Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Saksi Bisu Peradaban Kota Cirebon

Cirebon,Setaranews.com. Tahukah kamu ? Kota Cirebon memiliki beribu peninggalan sejarah loh  yang sampai saat ini jarang diketahui orang banyak,nggak cuma sejarah cintamu dan dia ajah hiyahiyahiya, dan dalam sejarahnya Kota Cirebon ini mempunyai bangunan yang konon katanya pertama kali dibuat dalam peninggalan sejarah di Kota Cirebon, walah iya pertama kebayang dong sejarahnya pasti panjang,bangunan tersebut yaitu Witana. 

Bangunan kuno yang berada di Dukuh Caruban (Perkampungan Cirebon) itu dibangun pada abad ke-14 Masehi, tepatnya pada tahun 1362 Saka/1440 Masehi, pembaca udah pada lahir belum tuh?

Nah sekarang Bangsal Witana kini menjadi kebanggaan masyarakat Cirebon jeh ,pasalnya keberadaan Witana yang menjadi bagian di Keraton Kesultanan Kanoman itu merupakan destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi jika singgah di kota udang tercinta, adapun kata Witana yang dipakai itu berasal dari bahasa Cirebon asli yang berarti awit atau asal/mula dan ana atau ada. Jika diartikan, Witana berarti asal mula ada yang dalam konteks ini asal mula adanya Cirebon. Bukan asal mula kisah rumit kita.

Bangsal Witana difungsikan sebagai tempat lelakon sultan atau menimba ilmu kebatinan,karena Di Bangsal Witana, suasananya sunyi, menenangkan. Pepohonan tua yang rimbun, ditambah arsitektur bermotif khas kerajaan, yang cocok banget buat kamu yang suka suasana sepi untuk merenungi skripsianmu.
Pada abad ke-14, Pangeran Cakrabuana meneruskan jabatan kepada ke Ki Gedeng Alang-alang sebagai Mbah Kuwu Cirebon dan ketika memasuki abad ke-16, Kesultanan Cirebon menjadi dua kesultanan yakni Kasepuhan dan Kanoman.
Untuk arsitektur bangunan bangsal Witana ini dilangit-langitnya terdapat ukiran yang menunjukkan angka Candra Sengkala menandakan tahun renovasi komplek pada 1561 Saka atau sekitar 1639 Masehi. Nah, ukiran huruf Candra Sengkala ini menunjukkan tahun renovasi komplek Witana di era Pangeran Mas A Arifin, Panembahan Ratu II.
Hampir seluruh bangunan inti dan sakral di Keraton Kanoman ini menghadap ke arah utara. Dalam sejarahnya Keraton Kanoman sendiri tidak terpisahkan dengan penyebaran misi ajaran Islam, yang merupakan pengembangan keraton sebelumnya.


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews