Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Mahasiswa Gelar Aksi Refleksi Peringatan Hari Tani Nasional

Selasa, 26 September 2017

/ by BW
Unswagati, Setaranews.com - Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Swadaya Gunumg Jati (Unswagati) Cirebon menggelar Aksi Refleksi Peringatan Hari Tani Nasional yang jatuh pada 24 September namun digelar esok harinya pada Senin (25/09) di Depan Kampus Utama Unswagati Cirebon. Aksi tersebut ditujukan agar masyarakat mengetahui akan adanya peringatan hari tani, seperti yang dikatakan oleh Mohammad Fauzi Gholin, selaku Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian (BEM-FP).

"Sebagai seruan buat masyarakat kita bahwasannya tanggal 24 September itu adalah hari yang bersejarah khususnya bagi kaum petani. Dimana kita (Fakultas Pertanian) merasa miris dengan problematika Tanah Indonesia, di mana permasalahan muncul melalui gencarnya pembangunan di Negara kita, khususnya yang berdomisili di Cirebon.Karena pembangunan tersebut lahan yang harusnya digolang oleh petani, akhirnya harus rela dipangkas dan berkurang, serta merampas hak-hak para petani yang kemudian ditambah lagi dengan permasalahan konflik agraria yang terjadi di Daerah Ciayumajakuning," katanya saat ditemui setaranews.com pasca aksi tani berlangsung.

Dalam aksinya, Massa Aksi juga meluapkan berbagai Orasi tentang pertanian, menampilkan Musikalisasi puisi dan Teaterikal serta disusul dengan diskusi. Hal tersebut dilakukan sebagai simbol perlawanan kaum petani terhadap permasalahan yang terjadi di Indonesia,"Dengan ini kita akan mengimplementasikan sebuah perlawanan melalui kegiatan-kegiatan pada peringatan Hari Tani Nasional," ungkap mahasiswa jurusan Agroteknologi tersebut.

Lebih lanjut, Mahasiswa yang kerap disapa  Gholin tersebut menambahkan, menurutrnya Hari Tani merupakan hari yang sakral dan bersejarah, "Bagi kami, hari ini (Hari Tani Nasional) adalah hari yang sangat penting di mana seluruh mahasiswa pertanian harus merefleksikannya dengan aksi turun ke jalan ataupun kegiatan perlawanan lainnya. Tanpa itu semua ibarat sayur tanpa garam, maka kami tegaskan bahwa setiap tanggal 24 September pasti melakukan aksi sosialisasi dan implementasi jangka panjang," tegasnya.

Aksi Hari Tani Nasional juga kerap diikuti oleh sebagian mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Teknik Unswagati Cirebon.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews