Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Berikut Cara Agar Tidak Mudah Sakit Saat Musim Hujan

Kamis, 21 Desember 2017

/ by BW
Tips dan Trik, Setaranews.com - Akhir tahun hingga menjelang bulan baru ditahun baru iklim di Indonesia biasanya terasa dingin, hujan yang terus menerus mengguyur dari pagi hingga malam terkadang menjadi rutinitas yang mau tidak mau harus kita hadapi. Pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan ini biasanya membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Hal ini disebabkan karena tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda daripada sebelumnya.

Jika tidak segera mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius maka kemungkinan tubuh terkena penyakit akan lebih besar. Sehingga tak heran jika ruang tunggu dokter akan lebih penuh saat musim ini. Penyakit yang menjangkit dimusim penghujan ini bukan hanya rentan menyerang orang dewasa, anak-anak juga justru lebih beresiko. Berikut beberapa tips agar tidak mudah sakit saat musim hujan seperti yang dikutip dari Konsultasi Syariah Blogspot.

1. Saat Kehujanan, segera mandi dan keramas

Sebisa mungkin saat kita kena air hujan dan segera dibersihkannya dengan mandi dan keramas. Karena partikel polusi ada di udara hujan dan kita tidak bisa menjamin kebersihannya. Air hujan juga membuat tubuh kedinginan. Mandi air hangat bisa menjadi solusi.

2. Usahakan tubuh selalu hangat

Misalnya dengan memakai jaket atau sweater. Minum minuman atau makanan yang hangata. Karena suhu dingin saat musim hujan bisa turun daya rahan tubuh jika terpapar terlalu sering.

3. Tidur yang cukup dan jangan begadang

Bagi orang dewasa minimal tidur 6-8 jam sehari. Usahakan saat bagadang, balas dengan tidur siang. Jangan sampai tidur nanti kehujanan atau mandi air hujan. Tidur adalah fase di mana tubuh memperbaiki daya tahan tubuh dan meningkatkannya selama turun.

4. Tetap rutin berolahraga

Musim hujan jangan menjadi alasan tidak berolahraga. Selama musim hujan tetap rutin berolahraga. Banyak olahraga indoor yang bisa dijadikan piliha. Misalnya gym, futsal, bulutangkis dan lain-lain. Tidak bisa ditawar akibat udara dingin selama musim hujan

5. Banyak minum air putih

Air putih merupakan sarana detokfisiksi yang baik. Air bisa membantu membebaskan racun-racun dalam tubuh. Minum air minimal 8 gelas sehari dan usahakan bawa tempat minuman di mana saja anda berpergian. Bisa saja kapan saja dan tidak bisa terjadi gejala awal dehidrasi.

6. Jaga Makanan anda

Musim hujan buat bakteri dan kuman mudah menyebar dan penyakit infeksi menular menjadi lebih banyak kejadiannya. Anda perlu menjaga makanan anda dan melihat sumber makanan anda. Misalnya makanan di pinggir jalan. Perhatikan kebersihannya, jika layak dan cukup bersih anda bisa memilihnya jika meragukan keluar cari yang lain.

7. Jaga kebersihan rumah anda

Kesehatan rumah anda, gangguan genangan udara dan saluran airnya. Musim hujam terjaga menjadi penyakit sarang. Jaga kebersihannya agar anggota keluarga bisa terjaga dair kuman dan virus yang bisa menyerang kapan saja di musim hujan.

8. Konsumsi Vitamin

Saat pergantian musim dari musim kemarau menuju musim penghujan tubuh biasanya akan tidak secara langsung menyesuaikan kondisinya, melainkan melalui sebuah proses terlebih dahulu. Proses inilah yang biasanya mempengaruhi system imun atau kekebalan tubuh manusia menjadi lebih lemah. Saat sistem kekebalan tubuh menurun, maka penyakit akan lebih rentan menyerang. Untuk itulah konsumsi vitamin amat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan system imun. Oleh sebab itu, konsumsi vitamin terutama vitamin C amat dianjurkan. Kandungan vitamin C ini bisa juga anda peroleh secara alami dari kandungan buah-buahan seperti buah jeruk, buah strawberry dan masih banyak lagi. Mengkonsumsi vitamin C secara rutin akan memastikan kebutuhan vitamin C dalam tubuh terpenuhi, yang pada akhirnya akan membantu anda meningkatkan fungsi sistem imun dalam tubuh. (Nanang Abdul F./Anggota Magang)

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews