Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Mengenal Gejala Kista Sejak Dini

Rabu, 17 Januari 2018

/ by BW
Bagi perempuan penyakit pada organ intim sangatlah rawan seperti halnya resiko terkena Kista rahim. Kista pada umumnya adalah benjolan pada rahim yang berbentuk gumpalan cairan. Jika sebelum ada penanganan kemudian pecah di dalam rahim maka akan sangat berakibat sangat fatal. Saat ini penyakit Kista dapat meyerang perempuan di berbagai kalangan usia dari mulai remaja,dewasa yang telah menikah hingga pada usia menopouse. Ada baiknya jika mengenal tanda atau gejala kista sejak dini. Berikut adalah gejala yang dirasakan pada penyakit kista :

  1. Menstruasi tidak teratur


Pada umumya wanita pernah mengalami menstruasi tidak teratur namun jika diperhatikan hal ini terlalu lama dialami maka perlu diperiksakan ke klinik kandungan. Tidak ada salahnya jika anda memberanikan diri untuk memeriksakannya ke poli kandungan untuk lebih jelas. Mengingat bahwa banyak faktor yang memungkinkan hal itu terjadi pada diri kita mengingat jika pola hidup kita sendiri kurang sehat.

  1. Sakit pada perut bagian bawah


Mengingat bahwa letak rahim berada pada bawah perut baik itu bagian tengah, kanan atau kiri. Perlu anda curigai pada umumnya rasanya akan sangat nyeri dan amat sakit baik saat datang bulan ataupun sedang tidak datang bulan pada aktivitas sehari-hari. Hal ini jika dibiarkan akan menghambat aktivitas keseharian anda karena harus menahan rasa sakit.

  1. Mual dan pusing tanpa sebab


Setelah mengelamai beberapa gejala yang dijelaskan diatas maka akan lebih terasa dengan mual seperti ingin muntah secara tiba-tiba padahal anda sebelumnya merasa sehat dan baik-baik saja. Pusing berlebih pula, hal ini karena aktivitas anda yang berlebih hingga menguras tenaga membuat kista yang bersemayam dalam tubuh anda bergerak dan banyak mengalami tekanan pada aktivitas.

  1. Merasa selalu ingin buang air kecil


Hal ini dikarenkan kandung kemih atau saluran kencing mendapatkan tekanan dari benjolan kista yang berada pada rahim. Sehingga menyebabkan ingin buang air kecil terus menerus terutama pada saat bangun tidur.

  1. Adanya pendarahan disekitar vagina


Awalnya mungkin  anda akan menyangka bahwa darah yang keluar adalah darah haid. Namun muncul pada sekali waktu dan darah tersebut berwarna merah lebih tua ataupun darah merah kecoklatan. Gejala ini sudah menjadi hal biasa bagi penyakit kista.

  1. Nyeri pada pinggul yang tidak biasanya


Nyeri pada pinggul atau pinggang biasanya datang pada saat haid. Namun pada penderita kista bisa dirasakan lebih sakit dari biasanya. Bahkan bisa muncul pada aktivitas sehari-hari bukan hanya pada saat haid saja.

  1. Perut buncit tetapi berat badan turun


Gejala perut bucit ini tidak seperti biasanya. Perut membesar dikarenakan ada benjolan yang berkembang di dalam rahim. Maka tidak berpengaruh pada kebaikan berat badan justru berat badan semakin turun dikarenakan hilangnya nafsu makan yang mengurangi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Jika pada penderita kista diatas 4 cm maka biasanya akan merasakan adanya pergerakan di dalam perut.

Dari ulasan ciri-ciri gejala diatas dapat anda ketahui dan menjadi perhatian penting bahwa mengenal lebih dini lebih baik daripada harus mengobati. Beberapa cara untuk menanggulanginya adalah perbaiki gaya hidup sehat, perbanyak makan buah dan sayur, olahraga dan kurangi pikiran stres. Semoga tulisan ini dapat membantu anda. (Nur Widowati/reporter)

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews