Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Nasi Padang vs Nasi Kapau, Pilih Mana?




Kuliner, Setaranews.com - Di berbagai pelosok Nusantara, Rumah Makan Padang hadir menjadi primadona yang tidak kunjung redup sinarnya. Lauk-pauk yang kaya akan rempah dan rasa yang tajam membuat masakan khas Minangkabau tersebut tenar di lidah orang Indonesia. Bagi masyarakat luas, Nasi Padang terdengar lebih tidak asing daripada Nasi Kapau. Meski keduanya berasal dari tanah yang sama. Ternyata Nasi Padang dan Nasi Kapau adalah sajian yang cukup berbeda.

Nasi Padang adalah sebuah istilah yang digunakan secara luas dan bias karena merujuk kepada semua masakan dari Sumatera Barat. Sementara Nasi Kapau lebih spesifik karena berasal dari nagari (desa) Kapau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Jika bertandang ke Rumah Makan Padang lauk-pauk seperti Gulai Ikan, Gulai Ayam atau Gulai Jeroan selalu setia menghiasi etalase. Tapi untuk Nasi Kapau, ada gulai khas yang jarang hadir di Rumah Makan Padang pada umumnya yaitu Gulai Gajebo dan Gulai Tambusu. Gulai Gajebo terbuat dari sandung lamur, sementara Gulai Tambusu terbuat dari usus sapi yang di dalamnya diisi campuran tahu dan telor.

Untuk sayur, Nasi Kapau punya khas yang tidak boleh tertinggal, Gulai Nangka Kapau yang dicampur dengan kacang panjang, kol, rebung dan pakis. Gulai Nangka khas Nasi Kapau tidak menggunakan banyak santan sehingga tidak terlalu kental seperti gulai pada umumnya. Selain gulai, yang khas dari Nasi Kapau adalah Rendang Ayam dan Rendang Bebek, biasanya rendang diolah dengan daging sapi. Rendang khas Kapau biasanya disajikan dengan kentang bulat yang berukuran kecil.

Pakar masakan Minang, Reno Andam Suri, dikutip dari Kompas membenarkan hal tersebut. "Rendang merupakan cara memasak, bukan makanan. Setiap daerah di Sumatera Barat mempunyai rendang khas masing-masing. Kapau misalnya, yang khas adalah Rendang Ayam." Ujarnya.

Perbedaan lainnya terlihat dari penyajian makanan. Lauk-pauk di Rumah Makan Padang disajikan di dalam etalase kaca yang disusun bertingkat menggunakan piring. Sementara lauk-pauk di Warung Nasi Kapau disajikan menggunakan meja yang lebih rendah dari si penjual, sehingga penjual mengambil lauk-pauk dengan centong kayu yang panjang.

Wah, menarik, jangan sampai salah paham ya antara Nasi Padang dan Nasi Kapau. Jadi, ingin pilih yang mana untuk santap siang atau malammu? Bagi kawasan Kota Cirebon tidak usah khawatir, karena penjual Nasi Padang yang enak sudah sangat banyak. Kalau pun ingin mencicipi lezatnya Nasi Kapau, rukonya ada di sekitar Jalan Tentara Pelajar sesudah Grage Mall.


Reporter: Fiqih Dwi Hidayah

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews