Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

7 Tips Memanage waktu Kuliah dan Organisasi

Selasa, 19 Desember 2017

/ by BW
Tips dan Trik, Setaranews.com - Jika kamu seorang mahasiswa jangan sampai kamu menjadi mahasiswa yang hanya menjadi mahasiswa kupu – kupu (kuliah pulang kuliah pulang). Aktiflah di berbagai organisasi yang kamu sukai. Tidak akan rugi ketika kamu mengikuti kegiatan selain kegiatan kuliah. Karena dengan berorganisasi, kamu bakal terbiasa bekerjasama dengan orang lain (work as a team), memiliki jiwa kepemimpinan (work as a leader), terbiasa bekerja dengan manajemen (work with management). Di dalam kehidupanmu setelah kuliah, skill tersebut sangat dibutuhkan ketika memasuki dunia yang sebenarnya. Tetapi kadang seorang mahasiswa aktivis organisasi menemui kendala dalam membagi waktu antara kuliah dan organisasi. Berikut tips-tips membagi waktu kuliah dan organisasi:

1. Kenali Dirimu

Pertama yang harus kalian lakukan adalah, kenali dirimu dengan baik. Kenali cara kerja kalian, dan dalam kondisi yang bagaimana kalian dapat bekerja secara efektif. Cara ini menurut penulis penting banget. Simak ilustrasinya dibawah ini:
A orangnya harus di cicil kalo nugas, karena tidak bisa begadang sampai malem, jadi waktu efektif A buat nugas itu pagi-sore, biasanya A sering kebut nugas di weekend pagi. Terus A bukan termasuk orang yang perfectionist, jadi kalo nugas bisa cepet yang penting hasilnya rapih dan sesuai, gak harus perfect dan muluk-muluk yang penting pas ngerjain do the best aja dan yakin sama karya kamu! Jadi A udah tahu butuh berapa lama untuk ngerjain tugas-tugasnya.

2. Kenali Aktivitasmu

Nah, setelah kamu tahu gimana cara kamu bekerja dan kapan aja kamu bisa bekerja efektif, kamu harus tau apa aja aktivitas yang akan kamu lakukan, minimal kamu udah punya list kegiatanmu dalam seminggu. Bagi aktivitasmu berdasarkan prioritas, kamu harus bisa nentuin mana yang paling penting dan paling urgent, mana yang penting aja tapi gak terlalu urgent, dll.

3. Aturlah Waktumu

Biasakan memanage perencanaan waktu. Buatlah jadwal kuliah dan kegiatan organisasi dalam satu timeline yang detail – baik hari, jam, dan tempatnya. Artinya buatlah schedule di Notes sebagai agenda dan acuan kamu.

4. Komunikasi

Biasakan bersikap dan berkomunikasi asertif.
Contoh: besok, kamu menghadapi ujian semester. Akan tetapi, kamu juga memiliki agenda rapat organisasi nampakny mendesak. Dalam situasi ini, kamu harus berani mengatakan tidak, tetapi tetap dalam koridor kesantunan. Ujian semester adalah Prioritas I, rapat bisa diganti waktu lain, namun ujian semester tidak bisa.

5. Jangan menunda pekerjaan

Kebiasaan yang satu ini pasti hobi banget nih, nah ini adalah salah satu juga kendala penghambat kegiatan kuliah ataupun kegiatan organisasi yaitu “menunda pekerjaan”. Kebiasaan yang menyenangkan bagi kamu, membuat kamu menunda-nunda pekerjaan yang seharusnya kamu lakukan sekarang juga. Apalagi jika sudah mendekati kata “deadline”. Jangan pernah salahkan siapapun jika tugas-tugas yang kamu kerjakan menjadi terbengkalai atau lupa. Kebiasaaan mahasiswa banget memang, suka mengerjakan tugas pada saat menjelang deadline. Atau melakukan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam) Ini merupakan suatu kebiasaan yang buruk bagi kamu. Efeknya mungkin tidak akan tersasa pada saat ini, melainkan pada masa depan yang akan datang. Jika kamu sudah terjun ke dalam suatu komunitas masyarakat atau suatu organisasi masyarakat, lalu kamu diberi tugas untuk menjalankan suatu pekerjaan jangan pernah menunda pekerjaan tersebut, karena kelak kamu akan menjadi publicfigure yang akan dinilai banyak orang. Segala pekerjaan kamu akan menjadi contoh bagi lingkungan sekitarnya dan dari situlah mereka akan melihat kamu itu pribadi yang seperti apa.

6. Totalitas diri

Dalam kegiatan kuliah maupun kegiatan suatu organisasi, kamu harus memiliki totalitas diri yang baik. Jika kamu di organisasi, pada saat itu juga totalitaskan diri kamu di kegiatan organisasi. Begitu juga dengan kuliah. Pandai-pandailah memposisikan totalitas diri kamu pada suatu organisasi. Jika kamu berada di organisai tersebut, totalitaskan diri kamu pada kegiatan tersebut. Sebaliknya, saat kuliah totalitas dan fokuskan diri kamu pada mata kuliah yang kamu pelajari tidak pada satu mata kuliah saja tapi semua mata kuliah.

7. Kesehatan

Kesehatan tubuh juga sangat penting, karena kalau kita tidak bisa menjaga kesehatan tubuh kita bagaimana kita mau menjalani kegiatan sehari-hari yang padat tentunya. Apalagi masa-masa kuliah, masa yang sibuk-sibuknya, waktu liburpun atau kosong tidak tentu. Saking asiknya main dengan teman-teman kamu jadi lupa dengan kesehatan diri sendiri. Hal tersebut tidak boleh sampai terjadi karena kesehatan itu tetap nomor 1. Bagaimana kita mau ikut banyak kegiatan organisasi kalau kesehatan tubuh kita gampang down. Pasti kita jadi tidak bisa banyak mengikuti kegiatan-kegiatan organisasi atau kegiatan lainnya. Jadi sayangilah tubuhmu jangan pernah menyepelekan sakit, jika kalian sedang sakit beristirahatlah jangan memaksakan tubuh kalian untuk melakukan kegiatan yang membuat tambah sakit. (Shara Maharani/Anggota Magang)

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews