis,1,bulutangkis,1,Bupati Cirebon,3,bursa efek indonesia,1,buya yahya,1,cacar monyet,1,campdik,1,campus on stage,1,cara memutihkan gigi,1,central batik cirebon,1,Cerpen,6,cfj 2k19,1,China,1,Ciayumajakuning,2,cindercella,1,cinta,2,cinta sejati,1,Cipasung,1,cirebon,95,Cirebon Bersatu,1,cirebon historia fun run 2019,1,cirebon raya,1,Cirebon timur,1,civilfestival,1,Comfest2017,1,Comfestjeh 2K17,1,comfestjeh 2k19,2,comfestjeh2k18,1,corona virus,3,Cover Dance Competition,1,covid 19,2,covid19,1,Curug Cipeteuy,1,D'Box CC,1,dak,14,DAK 96 M,20,DAK 96M,1,dana,1,dana DPP,1,dana kampanye,1,darurat demokrasi,2,daruratdemokrasi,4,daun katuk,1,daun pepaya,1,debat kandidat,1,Debat Perdana,1,debus,1,deddy mizwar,1,Dedi Mizwar,1,dekan baru,1,dekan FKIP,1,Demo Sopir Angkot,2,Demokerasi,1,demonstrasi,3,dengar pendapat,1,desa kalimeang,1,desain,1,desain grafis,1,dewan pers,1,dewasa,1,Diah Agustina,1,dies natalis,4,Dies natalis Himakom,1,diesnatalis,6,Diesnatalis ke-59,1,Diesnatalis Mapala Gunati,3,DiesnatalisUnswagati57,3,diksar,1,dikti,1,dilarang gondrong,1,Dilarang Gongrong,1,DISBODPURPAR,3,Diskusi,5,Diskusi Lingkungan,1,Diskusi Publik,3,Diskusi Rasa,1,Dispensasi,1,DKI Jakarta,1,DKISKotaCirebon,1,dlh,1,dokter ortopedi,1,Donor darah,3,dosen unswagati,1,down,1,down syndrome,1,dpm,5,DPM FE,4,DPM FH unswagati,1,dpm unswagati,1,DPM-U,11,dpmu,2,dpmunswagati,1,dpp,1,DPPKAD,1,dpr ri,1,DPR-RI,4,DPRD,4,DPRD Cirebon,4,DPRD Kabupaten Cirebon,2,dpupr,7,drama,1,driver amt,1,dunia,2,Dunia Kampus,62,Duta Unswagati 2018,1,e-gamelan,1,e-ktp,1,empat sehat lima sempurna,1,English Student Association,1,Enterpreneur Festival,1,erdogan,1,ESA,3,esa unswagati,3,esai nasional,1,Esensi Hari Kartini,1,essai,2,Even kampus,1,Event Kampus,139,expo,1,expo pasar modal,1,fajar merah,1,fakultas,7,fakultas ekonomi,5,fakultas ekonomi unswagati,3,fakultas hukum,3,fakultas Hukum UGJ,1,Fakultas hukum unswagati,3,fakultas kedokteran,6,fakultas kedokteran unswagati,2,fakultas pertanian,3,fakultas teknik,7,fakultas teknik sipil,2,fakultas teknik unswagati,5,Faperta,3,fatwa,1,FB,1,FE,12,Feminisme,1,Festial Kraton,1,Festifal Islami,1,festival budaya sunyaragi,9,Festival Keraton Nusantara,8,festival komunikasi,1,festival literasi,1,festival literasi cirebon cirebon,1,Fh unswagati,1,Fiersa Besari,1,film,1,film indonesia,1,Final piala dunia 2018,1,fisif,1,fisip,14,FISIP UGJ,1,FISIP Unswagati,9,FisipUnswagati,1,fk unswagati,1,fkip,7,fkip bahasa inggris,2,fkip bahasa inggris unswagati akreditasi a,1,fkip unswagati,4,FKIPUnswagati,1,FKN XI,10,flu,1,fordisma,1,forsidas,1,forum ormawa,1,foto,4,fotografi,2,Fotografi,3,FP,1,fp unswagati,1,FPTI,1,fun run 2019,1,g30spki,1,gagasmedia,1,Gambar,1,garut,1,Gatot Nurmantyo,3,gaya hidup,2,gebyar matematika,1,gedung baru,1,gedung gt unswagati,1,gema,1,gemilang kreasi setara,2,Gerakan pemuda,2,Gerhana,1,gerhana matahari,1,gigi anak,1,gmp,1,GMPK,1,GMT,1,GNPF MUI,1,Golkar,1,google,1,gor ranggajati,1,GOW,1,GRAGE CITY MALL,1,gratis,1,greenbuilding,1,Gunung Ciremai,1,guru,1,hak jawab,1,halaman parkir,1,harapan dalam impian,1,hardiknas,1,hari buku,1,Hari buku sedunia,1,hari bumi,2,Hari gizi nasional,1,hari ibu,1,hari kartini,1,Hari pahlawan,4,hari pers nasional,1,hari sejuta pohon dunia,1,Hari Tani Nasional,2,harta,1,hasil suara,1,HATHI,1,health,1,healthy,1,Hemat baterai,1,Heregistrasi,4,herregistrasi,1,hiburan,2,hidup berawal dari mimpi,1,highlighter,1,himagara,1,HIMAJEMEN,3,himakom,9,Himakom UGJ,1,Himakom Unswagati,1,HimakomUnswagati,2,Himaptika,2,himatansi,1,hipmagri,2,hipmagro,1,hmj,1,hmj akuntansi,3,hmj diksatrasia,1,HMJ-M,1,HMJAK,1,HMJM,4,HMS,9,hms unswagati,2,HMSUnswagati,1,hoax,1,hubungan,1,hujan bulan juni,1,hukum rimba,1,hut RI,1,HUT RI Ke-72,1,IAI BBC,2,IAIN,1,ibu,2,ibu-ibu,1,Ida Rosnidah,1,Idental Radio,1,Idul Fitri,1,Ikatan Pedagan Pasar Sumber,1,Ilmu administrasi negara,1,ilmu komunikasi,5,Immni,4,inagurasi,1,inaugurasi,2,indonesia,9,indonesia berduka,1,indonesia waspada,1,indramayu,2,industry 4.0,1,infografis,2,insiden,1,insomnia,1,intelektual,1,Internasional,21,Internasional Exhibition for Young Inventors,1,Internation Women's Day,1,Investigasi,4,ipik permana,1,IPTI,1,isna silvia,1,ISO,1,isu jam malam,1,isu penghapusan kkn,1,ITB kampus cirebon,1,IWD2020,1,jadimulya cirebon,1,jadwal pelaksanaan PMB ITB Kampus Cirebon,1,Jaga jari,2,Jagajari,1,jagakali,1,jagakali art festival,2,jagakali international art festival,1,Jakarta,1,jawa barat,3,jenny marx,1,jenny von westphalen,1,JFMI9,1,jiaf8,2,jodoh,1,jokowi,2,junaedi noer,1,Juntinyuat,1,jurnalis,2,jurnalistik,2,k-pop,1,kabar,1,Kabarku Yang Usang,1,kabinet,1,kabupaten cirebon,1,kacang hijau,1,kacirebonan,1,Kadung Kait,1,kaji media,1,kampus,14,kampus tiga,1,kankaer,1,kanoman,1,kapolresta cirebon,1,Karakter,2,karl marx,1,karya sastra,2,kata rindu,1,kawan,1,Keamanan,2,kearifan lokal,1,Kebudayaan,3,Kebun Teh,1,Kecantikan,1,kecewa,1,kegiatan bersih-bersih,1,kegiatan mahasiswa,5,Kehilangan,3,Kejari,1,kejari kota cirebon,1,kekerasan seksual,1,keluarga,2,Keluarga wisudawan,3,kemacetan,1,kemenpora,1,KEMENRISTEKDIKTI,2,Kemenristerkdikti,1,Kemensos,1,kemerdekaan indonesia,1,kemerdekaan republik indonesia,2,Kerajaan majapahit,1,keraton,2,keraton kasepuhan,2,keraton kasepuhan cirebon,1,keringkan baju,1,kerusakan jalan,1,Kesehatan,25,ketahanan air,1,Ketua Umum,1,kimchi,1,KitaUnswagati,4,KKM,1,KKN,7,KKN Desa Slendra,1,kkn unswagati,2,KLISE,8,KLJ,1,KLJI,1,KNPI,3,Kodim,1,KOMANDO,2,KOMANDO V,1,komik,1,kompetisi panjat tebing,1,komunitas,2,komunitascirebon,1,konferensi internasional,1,konser,1,Konsolidasi,2,Konsumsi,1,Koordinasi,1,koperasi,1,kopi gayo,1,kopi rasa wine,1,korea,1,korupsi,8,korupsi E-KTP,1,kota cirebon,12,KPI,1,KPK,2,KPM,1,kpop,1,Kronologis,1,ksehatan,1,KSR,2,ksr pmi unswagati,1,kudeta,1,kuliah,1,kuliah kerja nyata,1,kuliah online,1,kuliah umum,3,kuliner,7,kuliyah umum,1,kuningan,2,kupi,1,Laila jangan bersedih,1,LAKSI,1,laku pejabat,1,Lawan Patriarki,1,LBKH,1,LBU,2,LDK IMMNI,1,ldko,1,lebaran,1,Lelaki,1,lgbt,1,LIDI,1,lifestyle,7,lift,1,Lingkungan,2,Lipsus,1,literasi,3,Literasi Digital,1,LLMB 2019,1,lomba,1,Lomba Bahasa Inggris,1,lomba fotografi,1,Lomba Hadroh,1,lomba opini,1,Lombok Bangkit Mandiri,1,lompat tali,1,Longsor Kuningan,1,LPJ,3,lpj pkkmb 2019,3,lpm,1,lpm fatshoen,1,lpm setara,9,lpm usu,1,lulusan terbaik,1,Maba,2,mahasiswa,27,mahasiswa aksi,2,mahasiswa baru,3,mahasiswa cirebon,2,Mahasiswaa,1,Majalengka,4,makanan khas cirebon,1,make up,1,makna historis,1,makrab,2,malaysia,1,mandat presiden,1,manfaat,1,manfaat menangis,1,mangrove,1,manusia,1,manusia dari kamar mandi,1,Mapala Ciayumajakuning,3,mapala gunati,10,marlina si pembunuh empat babak,1,marsha timothy,1,martha c. tiahahu,1,Masa lalu,1,mata kuliah drama,1,Matahari,1,matinya etika dan moral,1,Maulid Nabi,1,Maulid Nabi Muhammad 1441 H,1,Media Kampus,1,media massa,1,media palsu,1,membaca buku,1,membenarkan pikiran kita,1,memilih perguruan tinggi,1,menghilangkan,1,menikah,1,Menristekdikti,2,menwa,2,merdeka,1,metropolitan,3,minat membaca,1,moonrise over egypt,1,Moral,1,moralitas,1,MUBES,5,mubes fisip,1,Mubtada Kopi,2,mudik 2017,1,mukarto siswoyo,2,mukbang,1,muludan,1,museum batik,1,MUSIC,1,musim hujan,1,musyawarah besar,1,musyawarah pkkmb,1,Nadin Amizah,1,Nasional,57,Natal,1,Nazli Ilicak,1,News,61,Ngopi Bareng,2,nonton bareng,1,nusantara,1,Objek Wisata,1,Oi Cirebon,1,ojk,1,okke 'sepatumerah',1,Olahraga,11,olimpiade,1,Omnibus Law,1,Open House,1,open recruitment,2,Operasional,1,Opini,62,oprec,3,Orangtua,1,orasi,1,orasi kebudayaan,1,organisasi,1,Ormawa,6,Ormawa day,1,ormawa fisip,1,overdosis kafein,1,P2M,3,pahlawan,2,Pameran,2,pameran fotografi,1,pameran museum,2,pamp;k,1,Pancasila,2,panti asuhan,1,Panwaslu,1,pariwisata,6,Parkiran motor,3,pasar sumber,2,pascasarjana,4,pecinta alam,3,pecinta motor klasik,1,Pedagang,1,Pedagang Pasar Sumber Tolak Relokasi,1,pedati pustaka,1,pejabat,1,pejambon,1,pelantikan,2,Pelatihan,1,pelecehan seksual,1,Pelepasan,3,pelepasan wisudawan wisudawati,3,pembangunan,2,Pembekalan,1,Pemerintah Kabupaten Cirebon,1,Pemerintahan Mahasiswa Bukan Dagelan,1,pemilihan dekan,2,Pemilihan Dekan FE,1,Pemilihan Raya,1,pemilihan rektor,3,pemilihan serentak 2019,1,Pemilu,3,pemimpin,1,pemira,1,pemira 2019,5,pemira fe,4,pemira unswagati,6,Pemkab Cirebon,1,PEMKOT,1,pemkot cirebon,1,penangkapan,1,pencurian motor,1,pendaftaran,1,pendidikan,4,pendidikan bahasa inggris unswagati,1,pendidikan terbaik di dunia,1,penegerian unswagati,1,pengembaraan,1,pengerian,1,penghijauan,1,pengibaran bendera 1.000 meter,1,Peraturan,1,Perbaikan,1,perempuan,2,Perempuan Menggugat,1,perempuan yang sedang belajar,1,perempuan-perempuan tersayang,1,perilaku,1,PERISAI,1,perjal bandung,1,perjal cirebon,1,perjal menyambut fajar,1,pernikahan dibawah umur,1,Pernyataan Sikap,1,perpustakaan jalanan,1,perpustakaan jalanan cirebon,1,perpustakaan keliling,1,pertamina,1,pertukaran mahasiswa,1,pesta demokrasi,3,petani,1,petani kendeng,1,petisi,2,petisi online,2,pgsd,1,piala aff,1,piala_dunia,1,pini mahasiswa,1,PKKMB,25,PKKMB 2017,4,pkkmb 2019,2,pkkmb fakultas 2019,1,pkkmb fakultas kedokteran,1,pkkmb fakultas teknik,1,pkkmb fakultas teknik unswagati,1,pkkmb fisip,1,PKKMB FT 2018,1,pkkmb ugj,2,pkkmb ugj 2019,1,PKKMB UNSWAGATI,6,pkkmb unswagati 2016,2,PKKMB-FE,1,pkkmb-fh,1,PKKMB-U,5,pkkmbfisip2017/2018,1,PkkmbUnswagati1617,3,pkkmbunswagati17/18,1,PKL,1,pmb,2,PMB2019,1,PMI,1,pohon,1,Pohon natal,1,POK,1,Pokemon Go,1,Polemik,1,Politik,3,politik praktis,1,Polres Kota Cirebon,1,PON XIX JABAR,1,Popmasepi,1,ppg,1,PPHP,2,PPK,1,PPUM,5,PPUM-FE,1,PPUM2017,1,pr unswagati,1,pra diksar,1,praktis,1,pray for randi,1,presiden soekarno,1,presidium,1,presma,2,prodi,2,professional,1,Profil,9,program kerja,1,proker,5,proklamasi,1,prosesi budaya,1,Provokatif,1,prussia,1,ps3,1,PSM,3,PT.Jasa Raharja Cirebon,1,PTN,1,puasa,1,public relations,1,puisi,31,Puisi dan Sastra,45,puisi tuan,1,PUM,12,PUM FE,1,PUPR,1,Purbalingga,1,purnama,1,rachel goddard,1,radharpancadahana,1,ragam,2,rakernas,2,rakyat,1,Ramadhan,2,Rapat,2,rapat pleno,1,razia buku,1,rctv,1,reakreditasi,1,reformasi dikorupsi,3,Regional,191,rektor,5,rektor unswagati,2,rektor usu,1,relokasi,1,Resensi,12,resensi buku,5,resensi film,2,resensi film 2018,1,reuni akbar ft,1,Revitalisasi pasar,1,revolusi industri,1,revolusi industri 4,1,rio de janeiro,1,ritual,1,RKUHP,1,robot,1,RPD,1,rth,1,rubrik,1,RUUKPK,2,saaung perjuangan,1,sahur,1,sajak,3,sakit,1,saksi kunci,1,sakura science,1,sandi,1,sanggar lingkungan hidup,1,sanggar sunda rancage,1,sanggar tari,1,sanjungan,1,sao paulo,1,sapardi djoko damono,1,sarah ayu,1,sarjana,3,sastra,29,Saungjuang,1,save kpk,2,Save Pasar Sumber,3,sayap-sayap patah,1,sea games,1,sejarah,6,sejarah kerajaan majapahit,1,sekuritas,1,semarak keilmuan,1,seminar,5,Seminar fotografi,1,Seminar Internasional,1,seminar kebudayaan,1,Seminar Konsentrasi,2,seminar nasional,2,seminar nasional 2020,1,Seminar Umum,1,seni,3,seni tari,1,senja di Alexandria,1,senja sastra,2,seoul,1,sepak bola,1,serayu,1,Seren tahun,1,Sertifikat ISO,1,Setara TV,1,setaranews,6,setelah Addendum,1,Setya Novanto,2,Shalawat Nabi,1,singapura,1,single,1,sirnas,1,sispala,1,siswa sma,1,situs,1,sk,1,sk rektor,1,skk migas,1,SKK_Migas],1,Skripsi,2,sks,1,sks dan dpp,2,SMAN 1 Arjawinangun,1,SMAN 7 CIREBON,1,smk al-jabbar,1,SMS,1,Sosial distancing,1,Sri Lanka,1,Stadium Goverment,1,STARS AND RABBIT,1,Stop Narkoba,1,stop tindakan represif aparat,1,studi banding,1,suara mahasiswa,1,Suara Pedagang,1,suara rakyat,8,suara realitas,1,suara yang hilang,1,suhay salim,1,Suherli,1,sumpah pemuda,2,sunda wiwitan,1,Sunyaragi,2,surat untuk puan,1,Susukanlebak,1,sylviana murni,1,syndrome,1,Syukuran,1,takjil,1,talkshow,1,tari tradisional,1,tasya farasya,1,Teater,2,Teater Dugal,2,teatermantu,1,technology,1,Teknik Sipil,2,teknik sipil unswagati,3,TeknikSipilUnswagati,3,Teknologi,11,temab,1,tempo,1,TentaraNasionalIndonesia,1,TEP,3,terasi,1,Terjebak “in Bad Culture”,1,Terkini,1649,tes masal,1,the grand old man,1,tim pemberantas pungli,1,tindak represivitas,1,Tips,11,tips and trik,2,tips dan trik,4,tips presentasi,1,tips traveling,2,tips untuk anak,1,tirto adhie soerjo,1,tki,1,tkw indonesia,1,tolak narkoba,1,Tolak Relokasi Pasar,1,Tolak Relokasi pasar sumber,3,Tolak Relokasi Pasar umber,1,topma,1,Tour de Linggarjati,1,TPA,1,TPA Kopi Luhur,1,tps 3,1,Tradisi,1,Training Legislasi,1,Transaransi Kampus,1,Transparansi,5,transportasi,1,trauma healing,1,traveling murah,1,tri darma perguruan tinggi,1,tribun jabar,1,trupark museum,1,trusmi cirebon,1,turki,1,tutorial keislaman,3,tutorial keislaman unswagati,2,tv kampus,2,tv kampus cirebon,1,tv kampus unswagati,1,uang,1,UAS,2,UGJ,44,UGJ Cirebon,5,ukm,1,UKM KSR,1,ukm Pamp;K,2,UKM Rohis Usahid,1,ukm seni budaya,1,UKM Seni dan Budaya,8,ukm seni dan budaya unswagati,1,un,1,un online,1,unit kegiatan mahasiswa,1,universitas,12,Universitas Swadaya Gunung Jati,3,unjuk rasa,2,Unswagati,214,unswagati akreditasi a,1,unswagati cirebon,12,UNSWGATI,1,Unswgati cup 2017,1,untag cirebon,1,USB,4,usbn,1,uswagati,1,UTS,2,Video,5,vietnam,1,virus corona,2,virus zika,1,vlogger indonesia,1,volunteer,1,Wadek II,1,wagub jabar,1,wakil rektor,1,walikota cirebon,1,wapresma,1,Warga Cirebon,1,warisan kesenian dan kebudayaan,6,Warta,1,Warta Kampus,318,watu semar,1,we are the real united kingdom,1,wine halal,1,wiranto,2,wirayuwana choir,1,wisata,4,wisuda,6,wisuda ke 46,2,wisuda ke 47,1,wisuda unswagati,1,wisuda XLIX,2,wisuda XLVII,1,Women's March 2020,1,Women's March Cirebon,1,workshop,1,Workshop fotografi,1,wr III,3,wr3,1,Yayasan,2,yayasan unswagati,4,yono maulana,2,YPSGJ,1,yudisum,1,
ltr
item
SetaraNews.com: Cerpen : Kehadiranmu
Cerpen : Kehadiranmu
https://1.bp.blogspot.com/-h40cI8f7cJk/XnQUTZ6phhI/AAAAAAAABoc/kVfJvT5EF4gTsLl3W3_dEgRSME-vY-wAwCLcBGAsYHQ/s640/kehadiranmu.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-h40cI8f7cJk/XnQUTZ6phhI/AAAAAAAABoc/kVfJvT5EF4gTsLl3W3_dEgRSME-vY-wAwCLcBGAsYHQ/s72-c/kehadiranmu.jpg
SetaraNews.com
https://www.setaranews.com/2020/03/cerpen-kehadiranmu.html
https://www.setaranews.com/
https://www.setaranews.com/
https://www.setaranews.com/2020/03/cerpen-kehadiranmu.html
true
5774345634689947304
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy