Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Kabupaten Majalengka Unjuk Kebudayaan di Tanah Cirebon

Jumat, 28 Juni 2019

/ by Puse
Penampilan Tari Topeng Kenteng Wuwung Kawangi 

Cirebon, Setaranews.com
- Kabupaten Majalengka memiliki beragam seni budaya, diantaranya kesenian topeng, ujungan, sampyong, kedempling, kecapian, kuda renggong, rampak kendang, dan masih banyak lagi. Kesenian tradisional merupakan salah satu wujud budaya yang menjadi kebanggaan bangsa.  Pada hari ketiga Festival Budaya Sunyaragi (28/06/2019) Kabupaten Majalengka diberi kesempatan untuk memperkenalkan kesenian dan budayanya yang diwakili oleh  sanggar seni yang berasal dari Kecamatan Cigasong.

Salah satu bentuk pelestarian kebudayaan tradisional, khususnya bidang seni tari di masyarakat dilakukan dengan mendirikan sanggar-sanggar tari. Sanggar Sunda Rancage adalah sanggar pertama yang berdiri di Kabupaten Majalengka dibawah pimpinan Bapak Aceng Hidayat, S.Pd. sejak tahun 2001. Sunda Rancage artinya urang Sunda anu kreatif atau orang sunda yang kreatif.

Pada event yang digelar oleh Managemen Keraton Kasepuhan Cirebon ini, Sanggar Sunda Rancage membuat para penonton bersorak sorai karena penampilannya yang sangat memukau, mereka menari dengan lentur dan bersemangat. "Menurut saya, seru, menarik, penampilan tersebut adalah salah satu wajah sebuah daerah. Jadi harus kita dukung, apalagi untuk regenarasi harus dikenalkan agar tidak punah dan terus berkembang." ujar Khifdhi sebagai penonton sekaligus fotografer di Festival Budaya Sunyaragi 2019.

Dengan menyajikkan enam kesenian dan tari, yaitu Rampak Kendang Wanoja, Tari Topeng Kenteng Wuwung Kawangi, Tari Batik Midang, Tari Mojang Priangan, Ronggeng Ujangan dan Musik Kolaborasi Etnik, Sanggar Sunda Rancage berhasil menunjukkan bahwa Kabupaten Majalengka masih melestarikan budaya tradisional dan memperkenalkannya ke masyarakat luas.

Reporter: Anisa Puse

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews