Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Aksi Bule Menampilkan Tari Topeng Membuat Pengunjung JiAF #8 Terpesona

Amanda (USA) menampilkan Tari Topeng Priangan di acara puncak JiAF #8 

Cirebon, Setaranews.com - Acara puncak Jagakali International Art Festival (JiAF) #8 pada 25-27 Oktober 2019 di Cadas Ngampar, Harjamukti Kota Cirebon telah resmi dibuka oleh Sultan Kanoman Cirebon malam tadi (25/10). 

Tidak hanya mengkampanyekan kebersihan lingkungan, JiAF #8 juga mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya daerah dengan menampilkan kesenian-kesenian lokal. Salah satu penampilan yang menarik perhatian pengunjung tadi malam adalah Amanda, warga negara Amerika Serikat yang ikut berpartisipasi dalam JiAF #8 mempersembahkan penampilan Tari Topeng Priangan lengkap dengan kostumnya. 

Selain mengajak masyarakat untuk melestarikan alam dan mengurangi sampah plastik, Amanda juga mengingatkan para pengunjung untuk melestarikan budaya Indonesia yang sangat beragam. "the reason I performed the priangan mask dance was to help Indonesians find strength in their own culture and to preserve this very special cultural diversity." (alasan saya menampilkan tari topeng priangan adalah membantu orang indonesia menemukan kekuatan dalam budaya mereka sendiri dan melestarikan keragaman budaya yang sangat istimewa ini.) ujarnya saat diwawancarai tim Setaranews.com. 

Para pengunjung terpana menyaksikan penampilan Amanda dan mengaku bangga ada orang luar negeri yang mau belajar budaya Indonesia. "Harapan saya dengan adanya acara jiaf ini masyarakat Cirebon semakin bangga akan budaya Indonesia dan terus mewariskannya, serta selalu menjaga kebersihan dan keseimbangan lingkungan" ucap Nuril salah satu pengunjung. 

JiAF #8 kali ini mengusung tema Cinta Sejati. Filosofinya adalah bukan tentang cinta antara dua insan, melainkan cinta hamba dengan Tuhannya. Acara bertajuk peduli lingkungan ini diikuti oleh lebih dari seratus komunitas di Indonesia juga 24 negara lain.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews