Terbaru

latest

Berharap Menghasilkan Calon Entepreneur

Selasa, 29 Desember 2015

/ by BW
Unswagati, setaranews.com – Fakultas Ekonomi (FE) melalui Program Studi (Prodi) Akuntansi dengan mata kuliah Kewirausahaannya mengajarkan kepada mahasiswa agar tidak berfokus untuk menjadi pekerja ketika telah usai menempuh studi. Tapi, mata kuliah Kewirausahaan mengajarkan bagaimana menciptakan peluang usaha yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

Dikatakan oleh salah seorang peserta praktik kewirausahaan, Dewi Utami,  sebelum mempraktikan kegiatan kewirausahaan ini mahasiswa ditugaskan untuk membuat proposal bisnis plan terlebih dahulu. Setelah itu, kata dia, dari proposal tersebut dipraktikan langsung dengan diberi waktu selama 2 hari.

“Sebelum mempraktikan kewirausahaan ini kita ditugaskan membuat proposal bisnis plan terlebih dahulu. Isinya terkait rencana detail usaha, deskripsi produk dan lain sebagainya,” ujarnya kepada setaranews, Senin 28 Desember 2015.

Lebih lanjut Dewi menuturkan, maksud dan tujuan dari praktik kewirausahaan ini agar mahasiswa bisa melihat peluang bisnis. Kata dia, dengan harapan mahasiswa ketika lulus tidak hanya mencari lapangan kerja. Akan tetapi, bisa menjadi seorang wirausaha (entepreneur) yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

“Dengan praktik ini kita diajarkan membuat rencana bisnis, melihat peluang bisnis. Tentunya agar bisa menjadi seorang entrepreneur yang bisa menciptakan lapangan kerja,” tambahnya.

Dijelaskan, bahwa kegiatan praktik kewirausahaan ini merupakan tugas ahir dari mata kuliah kewirausahaan, mahasiswa diberi waktu selama dua hari untuk mempraktikan wirausahanya yang sudah di rencanakan.

“Diberi waktu sehari, tapi besok ada lagi untuk kelompok lainnya. Jadi dua hari kalo ditambah sama kelompok lainnya. Sedangkan untuk modal kita patungan, dan keuntungannya pun akan dibagi rata dengan anggota kelompok,” tutupnya.

Bagi mahasiswa yang ingin menikmati berbagai produk dari mulai makanan olahan sampai minuman bisa langsung datang ke kampus satu Unswagati. Tepatnya yaitu di depan gedung utama FE Unswagati, Cirebon.

Editor: Epri Fahmi Aziz

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews