Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Waspadai 7 penyebab alergi paling umum

Sabtu, 29 Oktober 2016

/ by BW
Kesehatan, Setaranews.com - Gejala alergi bukan hanya berupa sesak nafas dan gatal, tetapi  ada beberapa alergi yang bersifat ringan dan fatal bahkan dapat menyebabkan penderita meninggal dunia. Maka dari itu, kita perlu mewaspadai penyebab terjadinya alergi entah itu dari makanan, cuaca udara atau kontak kulit. Berikut ini beberapa penyebab alergi paling umum seperti dilansir Healthline, Jumat (28/10):

1. Alergi suhu udara /cuaca. Seperti halnya saat udara dingin atau musim penghujan untuk sebagian orang bisa terkena alergi seperti sesak nafas atau kulit gatal, hal ini disebabkan karena antibodi tidak bisa menahan suhu ekstrim tersebut.
2. Alergi binatang atau serangga. Hewan juga bisa menyebabkan alergi seperti halnya kucing dan anjing, untuk sebagian orang yang alergi terhadap bulu kucing cenderung akan bersin dan sesak nafas.

3. Dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam gatal kemerahan, yang muncul akibat kontak dengan zat tertentu. Ruam yang muncul akibat peradangan ini tidak menular atau berbahaya, tapi bisa menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya.

4. Alergi pada makanan. Merupakan alergi yang sangat umum, misal dengan alergi udang yang menyebabkan  ruam atau pembengkakan pada  sekitar bibir dan sakit pada perut. Dalam kasus terparah, alergi makanan bisa mengancam jiwa karena menyebabkan lidah dan tenggorokan membengkak.

5. Alergi pada obat, biasanya terjadi ruam pada kulit muka dan gatal.


6. Penyebab eksim, atau dermatitis atopik, tidak begitu dipahami. Tapi yang jelas, orang eksim cenderung memiliki alergi terhadap sesuatu.
7. Anafilaksis, adalah jenis alergi yang sangat  parah. Anafilaksis atau syok anafilaksis bisa berkembang cepat dan mengancam nyawa. Tidak seperti reaksi alergi lain, gejala-gejala anafilaksis antara lain:

- sesak di tenggorokan dan dada
- pembengkakan wajah, bibir, dan tenggorokan
- gatal-gatal atau ruam merah di seluruh area tubuh
- kesulitan bernapas atau mengi
- pucat ekstrem atau kemerahan di area  wajah

 

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews