Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Fisip UGJ Adakan Seminar Nasional Tentang Komik dan Robot Jurnalistik



Cirebon,Setaranews.com. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik telah menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk "Perkembangan Teknologi Kecerdasan Buatan Robotik dan Komik Jurnalistik" Di auditorium kampus utama Universitas Swadaya Gunung Jati pada 30 April 2019.

Acara yang dimulai pada pukul 08:00 WIB itu menghadirkan pemateri yang pakem dibidangnya, sebut saja Kun Budiharta sebagai MLNLP engineer beritagar.id dan Tito Sigilipoe komikus beritagar.id.

Seminar yang dimoderatori oleh Abdul Jalil Hermawan sebagai akademisi dari Fisip UGJ itu menjelaskan terkait kinerja robot jurnalistik dan memperkenalkan produk jurnalistik terbaru yaitu komik jurnalistik, dimana pada kesempatan yang sama beritagar.id adalah satu-satunya media darig yang menggunakan robot jurnalistik dalam kegitan peliputannya " Robot jurnalisme merupakan salah satu jenis program artificial intelligence (kecerdasan buatan) yang berkembang hampir selama sepuluh tahun" kata Kun Budiharta dalam seminar.

Lain hal soal komik, komik jurnlistik atau jurnalisme grafis adalah salah satu format jurnalisme yang memuat berita atau peristiwa non fiksi menggunkan komik. Adapun pionir komik jurnalistik adalah Joe Sacco seorang jurnalis reportase yang memilih untuk menyebarkan informasinya menggunakan komik. "Media komik bisa menggambarkan keadaan masalalu lewat visualisasi" ujar Tito Sigilipoe komikus beritagar.id.

Dan hampir seluruh industri media sekarang telah menggunakan komik dan robot jurnlistik sebagai salahsatu metamorfosa dari generasi 3.0 menuju 4.0. 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews