Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Sosok Inspirasi, Mari Mengenal Diah Agustina

Selasa, 02 Juli 2019

/ by Nabila Devia Fitriani

Foto Tari Kalang Sunda Diah Agustina / by Fajar

Cirebon, setaranews.com – Berbagai penampilan memeriahkan malam puncak Festival Budaya Sunyaragi (FBS) Minggu Malam (30/06), salah satu yang menarik banyak perhatian yakni penampilan Seni Tari Kalang Sunda oleh Diah Agustina. Diah merupakan penari asal Cirebon berusia 17 tahun penderita tuna rungu dan albino. Ia bersekolah di SLB Negeri Kabupaten Cirebon yang ber-alamat di Sindanglaut. Ia mulai menjadi penari saat dirinya duduk di bangku sekolah SMP kelas 2. Ia dilatih oleh pelatih tari tradisional sekaligus guru sekolahnya Bapak Wawan Darsa, S.Pd. 

Bapak Wawan mengungkapkan bahwa saat pertama kali melatih Diah menari Ia harus ekstra hati-hati karena Diah sangat peka. Diah juga dilatih dengan kode yang diberikan oleh beliau. “Saya mengajar harus hati-hati. Nggak boleh marah, atau menunjuk-nunjuk karena Diah sangat peka. Diah dilatih dengan kode, sekarang Dia sudah mengerti akan kode yang saya sampaikan. Setiap manggung Saya didepan karena Diah tidak dapat mendengar musik secara total, jadi Saya mengarahkan ketukan musiknya. Fokus dia kalau manggung pasti ke Saya.” Tutur beliau. 

Berkenaan dengan Tari Kalang Sunda yang ditampilkan oleh Diah, Pak Wawan menjelaskan bahwa tarian tersebut berarti bahwa hidup itu harus tidak boleh melebihi batas agar tidak terbawa kearah yang negatif. Beliau juga berharap di FBS tahun depan yang rencananya akan dilaksanakan pada 03-05 Juli tahun 2020 panitia berkenan untuk mengundang SLB se-Jawa Barat.



Reporter : Nabila Devia

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews