Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Tips Mencukupi Kebutuhan Air Putih Saat Berpuasa




Lifestyle, Setaranews.com - Air putih adalah salah satu kebutuhan paling penting saat berpuasa walaupun banyak orang yang mengabaikannya. Taukah kamu berapa banyak air yang tubuh kita butuhkan dalam sehari? Kita membutuhkan 8 gelas air atau 2 liter dari bangun tidur sampai hendak tidur kembali.

Agar kebutuhan air putih tetap terpenuhi dengan baik, kita harus membagi air yang akan kita konsumsi itu mulai dari sahur, berbuka puasa dan sebelum tidur. Disarankan untuk membagi 8 gelas menjadi komposisi 3-3-2. Yaitu tiga gelas air saat sahur, tiga gelas air saat berbuka puasa dan dua gelas air sebelum tidur.

Saat sahur asupan air putih harus banyak karena kita tidak akan minum selama kurang lebih 13 jam. Bisa dibagi satu gelas air putih saat bangun tidur, satu gelas air setelah makan dan satu gelas air menjelang imsak.

Selanjutnya tiga gelas air putih saat berbuka puasa, disarankan minum segelas air setelah adzan, kemudian setelah makan dan sebelum sholat tarawih. Biasanya saat berbuka puasa kita lupa meminum air putih karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman jenis lain yang mengandung banyak gula.

Sisa kebutuhan air putih yang dua gelas bisa dimunim sebelum tidur. Minum satu gelas saat pulang tarawih dan satu gelas saat akan beranjak tidur. Meminum air putih sebelum tidur bisa membuat otot-otot dan persendian menjadi lebih rileks sehingga tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Jika kita tidak memenuhi kebutuhan air putih saat berpuasa, tubuh kita akan mengalami dehidrasi. Ciri-cirinya antara lain sering lemas saat siang hari, konsentrasi menurun, kepala pusing, sering mengantuk, dan daya tahan tubuh akan turun sehingga akan mudah terkena flu.

Mulai saat ini mari kita cukupi kebutuhan air putih harian. Semoga puasanya lancar dan berkah!

Reporter :Anisa Puse





Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews