Responsive Ad Slot

Kabar Gembira, Awal Juli ITB Kampus Cirebon Membuka Penerimaan Mahasiswa Baru TA 2016/2017

Tidak ada komentar

Jumat, 01 Juli 2016

Cirebon, Setaranews.com - Kabar gembira untuk kalian putra putri daerah asli Cirebon yang ingin atau memiliki cita-cita bisa melanjutkan jenjang pendidikan di salah satu perguruan tinggi negri (PTN) favorit, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB). Tahun ajaran 2016/2017 ITB Kampus Cirebon membuka dan menerima Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Kampus Cirebon, yang akan dimulai sejak awal Juli tahun 2016 ini.
Berdirinya ITB Kmpus Cirebon untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada, dan tentunya yang akan selaras dengan peningkatan sumber-sumber ekonomi. Selain itu, infomrasi menarik lainnya bahwa penerimaan mahasiswa baru ini lebih mengutamakan kepada putra-putri asli daerah Cirebon dan sekitarnya yaitu seperti Indramayu, Kuningan dan Majalengka, yang tidak lolos pada saat SBMPTN 23016.



Seperti yang dilansir langsung dari laman resmi ITB. www.itb.ac.id bahwa Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan status sebagai perguruan tinggi negeri badan hukum (PTN-BH) sejak tahun 2014, telah menetapkan diri sebagai perguruan tinggi berwawasan wirausaha (entrepreneurial university). Salah satu inti kegiatan perguruan tinggi berwawasan wirausaha (entrepreneurial university) adalah pada kapitalisasi pengetahuan dalam rangka memperbesar peran dan kontribusi institusi dalam masyarakat.



Hal tersebut memerlukan ketersediaan dan kesiapan sumber daya manusia yang berkualitas secara berkelanjutan. Untuk menunjang visi perguruan tinggi berwawasan wirausaha (entrepreneurial university), mulai tahun 2015, ITB bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat berdasarkan mandat dari Kemristekdikti, menyelenggarakan pendidikan sarjana di Kabupaten Cirebon. Keberadaan ITB Kampus Cirebon merupakan bagian yang terikat dan menyatu dengan ITB Kampus Ganesa Bandung, sehingga seluruh administrasi akademik penyelenggaraan studi sifatnya setara, paralel, dan tidak dibedakan.


Pada tahun 2016, ITB Kampus Cirebon membuka tiga program studi kelas reguler, yaitu:



Teknik Industri yang berada di bawah Fakultas Teknologi Industri (FTI)

Perencanaan Wilayah dan Kota yang berada di bawah Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)

Kriya yang berada di bawah Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)

Sebagai kelanjutan kerjasama institusional antara ITB dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang berdasarkan mandat dari Kemristekdikti, ITB membuka Penerimaan Mahasiswa Baru ITB Kampus Cirebon pasca seleksi SBMPTN 2016, dengan ketentuan sebagai berikut :


 Jadwal Pelaksanaan PMB ITB Kampus Cirebon


Promosi dan Penyampaian Informasi : 28 Juni – 4 Juli 2016

Pendaftaran Peserta : 4 – 13 Juli 2016 di tautan ini

Seleksi berdasarkan data SBMPTN 2016 : 14 – 18 Juli 2016

Pengumuman Kelulusan : 20 Juli 2016


Persyaratan Pendaftaran


Peserta PMB ITB Kampus Cirebon adalah peserta SBMPTN 2016 yang dinyatakanTIDAK DITERIMA sebagai calon mahasiswa baru di PTN yang tergabung dalam

SBMPTN 2016, dengan ketentuan sebagai berikut:



Pemilih program studi Teknik Industri serta program studi Perencanaan Wilayah dan Kota harus mengikuti ujian kelompok SAINTEK atau CAMPURANpada pelaksanaan SBMPTN 2016

Pemilih program studi Kriya harus mengikuti ujian kelompok SOSHUM atau CAMPURAN dan mengikuti Ujian Keterampilan Seni Rupa pada pelaksanaan SBMPTN 2016

Khusus bagi pendaftar program studi Kriya, peserta harus  dinyatakan tidak menderita buta warna (baik buta warna total maupun buta warna parsial), dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata. Surat Keterangan Bebas Buta Warna tersebut harus diserahkan pada saat Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB di bulan Agustus 2016, bila calon yang bersangkutan dinyatakan lulus di ITB.



Seluruh proses Penerimaan Mahasiswa Baru ITB Kampus Cirebon ini bersifat bebas biaya/gratis. ITB tidak memungut biaya pelaksanaan seleksi dalam bentuk apa pun.

Calon peserta yang berminat dapat melaksanakan pendaftaran secara online di tautan berikut, dengan mengunggah Kartu Peserta SBMPTN 2016.



PENDAFTARAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU ITB 2016 KAMPUS CIREBON




Ketentuan Pembiayaan



Biaya pendidikan yang harus dilunasi oleh calon mahasiswa yang diterima di ITB Kampus Cirebon adalah sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) per semester. Calon mahasiswa yang memerlukan subsidi UKT/memohon beasiswa Bidikmisi dapat mengajukan subsidi/permohonan beasiswa Bidikmisi pada saat pengisian data secara online di lamanhttp://pmb.akademik.itb.ac.id dengan menyertakan dokumen-dokumen seperti yang disyaratkan. ITB akan menentukan besaran subsidi bagi calon mahasiswa berdasarkan kondisi ekonomi calon mahasiswa yang bersangkutan. (Awank)

 

Kemensos Kukuhkan Dua Juta Tagana secara Nasional untuk Memberantas Narkoba

Tidak ada komentar

Rabu, 29 Juni 2016

stop-narkoba

Malang, setaranews.com – Kementrian Sosial (Kemensos) kukuhkan dua juta Taruna Tanggap Bencana (Tagana) untuk memberantas narkoba. Hal tersebut diberikan secara simbiolis kepada dua orang Duta Tagana di sela acara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) bertema ‘Ramadhan Tolak Narkoba’ yang bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin malam lalu (26/06).

Khofifah Indar Parawansa selaku Menteri Sosial memaparkan, “Kalau tidak kita kendalikan dan perangi dengan cara memberantasnya hingga tuntas, narkoba ini bisa menjadi bencana kemanusiaan paling besar di negeri ini,”

Lebih lanjut, menurutnya, Tagana harus mampu memberikan motivasi kepada para pecandu narkoba untuk bisa terlepas dari pemakaian obat-obatan terlarang.

Sementara itu, BNN lewat keterangan tertulis mengungkap 1.015 kasus narkotika dari 72 sindikat selama tahun 2015 sampai Juni 2016, dan telah melibatkan lebih dari 1.681 tersangka yang terdiri dari Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA).

Alat bukti yang disita BNN dalam satu setengah tahun terakhir antara lain 2,8 ton sabu, 707.864 butir pil ekstasi, 4,1 ton ganja kering, dan lahan ganja seluas 69 hektare. Lalu, dalam upaya untuk melakukan penyembuhan, BNN lewat lembaga rehabilitasi pemerintah dan masyarakat telah merehabilitasi 42.429 pecandu narkoba selama tahun 2015 sampai Juni 2016.

Perkuat Ukhuwah Islamiyah, BEM-FT Adakan Bukber

Tidak ada komentar

Selasa, 28 Juni 2016

Unswagati, Setaranews.com - Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik  (BEM-FT) Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) adakan acara buka bersama dengan tema “Menyatukan Solidaritas dan Meningkatkan Ukhuwah Islamiyah” pada senin (27/06) di aula kampus satu Unswagati. Dimana dalam acara buka bersama, BEM-FT mengundang dekan dan dosen Fakultas Teknik, staf Tata Usaha (TU) Fakultas Teknik,Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Teknik, seluruh mahasiswa Fakultas Teknik dan anak yatim piatu dari yayasan Abdi Asih.
Hafizul Zahabi selaku ketua pelaksana acara menjelaskan bahwasanya kegiatan ini merupakan salah satu program kerja BEM-FT.
“Buka bersama ini merupakan salah satu program kerja kami BEM-FT di bulan ramadhan, tujuanya untuk meningkatkan solidaritas kami." Ungkapnya saat ditemui setaranews.com.
Lebih lanjut Hafizul Zahabi juga menambahkan, Ukhuwah islamiyah di bulan ramadhan seperti ini harus terjalin dengan erat.
“Bukan hanya solidaritas yang kami tingkatkan melainkan Ukhuwah Islamiyah kita harus terjalin dengan erat, apalagi saat ini adalah bulan suci ramadhan, maka dari itu kami undang anak-anak yatim piyatu yayasan Abdi Asih dari jalan Wahidin Cirebon. Yah untuk menjalin dan meningkatkan Ukhuwah Islamiyah tadi tujuannya sih”. Tutupnya.

 

Reporter: Awank

Editor: Anisa

BEM FE Adakan Nobar Euro 2016 Dan Sahur Bersama

Tidak ada komentar
Unswagati, Setaranews.com - Piala Eropa 2016 yang digelar tepat pada bulan suci ramadhan ini dijadikan momentum oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakults Ekonomi (BEM FE) dengan menggelar acara "Nonton Bareng (NOBAR) Piala Eropa 2016 dan Sahur Bareng BEM FE". Acara sendiri bertempat di halaman parkir kampus utama Unswagati Cirebon.
Endri Santoso Ketua Pelaksan (Ketuplak) menjelaskan, acara ini merupakan inisiatif dari BEM FE. Setelah sebelumnya menggelar buka puasa bersama, akhirnya terpikirkan untuk menggelar kegiatan lanjutan.
"Mumpung lagi euphoria Euro, acara jadi digabungin nobar sekaligus sahur bareng yang bertempat di halaman kampus satu Unswagati," Ungkapnya saat dwawancarai setaranews.com, Selasa (28/06).
Lebih lanjut Endri menjelaskan kepada setaranews.com, tidak hanya nobar dan buka bersama namun juga ada permainan. Sambil menunggu waktu disela-sela nobar, panitia mengadakan games PS 3 dengan  membayar sejumlah Rp 11.500 per pemain yang ditukar dengan satu bungkus rokok. Permainan ini ditujukan untuk kalangan mahasiswa dan umum.
"Tournament-nya berupa pertandingan PS 3 dengan permainan sistem gugur, yang mana pemenangnya akan mendapatkan dorprise berupa uang tunai senilai 200 ribu", jelasnya.
Walaupun digelar sederhana dan apa adanya, acara yang dimulai dari pukul 23:00-04:00 WIB ini berjalan lancar dan ramai oleh sorak pengunjung yang menghadiri acara. Selain serangkaian kegiatan di atas, Nobar dan sahur bareng diiringi dengan musik live accoustic yang didukung langsung oleh Radio Indah Cirebon.

 

Reporter: Awank

Editor: Anisa

Situs Pejambon Cirebon Tak Terawat, Pemuda Inisiatif Melakukan Bebersih

Tidak ada komentar

Senin, 27 Juni 2016

Cirebon, setaranews.com - Pemuda-pemudi Cirebon peduli situs Pejambon kemarin (26/6) melakukan kegiatan bebersih situs yang beralamat di Jl. Ki gede Tapa, Cirebon.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa komunitas yang berbeda dimulai dari sabtu hingga hari ini. "Selain membersihkan arca-arca, juga membersihkan tempatnya sampai senin." Ujar Sinta, salah satu pemuda.

Kegiatan ini juga meliputi perbaikan bangunan mulai dari jendela sampai genteng dan penataan ruangan serta turut menampilkan performa pantonim, orasi budaya, musikalisasi puisi, musik, diskusi budaya dan buka bersama. Kegiatan ini murni dana kolektif dan sumbangan pribadi.

"Ada yang menyumbang cat, uang, tenaga, fikiran, dan waktu. Dateng dari berbagai komunitas yang berbeda serta dosen IAIN." Ucapnya sore kemarin.

Gagasan untuk membersihkan situs ini diawali oleh Sinta yang kemudian mengajak beberapa teman-temannya di Bandung, Yogyakarta dan Cirebon. Dorongan kuat tersebut muncul karena ia melihat kondisi bangunan yang tidak terawat, selain itu ia merasa peninggalan-peninggalan kakek-nenek-buyutnya memang harus berada di tempat yang layak.

Setelah kegiatan ini, wanita yang kini sedang menyelesaikan tugas akhir S3 berharap agar warga sekitar aware terhadap situs pejambon atau yang dikenal warga adalah situs watu semar. Dengan hastag sadar sejarah bermaksud agar masyarakat sadar akan sejarah.

"Harapannya warga aware dan masyarakat sadar sejarah" ucapnya.

Kemudian, setelah tempat ini tertata denga baik, situs ini dapat dikunjungi oleh umum. “Nantinya, akan dipasang papan nama serta nomor kpntak kuncen yang akan memegang kunci, jadi yang ingin berkunjungi bisa menghubungi kuncen.” Ujarnya.

Situs Pejambon merupakan peninggalan purbakala berupa arca-arca yang awalnya tercecer di salah satu pekarangan rumah warga dan adapula di pinggir sungai daerah pejambon. Pada 2013, ada 5 arca dari 27 figur arca yang merupakan peninggalan zaman kuno.

Alasan turut serta membantu bebersih juga diungkapkan oleh salah satu warga, menurutnya sebagai orang Cirebon harus peduli dan melestarikan peninggalan-peninggalan sejarah dari nenek moyang. Disamping itu, Cirebon memiliki banyak peninggalan sejarah yang masih bisa ditemukan, dilihat, dan disentuh.

“Salah satu peninggalan sejarah penting yang tidak disadari itu adalah sisa-sisa artefak sejarah yang masih ada di pejambon ini. Saya harap kepada semua masyarakat Cirebon baik pemerintah atau elemen masyarakat agar bisa menjaga dan melestarikannya.” Ucap Jalaludin. (de/rul)
Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews