Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Malam Puncak, Sangggar Tari Dewatasenca Tampilkan Tari Putri Batik Caruban

Senin, 01 Juli 2019

/ by Nabila Devia Fitriani

Foto Tari Batik / by Irfan

Cirebon, setaranews.com – Festival Budaya Sunyaragi (FBS) 2019 telah resmi berakhir. Pada malam puncak FBS Semalam (30/06) sukses dimeriahkan oleh beberapa penampilan, salah satunya adalah penampilan Tari Batik dari Sanggar Dewatasenca yang sukses menjadi penampilan pembuka. Tari Batik sendiri nama sebenarnya adalah Tari Putri Batik Caruban yang merupakan tari daerah Cirebon. 

Menurut Irfan Handrian, Pelatih Sanggar Dewata Senca sekaligus Alumni dari SMK Pakungwati beliau mengatakan bahwa Tari Batik merupakan tari yang menggabungkan dari budaya yang ada di Cirebon dan Jawa Barat sendiri seperti Topeng, Jaipong, dan tentu saja Batik dan hal itu dapat dilihat pada koreo Tari Batik sendiri. “Di Indonesia kan tidak hanya seni tari saja, jadi kita gabungkan dari topeng di Cirebon, Batik di Cirebon, dan Jaipong. Keunikannya bisa dilihat dari koreo. Ada koreo membatiknya, topengnya, da nada gerakan jaipong. Itu bisa dilihat kalau kita ini pengamat koreo ya.” Terangnya saat di wawancarai oleh tim Setaranews. 

Kain batik Cirebon yang digunakan dalam tari ini antara lain, Batik Mega mendung, Singa Barong Payung, dan Kangkungan. Sanggar Dewatasenca sendiri merupakan sanggar tari yang berada dalam yayasan Kasepuhan Cirebon dan baru-baru ini mengikuti ajang hari tari dunia di Kota Solo.


Reporter : Nabila Devia

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews