Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Resensi buku “Perempuan-Perempuan Tersayang"


Cirebon,Setaranews.com - Fransinia adalah perempuan remaja asal indonesia timur ini memberanikan diri untuk merantau ke ibukota, dengan harapan akan memberikan perkerjaan yang diimpikannya selama ini yaitu Admazing Agency.Belasan lamaran dia kirimkan ke berbagai perusahan yang kiranya cocok dengan bidang ilmunya, dari mulai redaktur sebuah majalah remaja, copywriter di beberapa advertising agency sampai content writer di sebuah situs internet.

Perempuan yang lahir di kota SOE yang merupakan ibukota Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia itu sudah lama menjadi anak tiri ibu kota, namun dirinya tidak sendirian, ia ditemani oleh adiknya bersama sherly yang kala itu masih duduk di bangku SMA, mamatua ( sebutan untuk ibu ) mempercayai adik bungsunya itu kepada fransinia dan berpesan untuk menjaganya agar tidak pacaran terlebih dahulu, mengingat usianya masih sangat belia dan kondisinya masih sekolah, namun fransinia percaya dan membolehkan adiknya itu pacaran.

Namun naas sherly adik kesayangan keluarganya itu melakukan kesalahan fatal, yaitu dia hamil yang membuat repot adalah olivianus yang merupakan pengganti papatua( sebutan untuk papa) yang sudah meninggal, wataknya yang keras membuat fransisa harus memotak otak agar sherly tidak menjadi sasaran amarahnya itu.namun mau tidak mau fransinia harus memberitahu keadaan sebenarnya kepada olivianus dan membawa sherly pulang ke SoE.

Akibat ulah sherly, fransinia harus menetap di Soe untuk menemani mamatua dan menjaga kandungan sherly.

“Beta laki-laki, beta harus kerja. Beta punya istri yang harus beta hidupi. Beta harus hidupi katong pun keluarga ju. Lu perempuan, lu belum kerja, lu belum berkeluarga, belum ada beban. Apa salahnya lu jaga Mamatua di rumah? Lagi pula, mengurus Mamatua dan rumah itu perempuan pung tugas. Sonde usah berpikir macam-macam, sonde usah mau macam-macam. Itu sudah.” (hlm. 21)

Fransinia harus rela meninggalkan impiannya di Jakarta tak hanya itu ia juga harus meninggalkan kisah cintanya bersama kekasihnya (lupa namanya). Mamatua yang syok dengan keadaan sherly sempat jatuh sakit pasalnya beliau yang rajin ibadah ke gereja, kemudia keluarganya selalu menjadi contoh yang baik bagi masyarakat di kotanya, maraknya remaja yang mengalami hamil diluar nikah membuat mamatua kecewa karena hal itu terjadi pada anaknya sendiri.

Selama di Soe sherly dilarang keluar rumah demi menjaga citra nama baik keluarga, akhirnya fritz dating menjadi dokter pribadi dan selalu rajin dating kerumah untuk mengecek keadaan sherly dan mamatua, fritz itu adalah teman olivianus yang kini memutuskan untuk menjadi dokter di kota SoE. Parasnya yang rupawan, pribadi yang hangat membuat fransinia tak lagi canggung untuk bercengkrama dengannya.

Alasannya kembali ke kampong halaman setalah sekolah di perguruan tinggi ternama di Indonesia membuat kebimbangan tersendiri terhadap fransinia,karena kondisi SDM dan pemerataan belum terjadi dindonesia hati fritz tergugah untuk terus mendedikasikan dirinya untuk SoE.
Tak terasa kemailan sherly memasuki usia tua, namun malangnya ia tidak diperbolehkan bertemnu dengan bapak dari jabang bayi yang dikandungnya, padahal kekasih sherly menetap di SoE jua, namun olivianus tidak memperbolehkannya bertemu.

Suatu ketika keluarga berkumpul karena fransinia mendapat panggilan bekerja diperusahaan yang ia idam-idamkan selama ini, namun olivianus bersikeras untuk memakemkan fransinia di SoE tanpa melihat perasaan fransinia.
Fransinia merasa ini tidak adil pasalnya dia juga memiliki cita-cita yang harus digapai, konflik panas terjadi dirumah akhirnya membuat olivianus mengijinkan fransinia untuk ke ibu kota dalam kurun waktu yang sebentar.

Setalah urusannya di ibukota selesai ia kembali ke rumah, perdebatan panas terkait izin olivianus kepada suami sherly untuk menemani persalinannya membuahkan hasil dengan mengundang suami sherly ke rumah, untuk memberikannya pandangan, dan meminta persetujan darinya jika bayinya akan diangkat anak oleh olivianus, kemudian sherly dan suami melanjutkan hidupnya sebagai remwaja yang haus akan cita-cita.

Akhirnya berdamailah mereka,hanya menunggu beberapa hari akhirnya sherly melahirkan dengan kondisi yang baik,dan olivianus pun mengizinkan pacar sherly untuk menjenguk bayinya dan berdamailah mereka, anaknya perempuan diberi nama Olivia dan akhirnya diangkat menjadi anak olivianus dan Elizabeth. Fransinia akhirnya menetap di SoE dan mengikuti jejak fritz, sedangkan olivianus dan suami sherly pergi ke Jakarta untuk menafkahi keluarganya.


Keterangan Buku
Judul                                                     : Perempuan-perempuan Tersayang
Penulis                                                  : Okke ‘Sepatumerah’
Editor                                                    : Bernard Batubara
Penyelaras aksara                                 : Ayuning
Penata letak                                          : Putra Julianto
Desainer sampul                                   : Matahari Indonesia & Amanta Nathania
Penerbit                                                : GagasMedia
Terbit                                                    : 2015
Tebal                                                     : 276 hlm.
ISBN                                                     : 979-780-812-2


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews