Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Gending Paksi Naga Liman dalam Pembukaan FKN XI

Sabtu, 16 September 2017

/ by BW
Cirebon, Setaranews.com – Festival Keraton Nusantara (FKN) XI yang telah resmi dibuka pada Sabtu 16 September 2017 bertempat di Alun-Alun Keraton Kasepuhan oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heriyawan.

Dalam acara pembukaan tersebut, diisi dengan Pagelaran Seni Kolosal yang bertajuk “Gending Paksi Naga Liman” yang dibawakan oleh Yayasan Cahya Widi.

Pagelaran Seni Kolosal itu menampilkan Kereta Paksi Naga Liman yang merupakan kendaraan dari Keraton Kanoman Cirebon. Dahulu, kereta ini digunakan Raja Keraton Kanoman untuk mengahadiri upacara kebesaran.

Penampilan Seni Kolosal yang bertajuk “Gending Paksi Naga Liman” memperlihatkan tarian-tarian dan juga musik-musik diiringi dengan penjelasan-penjelasan sejarah mengenai Paksi Naga Liman itu sendiri.

Paksi Naga Liman sendiri adalah simbol Cirebon sebagai tempat terjadinya asimilasi dan pluralisasi dari tiga kebudayaan. Paksi (burung) simbol dari Timur Tengah dan unsur Islam. Naga perwujudan dari penguasaan caruban yang dinamakan Man dan simbolisasi atas negeri Tiongkok dan unsur Hindu Budha. Liman (Gajah) simbol Ganesha putra dari Dewa Siwa dari India yang juga mempunyai unsur Hindu.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews