Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Kecam Razia Buku, Pegiat Perpustakaan di Cirebon Gelar Lapak Solidaritas

Minggu, 11 Agustus 2019

/ by Lembaga Pers Mahasiswa Setara

Foto by Dodo

Cirebon, Setaranews.com - Sejumlah Komunitas Pegiat Perpustakaan di Cirebon, menggelar aksi simpatik di Taman PKK Sumber, Kab Cirebon hari Sabtu, tanggal 10 Agustus 2019. Dalam kegiatan bertajuk Lapak Baca Solidaritas, mereka menyediakan berbagai buku bacaan seperti buku karya Pramoedya Ananta Toer, Tan Malaka, Maxim Gorky, Soe Hok Gie, dan lain-lain di area taman untuk dibaca secara gratis oleh pengunjung. Robby selaku pengelola Perpustakaan Jalanan Cirebon mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk solidaritas atas tindakan razia buku yang terjadi beberapa waktu terakhir. 

Seperti yang diberitakan, ada dua kejadian razia buku yang baru-baru ini terjadi dan meresahkan para pegiat literasi. Tepatnya pada tanggal 27 Juli lalu, dua pegiat Vespa Literasi diamankan oleh anggota Polsek Kraksaan, Kabupaten Probolinggo karena menggelar lapak baca dengan membawa buku Dipa Nusantara (DN) Aidit, salah satu tokoh komunis Indonesia. Tak berselang lama, pada tanggal 3 Agustus lalu, anggota organisasi masyarakat (ormas) Brigade Muslim Indonesia (BMI) Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan razia buku "kiri" di beberapa toko buku setempat yang menyebabkan semakin banyak orang yang menggolongkan buku dengan istilah buku kanan, dan buku kiri. 

Sementara itu Lutfi pegiat literasi dari Oemah Dolan juga ikut menanggapi bahwa selain bentuk solidaritas lapak ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat. “Dengan aksi damai ini kami mengajak masyarakat lebih terbuka dan ikut dalam kegiatan positif ini sebagai gerakan membangun minat baca” ujarnya. 

Dengan diadakannya aksi ini diharapkan agar kegiatan-kegiatan literasi jalanan tidak lagi dibatasi atau bahkan ditakuti. Selain Perpustakaan Jalanan Cirebon dan Oemah Dolan Kedondong, acara ini dihadiri oleh komunitas lain diantaranya Pojok Baca Al-Hikmah Plumbon, serta perwakilan lainnya dari Keluarga Literasi Cirebon.


Reporter : Dodo

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews