Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Tips Cara Mengetahui Gejala dan Mengatasi Penyakit Cacar Monyet(Monkeypox)




Cirebon.SetaraNews.com – Pernahkah mendengar tentang cacar monyet? Meskipun tidak umum, tapi cacar satu ini tetap patut diwaspadai penyebaranya. Cacar monyet pada dasarnya juga bukan merupakan penyakit baru dan sudah ada sejak tahun 1970-an. Apa itu sebenarnya cacar monyet? Bagaimana cara mengetahui dan mengatasi cacar monyet? Simak jawabannya dibawah ini!

Apa Itu Cacar Monyet (Monkeypox)?
Cacar monyet atau monkeypok adalah inveksi virus yang termsuk langka. Cacar monyet bisa digolongkan sebuah penyakit infeksi yang disbabkan olh virus cacar monyet yang dapat timbul pada hewan tertentu termasuk manusia.
Pencegahan Cacar Monyet
Pencegahan cacar monyet dapat dilakukan dengan beberapa cara. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah penyakit cacar monyet atau monkeypox pada manusia:
  • Hindari kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi.
  • Hindari kontak langsung dengan manusia yang terinfeksi.
  • Penggunaan smallpox vaccine, yang dulu digunakan untuk penyakit variola, namun oleh karena penyakit ini sudah berhasil dieradikasi pada tahun 1980, vaksin smallpox agak sulit didapatkan. Vaksin biasanya dianjurkan untuk orang2 yang beresiko tinggi terkena monkeypox seperti mereka yang melakukan penelitian terhadap virus monkeypox, dan orang-orang yang mempunyai riwayat kontak dengan penderita yang terinfeksi monkeypox.
Gejala Cacar Monyet
Masa inkubasi atau masa sejak awal virus masuk ke dalam tubuh hingga menimbulkan gejala klinis adalah sekitar 10-14 hari. Gejala klinis monkeypox mirip dengan gejala Varicella (cacar air) dan Variola, namun intensitasnya cenderung lebih ringan. Gejala awal cacar monyet tidak jauh berbeda dengan gejala infeksi virus lain pada umumnya dan kemudian diikuti dengan gejala yang lebih spesifik. Berikut adalah gejala cacar monyet:
  • Sakit kepala, Deman, Tubuh terasa lemas, Sakit pada otot persendian
  • Ruam kulit. Kemunculan ruam biasanya dimulai dari wajah, batang tubuh, dan kemudian menyebar ke lengan, kaki, hingga ke telapak tangan dan kaki. Ruam diawali dengan bercak kemerahan yang lama kelamaan membentuk bintik kemerahan yang berisi cairan dan dapat berisi nanah.
  • Pembesaran kelenjar getah bening.
Cara Mengobati Cacar Monyet
Hingga kini, belum terdapat penelitian yang mengonfirmasi cara mengobati cacar monyet yang efektif. Pengobatan hanya dilakukan berdasarkan gejala yang dialami oleh pasien. Berikut adalah beberapa jenis pengobatan untuk gejala cacar monyet:
  • Obat analgesik dan antipiretik diberikan untuk menurunkan demam, meredakan nyeri, dan juga sakit kepala.
  • Istirahat total disarankan agar gejala penyakit tidak semakin parah, terutama pada

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews