Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

7 Tips Lancar Lakukan Presentasi

Minggu, 13 Januari 2019

/ by Lembaga Pers Mahasiswa Setara
Ilustrasi orang yang sedang melakukan presentasi. Foto: www.merdeka.com

Tips dan Trik, Setaranews.com
- Kita pasti sering melakukan presentasi. Tetapi terkadang kita sering merasa tidak puas dengan hasil dari presentasi yang kita lakukan. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab menjadikan presentasi kita tidak berjalan dengan baik, salah satunya adalah sifat tidak percaya diri saat memaparkan materi dan saat menjawab pertanyaan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips agar presentasi bisa berjalan dengan lancar:

1. Menyiapkan materi yang akan disampaikan saat presentasi

Siapkan materi yang akan disampaikan untuk presentasi. Usahakan materi seringkas mungkin agar tidak perlu waktu yang lama untuk menyampaikan materi saat presentasi.

2. Memahami dan menguasai materi presentasi.

Dengan memahami dan menguasai materi presentasi kamu bisa lebih yakin untuk menyampaikan materi dan kamu juga bisa menambah rasa percaya dirimu saat presentasi. Dengan memahami dan menguasai materi presentasi juga kamu bisa meminimalisir kebingungan saat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh audience.

3. Perhatikan intonasi bicara saat presentasi.

Terkadang saking gugupnya, saat presentasi suara yang kita keluarkan terlalu cepat hingga membuat materi yang kita sampaikan tidak terdengar jelas ditelinga audience. Untuk itu, kita perlu menggunakan intonasi yang pas saat presentasi dan bicaralah dengan lancar agar audience dapat memahami materi yang kita sampaikan.

4. Jangan berbelit-belit.

Ketika menyampaikan materi dan menjawab pertanyaan hendaknya kita menggunakan bahasa formal dan menyampaikannya dengan tidak berbelit-belit agar mudah untuk dimengerti.

5. Perhatikan pakaian yang digunakan.

Saat melakukan presentasi hendaknya kita memakai pakaian yang rapih dan nyaman agar tidak menghambat ruang gerak tubuh kita saat presentasi.

6. Perhatikan bahasa tubuh saat menyampaikan materi.

Saat menyampaikan materi, hendaknya kita melakukan bahasa tubuh namun tidak berlebihan.

7. Melakukan eye contact.

Saat presentasi hendaknya kita melakukan kontak mata dengan audience untuk menambah rasa percaya diri saat presentasi.

Reporter:    Nabila Devia Fitriani (Anggota Magang)

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews