Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Ternyata Menangis Punya Banyak Manfaat, Lho!

Kamis, 15 Desember 2016

/ by BW
Kesehatan, Setaranews.com – Menangis adalah sebuah reaksi yang wajar saat seseorang merasa sedih, ataupun bahagia. Air mata berasal dari kelenjar lakrimal yang ternyata dapat memberikan manfaat untuk kesehatan manusia. Berikut sejumlah manfaatnya dikutip dari Kompas.com dan Boldsky.com:

1. Meredakan Stres
Biasanya kondisi stres dapat membuat seseorang menangis, dan sebaiknya diluapkan saja, sebab hal tersebut selain dapat melegakan perasaan, sekaligus dapat melepaskan emosi negatif yang selama ini dirasakan.

2. Membuang Racun Tubuh
Tahukah Anda? Ternyata, saat stres, tubuh akan menghasilkan zat yang bersifat racun yang dapat meningkatkan hormon kortisol. Kortisol adalah hormon yang secara alami diproduksi di kelenjar adrenal. Nah, saat menangis, racun-racun di dalam tubuh ikut keluar lewat tetesan air mata.

3. Membunuh Bakteri
Sebenarnya, di dalam air mata terdapat kandungan apa sih? Ternyata, di dalam air mata mengandung enzim lisozim yang mana diketahui dapat membunuh bakteri secara alami.

4. Mencegah Mata Kering
Air mata berfungsi melumasi bola mata agar tetap lembab, artinya menangis dapat mencegah berbagai penyakit mata seperti mata kering, kemerahan, sampai iritasi. Tapi yang perlu diingat, bukan berarti harus menangis setiap hari.

5. Meningkatkan Suasana Hati
Sebagaimana yang Anda tahu, bahwa menangis dapat melegakan perasaan, bukan? Setelah menangis suasana hati menjadi lebih baik, sebab hormon endorfin meningkat. Artinya setelah menangis, Anda telah melepaskan emosi negatif dan mendapatkan emosi positif.

Jadi, jika Anda memang ingin menangis, tidak usah ditahan-tahan, bukan? Tapi yang perlu diingat, bukan berarti harus menangis setiap hari ya.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews