Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Istimewa! Inilah Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Rabu, 07 Desember 2016

/ by BW
Setaranews.com – Pernahkah Anda memakan daun pepaya yang identik dengan rasa pahit? Mungkin saja sebagian orang tidak menyukainya karena rasanya tersebut, mungkin juga sebagian orang menyukainya karena terdapat banyak khasiat yang terkandung di dalam daun yang berbentuk seperti jari manusia ini. Nah, bagi Anda yang belum tahu apa saja khasiat daun pepaya, mari simak penjelasannya.

1. Mencegah Kanker

Dilansir Meetdoctor.com, penyakit ini menjadi ancaman serius dan sangat menakutkan saat ini. Penderita kanker terus bertambah di dunia, termasuk di Indonesia. Data WHO menyebutkan setiap tahun penderita kanker bertambah 6,25 juta orang. Selanjutnya diperkirakan 9 juta orang akan meninggal karena kanker dalam kurun waktu 10 tahun mendatang.

Untuk menghindari bahaya kanker, mulailah menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi sayur-sayuran, terutama daun pepaya. Pasalnya, daun pepaya yang dibuat menjadi minuman teh, terbukti sangat efektif sebagai pencegah dan pengobatan kanker.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Februari 2010 dari Journal of Ethnopharmacology mengatakan bahwa teh daun pepaya dapat mengurangi peradangan dan dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh terhadap sel kanker, mengahambat pertumbuhan sel tumor, serta memodulasi efek anti tumor.

2. Mengobati Demam Berdarah

Untuk Anda yang menderita penyakit demam berdarah, campurkan 5 lembar daun pepaya dengan temulawak, gula merah dan meniran secukupnya. Rebus dan minum air rebusan daun tersebut secara teratur sampai demam berdarah sembuh.

3. Melancarkan Pencernaan

Susah buang air besar atau sembelit? Coba makanlah daun pepaya. Enzim papain yang terdapat dalam daun pepaya dapat membantu melancarkan pencernaan serta mengobati gangguan pencernaan. Tidak hanya itu, teh daun pepaya dapat mengurangi sakit perut yang menimbulkan ketidaknyamanan dan penambah nafsu makan.

4. Sebagai Antioksidan

Radikal bebas, seperti asap yang berasal dari knalpot kendaraan bermotor, debu, dan sebagainya adalah musuh dari kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Tapi tenang, Anda bisa menangkalnya dengan daun pepaya.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa daun pepaya dapat mengurangi hydrogen peroksida yang merupakan tanda kerusakan oksidatif. Pada penelitian Asian Pasific Journal of Tropical Biomedicine pada Juni 2012 mengatakan bahwa teh daun pepaya memiliki kandungan asam askorbat yang merupakan salah satu antioksidan. Antioksidan tersebut disinyalir dapat menangkal radikal bebas yang bisa mengakibatkan kerusakan pada tubuh seseorang.

5. Pengontrol Tekanan Darah

Memiliki tekanan darah yang cukup tinggi sagatlah menggangu kesehatan Anda baik dalam hal beraktifitas maupun tidak, berikut cara menggunakan daun pepaya sebagai obat penurun tekanan darah atau hipertensi. Caranya, ambil lima lembar daun pepaya, rebus dengan setengah liter air. Rebus terus hingga tinggal tiga perempatnya. Dinginkan sebelum diminum. Jika perlu, tambahkan gula merah atau madu agar terasa lebih manis.

Selain manfaat diatas, daun pepaya ternyata memiliki efek negatif dalam penggunaannya. Perlu diketahui, tidak semua orang dapat mengonsumsi daun pepaya karena dapat menimbulkan reaksi alergi. Oleh karenanya, hentikan penggunaan apabila muncul gejala-gejala alergi. (Hashbi)

*Tulisan ini diambil dari berbagai sumber

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews