Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Cara Sederhana Agar Ginjal Tetap Sehat

Selasa, 22 November 2016

/ by BW
Kesehatan, Setaranews.com - Kebanyakan orang tidak begitu memperhatikan kesehatan ginjalnya, padahal ginjal merupakan organ tubuh yang amat penting. Ginjal bertugas untuk membuang limbah dan cairan berlebih dalam tubuh, mengatur garam, kadar asam, hingga menjaga tekanan darah. Namun, seringkali kurang diperhatikan kesehatannya seperti gaya hidup kita yang terlalu banyak mengkonsumsi minuman berperisa dibandingkan dengan mengkonsumsi air putih. Umumnya penderita gagal ginjal tidak menyadari bahwa ginjalnya mengalami gangguan karena gejalanya yang sukar dipahami. Dari kasus yang sering terjadi, orang baru sadar menderita gangguan ginjal ketika tingkat kerusakan ginjal sudah mencapai 90%. Maka dari itu perlu kita ketahui cara untuk mencegah hal tersebut dengan cara-cara sederhana, seperti:

  1. Konsumsi Air Putih


Kebiasaan buruk dengan minum minuman bersoda atau kopi yang terlalu sering harus diimbangi dengan konsumsi air putih secara maksimal setiap hari  karena air putih  sangat membantu dalam proses penyaringan yang terjadi dalam ginjal

2. Kontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dan diabetes adalah dua penyebab utama terjadinya penyakit ginjal. Seperti kita ketahui ginjal merupakan organ vaskular yang berarti didalamnya terdapat banyak pembuluh darah.Bila ada penyakit terkait pembuluh darah yakni tekanan darah tinggi dan diabetes bisa merusak ginjal

3. Pemeriksaan Kondisi Ginjal

Pemeriksaan secara fisik perlu dilakukan .Ada baiknya jika anda memeriksakan ginjal anda secara jangka waktu tahunan dengan cara tes darah atau tes urine untuik mengetahui perkembangan kesehatan ginjal anda.

4. Menjaga Berat Badan

Sudah idealkah berat badan anda. Menjaga berat badan merupakan salah satu aspek penting menjaga ginjal  tetap sehat. Saat tubuh gemuk, ini artinya ginjal perlu bekerja lebih keras untuk menyaring racun. Sebaiknya biasakan pula pola hidup sehat dengan berolahraga.

5.Berhenti Merokok

Berhenti merokok memang sulit namun bisa anda coba secara perlahan untuk mengkonsumsinya. Sebab dengan merokok sama saja membuat tekanan darah tinggi dan mengurangi kinerja ginjal anda.

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews