Responsive Ad Slot

Prodi Pendidikan Ekonomi Bakal Adakan Pelatihan Akuntansi Bersama IAI

Tidak ada komentar

Sabtu, 10 Mei 2014

Unswagati - SetaraNews.com, Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi Universitas Swadaya Gunung Djati bakal mengadakan acara pelatihan dan uji kompetensi Akuntansi bersama lembaga profesi Ikatan Akuntan Indonesia pada bulan Juni 2014 nanti.

Berdasarkan info yang diambil dari Surat Edaran No.383/A/FKIP/K/V/2014 mengenai Pelaksanaan Kegiatan Uji Kompetensi Program Studi Pendidikan Ekonomi Tahun Akademik 2013/204. Kegiatan tersebut setidaknya ada enam tenaga profesional yang bakal melatih mahasiswa pendidikan ekonomi tersebut yakni;

  1. Dr. Nur Hidayat, SE, ME, Ak, BKP

  2. Andry Arifian, SE, MSi, Ak, CA

  3. Prima Yusi Sari, SE, MSi, Ak

  4. Yane Devi Anna, SE, MSi, Ak, CA

  5. Syafrizal Ikram, SE, MSi, Ak, CA, dan

  6. Edi Jaenudin, SE, MSi, Ak, CA


Kegiatan pelatihan tersebut akan menghasilkan sertifikat yang dapat dipergunakan sebagai salah satu persyaratan dalam pengajuan sidang skripsi. Adapun pelaksanaannya sendiri akan dimulai pada awal bulan Juni 2014, yakni pada tanggal 7-8, dan 14-15 nanti.

Prodi Bahasa Inggris Unswagati Adakan Workshop Bersama Peace Corps USA

Tidak ada komentar

Jumat, 09 Mei 2014

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unswagati


Selenggarakan Workshop Pengajaran Bekerjasama dengan Peace Corps USA


Unswagati - SetaraNews.com, Dalam rangka membekali mahasiswa tingkat tiga yang akan melaksanakan Program Praktik Mengajar di sekolah pada semester yang akan datang, Program Studi Bahasa Inggris FKIP UNSWAGATI Cirebon bekerja sama dengan Peace Corps USA mengadakan kegiatan Workshop of English Language Teaching (ELT) selama tiga minggu berturut-turut. Mulai minggu ketiga April hingga minggu pertama Mei 2014.

Kegiatan yang diselenggarakan tiap Jumat dan Sabtu ini melibatkan kurang lebih 350 mahasiswa tingkat tiga dan dipandu oleh fasilitator dari Peace Corps USA yakni Gabriella Longo, Matthew Gendron, Ameni Hears, Josep Younger, dan Inge Orendt.

Workshop tersebut memfokuskan pada tiga materi bahasan utama yakni meliputi classroom and behaviour management, lesson design dan fun learning activity. Dalam workshop tersebut, mahasiswa dibekali berbagai strategi tentang bagaimana mengelola kelas dan perilaku siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Selanjutnya, mahasiswa juga belajar bagaimana merancang sebuah proses pembelajaran yang sistematis yang dimulai dari persiapan, penyajian, hingga evaluasi. Pada bagian akhir, mahasiswa  dilatih bagaimana merancang dan mempersiapkan berbagai strategi dan aktivitas belajar yang menyenangkan dengan bahan dan media pendukung yang seadanya.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unswagati, Dra. Hj. Nurani Hartini, M.Hum, menegaskan bahwa, "Kegiatan workshop ini merupakan salah satu langkah strategis yang diambil program studi guna meningkatkan kualitas para calon guru lulusan FKIP Unswagati, khususnya pada bidang Bahasa Inggris." katanya.

Kegiatan ini juga, lanjut beliau, merupakan bagian dari upaya prodi dalam mengembangkan saya kemitraan dengan berbagai lembaga baik dalam maupun luar negeri.

"Di era global seperti sekarang, menjalin kemitraan dengan lembaga internasional merupakan sebuah keharusan." tambahnya lagi.

Sementara itu, Gabrielle Logo, salah satu fasilitator, atas nama Peace Corps USA menyampaikan apresiasi yang sangat luar biasa atas terjalinnya kemitraan dengan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unswagati. Menurutnya, para mahasiswa memiliki kemampuan yang sangat memadai dan siap untuk menjadi guru professional.

“Saya sangat menikmat kegiatan workshop ini, utamanya karena mahasiswa sangat aktif pada semua aktifitas pembelajaran yang dijalankan,” ujar alumni University of California San Diego tersebut.

Kegiatan workshop tersebut juga disambut gembira oleh para mahasiswa. Asep Sunandar, salah satu peserta, menyatakan bahwa kegiatan workshop ini telah menambah rasa kepercayaan diri mahasiswa menjelang pelaksanaan praktik mengajar.

"Semua materi, aktifitas, dan trik serta tips mengajar yang disampaikan selama workshop tersebut berhasil meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar. Workshop tersebut juga menambah khasanah keilmuan mahasiswa dalam bidang pembelajaran Bahasa Inggris." tandasnya.

Menurut Usep Syaripudin selaku ketua pelaksana kepada SetaraNews hari ini mengatakan bahwa, "Acara dimulai tanggal 25 dan 26 April, dilanjut tanggal 2 dan 3 Mei. Dan baru ditutup kemarin (red-7 Mei 2014)." tutupnya.

Editor : Adigana I - I

LPM Setara Adakan 3 Lomba Berhadiah Jutaan Rupiah

Tidak ada komentar
Unswagati - SetaraNews.com, Lembaga Pers Mahasiswa 'Setara' Semua Tentang Rakyat, dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-IV yang juga menyambut hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2014 nanti. Setara mengadakan berbagai macam lomba untuk meningkatkan 'semangat kebangkitan kita'.

Lalu apa saja perlombaannya?

  1. Lomba menulis buku resensi (non-fiksi) untuk Sivitas Akademika Unswagati dan pelajar SMA/K se-Cirebon.

  2. Lomba menulis essai (pendidikan) untuk mahasiswa se-Indonesia

  3. Lomba fotografi untuk mahasiswa se-Indonesia dan pelajar SMA/K se-Cirebon.


Syarat dan ketentuannya dapat di lihat di dalam poster, pendaftaran dari tiap 1 lomba cukup membayar dengan sumbangan satu buku bekas non fiksi minimal 100 halaman ke perpustakaan LPM Setara. Dibuka dari 1 Mei hingga 16 Mei 2014.

Informasi lebih lanjut, hubungi:

Ririn Rinanti, Fakultas Pertanian, Zona Kampus 1 : 0896989534

Ade Fadhliah, Fakultas Keguruan, Zona Kampus 2: 089660273202

Dinda Ayu Lestari, Fakultas Ilmu Politik dan Sosial, Zona Kampus 3: 089633893191

 

Hadiah menulis resensi: Rp300.000 untuk 3 orang pemenang + piagam.

Hadiah fotografi: Rp300.000 untuk 3 orang pemenang + piagam.

Hadiah menulis essai: Rp350.000 untuk 3 orang pemenang + piagam.

 

Dewan Presidium Mahasiswa Unswagati Buka Pendaftaran PPUM & Panwas

Tidak ada komentar
Unswagati - SetaraNews.com, Dewan Presidium Mahasiswa membuka pendaftaran bagi mahasiswa yang ingin ikut serta dalam Panitia Pemilihan Umum Mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jati.

Sekretaris Dewan Presidium Mahasiswa, Supriyatna hari ini kepada SetaraNews melalui pesan singkat mengatakan bahwa pihaknya membuka pendaftaran ini dalam dua tahap, yakni tahap dari delegasi tiap Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) tingkat Fakultas atau Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan tahap yang kedua dari umum (red-mahasiswa).

"Undangan ada 2 tahap, pertama delegasi tiap BEM Fakultas atau tidak ada BEM, DPM. Tahap dua buat umum." katanya (8/5).

Lebih lanjut Ia menjelaskan, pendaftaran sendiri dapat dilakukan di sekretariat Badan Eksekutif Mahasiswa tingkat Universitas di Kampus Utama Unswagati.

Berikut, syarat dan ketentuan pendaftaran PPUM Unswagati tahun 2014:

PENDAFTARAN PPUM DAN PANWAS


UNTUK PEMILIHAN PRESMA DAN WAKIL PRESMA


SERTA DPM-U UNSWAGATI CIREBON PERIODE 2014-2015


TAHAP PERTAMA

  • Tiap BEM Fakultas untuk mendelegasikan 2 orang.


TAHAP KEDUA

  • Peserta umum mahasiswa unswagati Cirebon yang masih aktif perkuliahan.


SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN TAHAP PERTAMA

  1. Melampirkan surat delegasi dari Wakil Dekan III dan Ketua BEM/DPM Fakultas.

  2. Melampirkan surat keterangan aktif organisasi.

  3. Tidak menjabat struktural penting di organisasi.

  4. Mengisi surat pernyataan dari DEWAN PRESIDIUM MAHASISWA

  5. IPK min. 2,75

  6. Foto copy KTM unswagati

  7. Sehat jasmani dan Rohani.


SYARAT PENDAFTARAN TAHAP KEDUA

  1. Melampirkan surat pernyataan dengan persetujuan dari Wakil Dekan III tiap Fakultas.

  2. Melampirkan surat aktif perkuliahan.

  3. Mengisi surat pernyataan dari DEWAN PRESIDIUM MAHASISWA

  4. IPK min. 2,75

  5. Foto copy KTM.

  6. Mengisi formulir pendaftaran

  7. Sehat jasmani dan Rohani.

  8. Melampirkan transkrip nilai


Keterangan:

Tahap pertama

  1. Penerimaan delegasi dari jam 09:00-16:00 WIB

  2. Tempat kampus 1 unswagati diruangan BEM-U.

  3. Pendelegasian di mulai dari tanggal 6-10 mei 2014

  4. Jika BEM/DPM Fakultas tidak mendelegasikan dari tanggal yang sudah ditentukan maka dianggap selasai dan tidak bisa menggugat.


Tahap kedua

  1. Formulir bisa di ambil di kampus 1 unswagati ruangan BEM-U jam 09:00-15:00 WIB

  2. Pendaftaran dari mulai 6-10 mei 2014.

  3.  Batas pendaftaran tanggal 10 mei 2014, jam 16:00 WIB


NB:

Seleksi akan diadakan tanggal 13 mei 2014 jam 10:00-selesai.

Inilah Status Akreditasi Program Study di Unswagati

Tidak ada komentar

Rabu, 07 Mei 2014



Unswagati - SetaraNews.com, Inilah status akreditasi program study yang ada di Universitas Swadaya Gunung Djati pada tahun 2014. Dikutip dari laman ban-pt.kemdiknas.go.id pada hari Selasa kemarin (6/5) dengan kategori indeks status akreditasi, maka muncullah beberapa program study di Unswagati yang masih terakreditasi.

Beberapa diantaranya adalah jurusan Agribisnis, Agronomi, Akuntansi, Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, Manajemen, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa-Sastra Indonesia dan Daerah, Pendidikan Dokter, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Matematika, Teknik Sipil, Ilmu Administrasi, dan Pendidikan Bahasa Indonesia S2 dalam status akreditasi yang aktif.

Rencananya, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi juga bakal menerbitkan status akreditasi tingkat Universitas, yang mana saat ini sedang menjalani proses penilaian hingga akhir tahun nanti.

Hingga Kini, Tunjangan Guru di Tahun 2012 Belum Full Diberikan

Tidak ada komentar
Cirebon, SetaraNews.com – Sebagian guru di Kabupaten Cirebon mempertanyakan tunjangan sertifikasi pada tahun 2012 yang tidak full diberikan oleh pemerintah.

Dari 12 bulan yang seharusnya dibayarkan, ribuan guru tersertifikasi hanya menerima pembayaran tunjangan sebanyak 10 bulan saja. Sisanya, tunjangan sertifikasi sebanyak dua bulan hingga kini tak pernah diberikan.

Kekurangan pembayaran tunjangan sertifikasi tersebut, adalah tunjangan pada bulan November dan Desember 2012. Disinyalir, besaran nilai yang belum dibayarkan kepada guru tersertifikasi tersebut mencapai puluhan miliar rupiah.

‘Dulu waktu akhir 2012, Pemkab menjanjikan akan membayar di tahun 2013. Sekarang sudah 2014 nyatanya sisa dua bulan itu tak pernah jelas kapan akan diberikan.’ tukas salah seorang PNS Guru SMP Negeri di Kab Cirebon yang enggan dipublikasikan namanya.

“Kalau ditotal, dua bulan itu untuk gaji golongan saya saja mencapai enam jutaan. Nah, sedangkan jumlah guru disini –di Cirebon (red) – mencapai ribuan orang. Kemana itu sisa uang kami sebanyak dua bulan yang belum dibayar, tertahan dimana?” terangnya.

Guru tersebut kemudian memperlihatkan bukti rekening tunjangan sertifikasi gajinya yang tak full di tahun 2012, namun ketika SetaraNews hendak memotretnya, Guru tersebut merasa keberatan.

“Jangan difoto mas, taruhannya kerja saya nanti. Ada golongan dan nama saya soalnya.” Ujarnya memperingati.

Peringati Harkitnas, BEM FH Adakan Lomba Fotografi & Essai

Tidak ada komentar
Unswagati - SetaraNews.com, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum dari Universitas Swadaya Gunung Jati menggelar perlombaan fotografi dan menulis essai dalam rangka memperingati hari kebangkitan nasional yang bakal jatuh pada tanggal 20 Mei 2014 nanti.

Ketua Pelaksana, Faldi kepada SetaraNews mengatakan, "Hadiah (yang diperebutkan) senilai ratusan ribu rupiah." katanya (6/5). Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di dalam pamflet di atas.

12 Penyebab Kualitas Pendidikan Indonesia Rendah

Tidak ada komentar

Selasa, 06 Mei 2014

Internasional, SetaraNews.com - Kualitas pendidikan di Indonesia yang kini kian memprihatinkan, cukup membuat kita sesak dada dan tak habis pikir, apa yang salah sebenarnya dengan sistem pendidikan kita. Terlebih jika kita sering mendengar di media masa, bahwa kuliatas pendidikan nasional dan kualitas tenaga pengajar kita hampir terendah di dunia. Apakah gerangan yang membuat kita terperosok?

Lantas mari kita bandingkan dengan Finlandia, negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia dan yang jauh lebih baik dari Indonesia. Lalu apa sebenarnya yang berbeda dari sistem pendidikan Indonesia?

1) Finlandia : Anak-anak baru diperbolehkan bersekolah setelah mereka berusia 7 tahun.


Indonesia : ada playgroup, TK A, TK B, bahkan sebelum umur 3 tahun pun sudah ada yang ‘menyekolahkan’ anaknya, meskipun memang cuma satu jam dengan tujuan anaknya bersosialisasi. Masalahnya lagi, untuk masuk SD pun sekarang anak-anak diharuskan sudah bisa membaca.

2) Finlandia : sebelum mencapai usia remaja, anak-anak ini jarang sekali diminta mengerjakan pekerjaan rumah dan tidak pernah disuruh mengikuti ujian.

Indonesia : TK pun sekarang sudah punya pekerjaan rumah, meski pun cuma sekadar menebalkan garis dan menulis angka.

3) Finlandia : hanya ada satu tes yang wajib diikuti oleh pelajar, dan saat itu mereka berusia 16 tahun.


Indonesia : like I mentioned before, masuk SD pun ada tesnya. Terutama SD favorit.



4) Finlandia : sekolah tidak membedakan anak yang pintar dan kurang pintar. Seluruhnya ditempatkan di dalam ruang kelas yang sama.

Indonesia : ada beberapa sekolah yang memberlakukan pembagian kelas berdasarkan tingkat intelegensia anak. Contoh : peringkat 1-10 masuk ke kelas A, 11-20 kelas B, dst.

5) Finlandia : Kesenjangan antara murid terpintar dan murid paling tidak pintar di Finlandia adalah yang terkecil di dunia. Artinya, murid paling tidak pintar pun masih terhitung pintar.




Indonesia : kesenjangan begitu terlihat, banyak siswa pintar, yang kurang pun banyak.

6) Finlandia : Setiap guru hanya menghabiskan waktu 4 jam sehari di kelas dan punya waktu 2 jam per minggu yang didedikasikan untuk ‘professional development’.




Indonesia : para guru di Indonesia yang bisa mengajar mulai jam 7 pagi sampai jam 3 sore non stop. Imagine how tired they are

7) Finlandia : Jumlah guru yang dimiliki oleh Finlandia sama dengan jumlah guru di New York, namun jumlah murid yang ditangani jauh lebih sedikit.




Indonesia : Jumlah guru dibandingkan murid sangat jauh, dalam 1 kelas biasa terdapat 35 murid, dan 1 guru.

8) Finlandia : Seluruh sistem pendidikan didanai oleh negara. Gratis total.




Indonesia : meskipun sudah ada beberapa wilayah yang menetapkan pendidikan gratis, masih banyak pungutan-pungutan yang harus dibayar siswa kepada sekolah, seperti uang Lab computer, Lab bahasa, dll.

9) Finlandia : Seluruh guru harus memiliki gelar Master/S2 yang didanai seluruhnya oleh pemerintah.




Indonesia : guru harus mencari biaya untuk melanjutkan pendidikan sendiri, tak ada bantuan pemerintah kepada semua guru.

10) Finlandia : Kurikulum nasional hanya berlaku umum. Setiap guru (sepertinya) diberikan kebebasan mengembangkan metode pengajarannya.




Indonesia : Guru wajib mengikuti kurikulum dari pemerintah yang hampir setiap 5 tahun berubah-ubah.

11) Finlandia :yang menjadi guru hanyalah yang merupakan 10 lulusan teratas di universitas.




Indonesia : para lulusan terbaik berprofesi sebagai: Dokter, pengacara, direktur, investasi dan saham, pegawai Pajak.

12) Finlandia : Status guru di masyarakat setara dengan status pengacara dan dokter.

Hal tersebut dibuktikan bahwa sebagian besar murid-murid di Finlandia ditanya, "Siapa yang bercita-cita jadi guru?" Seperempat nya akan mengangkat tangan.




Indonesia : Status guru (apalagi non-PNS) masih sering diremehkan, & dianggap pekerjaan yang kurang mencukupi kebutuhan hidup.

Kasus korupsi dan kasta sosial dalam pendidikan seperti sekolah basis internasional turut memicu kecemburuan sosial yang berakibat pada psikologi peserta didik, sehingga membuat pembangunan dan pengembangan pendidikan tidak merata.

Tersangkut di Perlintasan KA Pabuaran, Konteiner Dilibas Kereta

Tidak ada komentar
Cirebon - SetaraNews.com, Malam tadi sekitar pukul 23.00 WIB terjadi sebuah kecelakaan yang melibatkan truk kontainer pengangkut mobil dengan kereta api ekonomi Bogowonto di palang pintu perlintasan kereta api Pabuaran, Kabupaten Cirebon.

Kronologisnya saat truk kontainer hendak menyebrang lajur perlintasan kereta api. Truk tersebut mogok karena salah satu bagian sasis mobil tersankut di lajur perlintasan kereta api tersebut yang cukup menanjak curam. Ironisnya belum sempat truk yang tengah membawa muatan sebuah mobil jenis sedan itu dapat  bergerak, Kereta api Bogowonto jurusan Pasar Senen-Yogjakarta datang dan langsung melibas truk yang tak bergerak di perlintasan kereta itu. Beruntung tak ada korban jiwa.

“Sesaat sebelum kecelakaan, truk konteiner mogok di perlintasan. Petugas penjaga palang pintu sempat menghubungi PKOC, dan PKOC pun sudah menghubungi KA Bogowonto. Namun karena jaraknya sudah terlalu dekat kecelakaan tidak terelakan” ujar Humas Daerah Operasi III seperti dilansir Detik.com malam tadi.

Hingga siang tadi proses evakuasi truk dengan panjang 15 meter dan lokomotif yang terguling masih dilakukan. Ratusan warga datang untuk menyaksikan lokasi kejadian sekaligus melihat proses evakuasi. Hal ini mengakibatkan jalan sekitar menjadi tersendat. Salah satunya Dede. Warga Babakan itu sengaja berhenti sejenak saat melintasi lokasi kejadian.

“Penasaran. Sampai katanya pos tempat penjaga palang pintu hancur. Mobilnya juga terbelah dua.” ujarnya saat dimintai keterangan.

Supir yang membawa truk kontainer tersebut segera diamankan di Polsek Pabuaran. Hingga kini Polisi masih mencari sebab mengapa kecelakaan itu bisa terjadi dan mengapa mobil sebesar itu bisa melintas jalan desa.

Open Recruitmen Calon Anggota LPM Setara Angkatan V

Tidak ada komentar

Senin, 05 Mei 2014


Unswagati - SetaraNews.com, Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Pers Mahasiswa Setara Universitas Swadaya Gunung Jati mengadakan pembukaan pendaftaran calon anggota baru angkatan 5. Pendaftaran dibuka dari tanggal 1 hingga 31 Mei 2014, dengan syarat dan ketentuan yang telah tertera dalam poster.


Download Form Pendaftaran Calon Anggota LPM Setara.


atau Daftar via Online di sini.


Informasi lebih lanjut, hubungi/SMS: 085224731010.

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews