Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

UGJ Cirebon Kembali Membuka Pintu Demokrasi Tahun Ini

Senin, 24 Juni 2019

/ by Arjun Junaidi

UGJ, Setaranews.com - Pesta demokrasi sebagai ajang persatuan mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pemilihan Raya (PEMIRA) siap dilaksanakan. Pemilihan Raya UGJ Cirebon 2019 akan segera dilangsungkan dengan sudah terbentuknya Panitia Pemilihan Umum (PPUM) dan Panitia Pengawas (PANWAS) namun tanggalnya belum ditentukan.

Pada prosenya, seharusnya yang membentuk PPUM dan Panwas adalah Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas (DPMU) tetapi dikarenakan Surat Kuasa nya sudah habis, maka dari itu pihak DPMU menyerahkan pembentukan PPUM dan Panwas kepada pihak Universitas atau lembaga. Lalu lembaga atau lebih tepatnya Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan melayangkan surat perintah kepada semua fakultas yang ada di UGJ Cirebon untuk membuka open recruitment mahasiswa setiap fakultas yang ingin menjadi anggota PPUM maupun PANWAS. Setelah terseleksi ditingkat fakultas, selanjutnya akan diseleksi kembali oleh pihak Universitas namun pihak Universitas menunjuk pihak lain yang independent untuk menjadi tim penyeleksi tingkat Universitas diantaranya yaitu mantan anggota KPU Kota Cirebon, mantan anggota Panwas Kota Cirebon, dan salah satu dosen prodi Ilmu Komunikasi UGJ Cirebon.

Agus Dimiyati selaku Kepala Biro Kemahasiswaan mengatakan Pemilihan Raya tahun ini menggunakan Undang-Undang terbaru tetapi pihak Universitas juga merekomendasikan Undang-Undang terdahulu untuk menjadi bahan diskusi terkait aturan yang akan digunakan PEMIRA tahun ini, “ Mekanisme pemira kali ini akan menggunakan undang-undang terbaru namun kita mencoba untuk merekomendasikan undang-undang terdahulu agar menjadi aturan yang akan dipakai.” Ujarnya saat diwawancarai setaranews.com diruangan kantornya. Dia (Agus Dimiyati) juga memastikan bahwa PPUM dan Panwas berada dibawah naungan Universitas ataupun Lembaga demi menjaga independentsi nya.

Langkah awal yang akan dilakukan oleh PPUM dan Panwas adalah pembuatan struktural anggota, mengkaji kembali Undang-Undang organisasi kemahasiswaan, dan saling menjaga koordinasi antara PPUM dan Panwas untuk menentukan tanggal pendaftaran partai politik sampai dengan hasil pemungutan suara, “ Yang pertama adalah kita akan menyusun stuktural anggota lalu mengkaji kembali undang-undang ormawa saat ini dan yang paling terpenting adalah menjalin koordinasi yang baik kepada semua pihak yang terlibat.” Ungkap Bagus delegasi dari DPM FISIP selaku ketua PPUM tahun ini.

Fikar, selaku ketua PANWAS perwakilan mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menyampaikan harapannya agar PEMIRA tahun ini berjalan sesuai aturan yang sudah ditetapkan, “ Semoga pemilihan raya kali ini berjalan sesuai prosedur, lancar, aman, dan damai.” Tutupnya. Target PPUM dan Panwas adalah sebelum bergulirnya Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), sudah terpilihnya Presiden Mahasiswa (PRESMA) Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. Pihak PPUM dan Panwas juga tidak lupa memberikan pesan terhadap semua pihak yang terlibat agar memberikan kepercayaan penuh kepada PPUM dan Panwas demi kelancaraan Pemilihan Raya tahun ini.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews