Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Manfaat Mengonsumsi Kacang Hijau bagi Kesehatan Tubuh

Selasa, 28 November 2017

/ by BW
Kesehatan, Setaranews.com – Kacang hijau merupakan salah satu tanaman kacang penting di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Dulunya bangsa China menggunakan kacang hijau untuk obat-obatan, seperti menurunkan panas dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Di Indonesia, tanaman ini menempati urutan ketiga setelah kedelai dan kacang tanah, baik mengenai luas areal penanaman dan produksinya maupun peranannya sebagai bahan makanan.

Tanaman ini merupakan tanaman semusim berumur pendek, lebih kurang 65 hari biji kacang hijau mempunyai kandungan protein sebanyak 24,4%, lemak 1%, dan karbohidrat 64,6%. Selain itu menurut (Marzuki dan Soeprapto, 2007), tanaman ini mengandung vitamin B1, vitamin A dan C. Biji kacang hijau sebagian besar dikonsumsi untuk bahan makanan seperti tauge, sup, bubur, tepung, minuman dan tahu. Berikut sederet manfaat mengonsumsi kacang hijau:

1. Mengurangi risiko kanker

Kacang hijau termasuk jenis kacang yang memiliki senyawa untuk memerangi infeksi virus. Zat ini berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker tertentu, termasuk sel yang memicu kanker payudara. Zat di dalam kacang hijau juga bermanfaat untuk mencegah terbentuknya sel tumor.

2. Mengobati anemia (kurang darah)

Kacang hijau kaya akan kandungan zat besi, yang sangat bermanfaat untuk para penderita kurang darah. Diantara jenis kacang-kacangan lainnya, kandungan zat besi pada kacang hijau paling tinggi.

3. Menurunkan berat badan

Kacang hijau disarankan dikonsumsi bagi orang yang ingin diet. Hal itu karena kandungan serat tinggi dan rendah lemak di dalam kacang hijau, sehingga kacang hijau dapat diandalkan untuk menurunkan berat badan. Selain itu tetap jangan lupa melakukan aktivitas olahraga secara teratur.

4. Menurunkan kolesterol

Kacang hijau baik dikonsumsi oleh mereka yang ber-kolesterol tinggi. Dimana makan kacang hijau secara teratur mampu menurunkan kadar kolesterol. Dengan kandungan kalori yang rendah dan memiliki kandungan lemak tak jenuh, sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kadar kolesterol agar dalam batas normal.

5. Mengatasi diabetes

Kacang hijau memiliki indeks glikemik yang rendah, artinya bahwa kacang hijau sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal itu karena makanan yang memiliki kadar glikemik rendah mampu membuat kadar gula menurun (menjadi normal).

6. Mengurangi keluhan pasca menopause

Kacang hijau memiliki senyawa isoflavon, yang merupakan kelompok phytoestrogen, hal ini membuat kacang hijau memiliki sifat estrogenik alamiah. Konsumsi 90 mg phytoestrogen sehari bermanfaat untuk membantu perempuan yang sedang mengalami transisi menopause, guna mencegah osteoporosis, zat ini bekerja untuk merangsang pembentukan tulang.

7. Menjaga kesehatan jantung

Jantung adalah organ yang sangat vital. Untuk itu, sangat penting melakukan aktivitas olahraga untuk menjaga kesehatan jantung, selain itu yang juga sangat penting adalah mengonsumsi makanan yang baik untuk organ jantung salah satunya dengan kacang hijau. Kandungan serat yang terkandung di dalamnya berfungsi menyerap lemak, hal ini untuk mencegah timbulnya flak di dalam pembuluh darah. Dimana terbentuknya flak di pembuluh darah akan memicu resiko tinggi penyakit jantung dan stroke. (Sindi Lidiaulfah/Anggota Magang)

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews