Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Festival Budaya Sunyaragi Memperkenalkan Kesenian Daerah Ciayumajakuning

Sabtu, 22 Juni 2019

/ by Puse


Cirebon, Setaranews.com - Festival Budaya Sunyaragi adalah salah satu event pengenalan dan sosialisasi budaya kepada masyarakat dan para pelajar agar mereka mengetahui budaya dan membangun pariwisata di daerahnya. Acara yang akan digelar pada 26-30 Juni 2019 mendatang ini akan mempersembahkan kesenian tradisional dari Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan yang biasa dikenal Ciayumajakuning dengan ciri khas daerahnya masing-masing.

Festival ini akan menjadi event tahunan yang dilaksanakan oleh Managemen Keraton Kasepuhan Cirebon di Goa Sunyargi dengan tujuan agar generasi muda mengetahui dan melestarikan budaya yang telah diwariskan para leluhur untuk mewujudkan masyarakat yang berbudaya dan kreatif.

Pada kesempatan ini, Kabupaten Cirebon akan menampilkan kesenian Ronggeng Bugis dan Angklung Bungko. Tari Ronggeng Bugis ini merupakan pagelaran tari komedi yang dimainkan oleh penari laki-laki yang menggunakan busana wanita. Sedangkan Angklung Bungko adalah tarian khas Desa Bungko di Kecamatan Kapetakan. Tarian ini merupakan penggambaran peperangan yang diiringi alat musik Gendang, Angklung, Tutukan, Klenong, dan Gong.

Kemudian, perwakilan Kabupaten Indramayu akan menampilkan Tari Randu Kentir, tarian ini merupakan icon Kabupaten Indramayu itu sendiri, musik yang disajikan oleh tarian ini cenderung nge-beat namun lembut serta menghentak-hentak dibeberapa bagian.

Selain itu, Kabupaten Majalengka dan Kuningan pun akan mempersembahkan kesenian khas daerahnya, bagi pembaca yang penasaran penampilan apa saja yang akan dipersembahkan oleh Kabupaten Majalengka dan Kuningan, ikuti terus keseruan acara di Festival Budaya Sunyaragi.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews