Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Hari Dihisabnya BEM Fakultas Hukum


UGJ,setaranews.id-  Mendengar kata hisab, mungkin akan terdengar sangat sakral dan ketika dikaitkan dengan good goverment theory , hal tersebut sangatlah wajar bagi seorang pemimpin yang menjalankan organisasi. Asas akuntabilitas harus menjadi prinsip bagi seorang pemimpin, seperti yang dikatakan Mardiasmo, professor lulusan University of Birmingham bahwa “Akuntabilitas adalah bentuk kewajiban mempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya, melalui suatu media pertanggungjawaban yang dilaksanakan secara periodik.”

            Perlu diketahui bahwa hari hisab yang dimaksud adalah hari transparansi mengenai program kerja hingga transpransi laporan keuangan dihadapan seluruh mahasiswa fakultas hukum UGJ khususnya. Pertanggung jawaban ini harus dipaparkan secara detail, baik program kerja yang sudah terlaksana ataupun yang tidak terlaksana beserta alasannya, juga apakah sudah mengaplikasikan visi misi dan janji janjinya ketika kampanye.

            Apa resiko jika BEM FH tidak dihisab? Bagaimanapun anggaran yang dialokasikan kepada BEM FH adalah uang mahasiswa, sudah sepatutnya seluruh mahasiswa mengetahui digunakan untuk apa saja anggaran yang sudah diamanahkan tersebut. Ketika hari hisab ini ditiadakan, maka akan ada potensi-potensi kecurangan. 

            Maka pertanggung jawaban ini harus disampaikan secara terbuka dihadapan mahasiswa Fakultas Hukum, sebagai tindakan preventif terjadinya kecurangan yang dimaksud. Oleh karenanya jika hari hisab ini tidak terselenggara maka telah terjadi kecacatan didalam lingkungan demokrasi organisasi kemahasiswaan.

            Sebagai stake holder , sudah seharusnya kita menjadi sesorang yang dapat mempengaruhi proses demokrasi khususnya di fakultas hukum untuk tetap berada pada proses demokrasi yang baik  bagi seluruh mahasiswa fakultas hukum UGJ bukan baik bagi satu golongan atau kepentingan satu golongan.  

oleh : Jairus Usup W ( Edo )

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews