Responsive Ad Slot

Rabu, Prof Djohan Akan Dilantik sebagai Rektor Unswagati

Tidak ada komentar

Sabtu, 22 Februari 2014

Unswagati - SetaraNews.com, Setelah dilakukan audiensi antara calon rektor tunggal dengan organisasi mahasiswa yang dilangsung pada jumat (21/2) di English Area Kampus III Unswagati, kini pemilihan calon rektor Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon, diselenggarakan secara aklamasi pada hari ini Sabtu (22/2).

Acara yang dibuka oleh Ketua Senat dan Pjs Rektor Dr. Ir H Saihul, MEng dan dipimpin rapatnya oleh sekretaris senat yakni Dr. H Bachrudin Syachroni, seluruh anggota senat menyetujui dengan aklamasi. Pemilihan secara aklamasi sendiri diatur dalam tata tertib pemilihan, bilamana hanya ada satu calon rektor.

Hal tersebut diungkapkan oleh Harmono, MH biro Humas Unswagati kepada SetaraNews sore ini melalui pesan seluler.

"Karena calon hanya 1 maka sesuai tatib maka rektor dipilih secara aklamasi, pelantikan insya Allah tanggal 26 Februari hari Rabu." tulisnya (22/2).

Aklamasi tersebut dilakukan setelah sebelumnya mendengarkan visi dan misi Prof. Dr. Rochanda Wiradinata, MPd selaku calon rektor tunggal. Pada kesempatan itu Prof Djohan menyampaikan bahwa dirinya ingin memajukan Unswagati sebagai perguruan tinggi yang berkualitas dan sejajar dengan perguruan tinggi nasional.

Ryan Masuk ke Spektakuler Indonesian Idol

Tidak ada komentar
Jakarta - SetaraNews.com, Panggung spektakuler Indonesian Idol 2014 pada babak 12 besar akhirnya lolos juga Ryan yang merupakan mahasiswa dari salah satu perguruan swasta di Cirebon, pada Sabtu dini hari tadi (22/2).

Berikut ini ke-12 peserta yang lolos pada malam tadi, saat host Indonesian Idol Daniel Mananta membacakan siapa saja yang bakal masuk ke panggung spektakuler nanti;
1.    Dewi Puspita asal Madiun (Pelajar)
2.    Miranti Yassovi asal   Jakarta (Wedding singer)
3.    Windy Yunita asal    Jakarta (Mahasiswi)
4.    Ryan De Angga asal   Cirebon (Mahasiswa)
5.    Husein Alatas asal   Jakarta (Vokalis band)
6.    Giofanny Elliandrian  asal  Manado (Vokalis)
7.    Nowela Elizabeth  asal  Purwokerto (Penyanyi kafe)
8.    Yuka Tamada  asal  Makassar (Mahasiswi)
9.    Maesarah Nurzaka asal Bandung (Mahasiswi)
10.    De Virza asal Banda Aceh (Freelance)
11.    Yunita Nursetia  asal Makassar (Staf Marketing)
12.    M Yusuf Nur Ubay (Ubay)  asal Jogja (Pelajar)

Sebelumnya babak 13 besar ternyata Eza seorang guru vocal terleminasi dan harus pulang, maka masih tersisa 12 finalis di atas lah yang pada pekan depan akan bersaing di panggung spektakuler.

Agus Nuril yang merupakan warga Cirebon mengaku senang atas lolosnya Ryan De Angga dalam panggung spektakuler yang akan akan digelar pada Jumat depan (28/2) di salah satu televisi swasta nanti. Ia berharap agar warga Cirebon dapat sama-sama membantu untuk mendukung Ryan untuk maju ke babak selanjutnya.

"Sebagai orang Cirebon, dan sesama Alumni Smanela (SMA Negeri 5 Cirebon), ada rasa bangga tersendiri. Tapi saya belum pernah lihat dia menyanyi disini (Cirebon)." ujarnya kepada SetaraNews, Sabtu (22/2).

Inilah Tuntutan Mahasiswa Kepada Calon Rektor Unswagati

Tidak ada komentar
Unswagati - SetaraNews.com, Audiensi organisasi kemahasiswaan dengan calon rektor baru Universitas Swadaya Gunung Jati yang dilangsungkan di 'English Area' Kampus III pada hari ini (21/1) cukup panas.

Pada pembukaan sesi tanya jawab bersama calon rektor baru Unswagati, mahasiswa sangat antusias dalam forum. Salah satunya adalah dari Khaerudin yang merupakan alumni dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menuntut agar rektor baru dapat menyelenggarakan wisuda ulang untuk bertanggung jawab secara moral dan intelektual atas kesalahan senat Unswagati yang dinilai telah lalai untuk melaksanakan pemilu rektor pada waktu yang lalu, yang akhirnya berbuah teguran dari Dikti.

Berbeda dengan alumni FISIP; Khaerudin yang menuntut agar diselenggarakan wisuda ulang untuk lulusan pada bulan Januari lalu, Kris Herwandi yang juga dari mahasiswa FISIP menuntut tiga point utama untuk:

  1. Transparansi anggaran, aset, dan birokrasi yang modern.

  2. Memperbaiki dan membangun infrastruktur seperti membangun tempat ibadah yang bukan hanya masjid, namun juga harus ada geraja, vihara, dan tempat ibadah lainnya. Pembangunan ruang publik, untuk civitas akademika. Ia menuntut agar rektor baru untuk berani mengeluarkan semua unit mobil-mobil dinas yang membuat sesak halaman kampus Unswagati. Ia juga menyayangkan keberadaan perpustakaan yang masih jauh dari kata layak, "Perpustakaan kita hanya seperti sebagai gudang skripsi semata." ujarnya.

  3. Membangun suprastruktur, agar rektor baru berani untuk mengeluarkan dosen-dosen yang tidak kompeten dalam mengajar.


Lanjut dengan Anton yang juga mahasiswa dari FISIP, ia berharap agar rektor baru tidak menjadi rektor boneka saat menjabat nanti.

Acara audiensi yang semula tenang tiba-tiba mendadak panas nyaris ricuh, saat ada beberapa mahasiswa yang mencoba melakukan interupsi dengan mengajukan surat pernyataan kepada calon rektor baru. Isi surat pernyataan tersebut yang di dalamnya menyangkut tuntutan untuk menyelenggarakan pemilu ulang Presiden Mahasiswa dan Pemilu Dewan Perwakilan Mahasiswa.

Ada beberapa pihak mahasiswa yang keberatan dengan beberapa poin tersebut. Hingga akhirnya calon rektor Unswagati Djohan tidak menandatangani surat pernyataan (red: surat kontrak politik yang diajukan mahasiswa) tersebut.

 

Ini Dia Visi & Misi Calon Rektor Baru Unswagati

Tidak ada komentar
Unswagati - SetaraNews.com, Audiensi organisasi kemahasiswaan dengan calon rektor baru Universitas Swadaya Gunung Jati yang dilangsungkan di English Area Kampus III pada hari ini (21/1) cukup hangat.

Acara yang dihadiri oleh calon rektor tunggal untuk periode 2014-2018 Prof. Dr. Rochanda Wiradinata MPd, yang dipandu moderator Dudung Hidayat, SH. MH., ini memaparkan visi dan misinya dihadapan civitas akademika. Berikut ulasan visi dan misinya :

Visi dan misi calon rektor Unswagati :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang berkualitas dalam rangka peningkatan daya saing bangsa.

  2. Menciptakan suasana akademik yang mendukung terselenggaranya kegiatan penelitian yang bermanfaat bagi kesejahteraan umat.

  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial institusi.

  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan institusi  di dalam dan di luar negeri.

  5. Mengembangkan organisasi institusi dalam rangka merespon berbagai perubahan yang terjadi (Spiritual Motivation in the Learning Organization).


Arah dan target Pengembangangan Unswagati ala calon rektor Unswagati periode 2014-2018 :

Target 2014 : Teaching University, Pasca AIPT pra PTN
Target 2015 :  Teaching University, Peringkat AIPT Alih status PTN diraih
Target 2016 :  Teaching University, Pasca AIPT, Transisi PTN
Target 2017 : Universitas Negeri, masa Transisi
Target 2018 : Universitas Negeri menuju reputasi nasional

Mantan wakil rektor I bidang kurikulum dan akademik ini Prof. Dr. Rochanda Wiradinata MPd ini berharap agar civitas akademika Unswagati untuk mendukung berbagai upaya yang akan dilakukannya saat menjadi rektor kelak."Maka dari itulah saya berharap kepada adik-adik agar mendukung semua visi dan misi saya ke depan." ujarnya kepada forum.

Pemilihan umum calon rektor sendiri akan dilangsungkan besok Sabtu (22/2) yang akan dihadiri oleh seluruh anggota senat Unswagati yang berjumlah 45.

Rektor Unswagati: Berprofesi sebagai Guru, itu Mulia

Tidak ada komentar

Jumat, 21 Februari 2014

Unswagati - SetaraNews.com, Berprofesi sebagai guru merupakan pekerjaan yang mulia. Hal tersebut disampaikan oleh pejabat sementara rektor Universitas Swadaya Gunung Jati Dr. H. Saehul MEng, pada sambutannya di acara pembukaan study islam intensif untuk mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan tingkat empat di Masjid Nurul Ilmi Kampus Utama Unswagati, Kamis (20/2).

"Salah satu fungsi dan tujuan utama dari pendidikan adalah menciptakan manusia yang berkualitas, maka dari itulah profesi sebagai seorang guru merupakan pekerjaan yang mulia. Guru sebagai benteng di dalam pendidikan anti korupsi, benteng dari perilaku asusila, dan peradaban bangsa di masa depan." tuturnya.

Acara yang diikuti oleh 1157 mahasiswa dan dihadiri oleh jajaran dekanat FKIP dan Ketua Yayasan ini, Rektor berpesan agar calon-calon guru dari Unswagati untuk terus menanamkan pendidikan agama dan moral kepada anak-didiknya kelak di sekolah.

"Tanamkanlah pendidikan agama dan moral kepada siswa dan siswi kalian saat di sekolah nanti, karena itu yang bakal mempengaruhi karakter generasi Indonesia ke depannya." tutupnya.

 

Prof Djohan Masuk Bursa Calon Rektor Baru Unswagati

Tidak ada komentar
Unswagati - SetaraNews.com, Penutupan pendaftaran bakal calon rektor baru Universitas Swadaya Gunung Jati pada hari ini Kamis (20/2) resmi ditutup.

Pembukaan pendaftaran calon rektor Unswagati ini sendiri sejak tanggal 15 Februari 2014 hingga tanggal 20 Februari 2014. Hingga penutupan pendaftaran bakal calon rektor baru pengganti Dr. H. Djakaria Machmud, SH. SE. MSi, baru satu orang yakni wakil rektor I (bidang kurikulum dan akademik) Prof. Dr. H. Rochanda Wiradinata, M.P.

Melalui pesan singkat Harmono MH, kepada SetaraNews mengatakan bahwa, "Baru prof. Johan saja yang mendaftar." tulisnya (20/2). Rencananya pada Jumat siang akan diadakan audiensi dengan civitas akademika Unswagati untuk menyampaikan visi dan misinya sebagai calon rektor baru Unswagati.

"Tidak ada kampanye, yang ada audiensi dengan Ormawa (Organisasi Mahasiswa) besok di Aula Bahasa Inggris jam 14-16." pungkasnya.

BEM FE Unswagati Bakal Gelar Seminar Cirebon Metropolitan

Tidak ada komentar

Kamis, 20 Februari 2014

Unswagati - SetaraNews.com, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Swadaya Gunung Jati bakal menyelenggarakan seminar yang bertajuk Grand Design Ekonomi 2014, Kabar Megapolitan - Cirebon Metropolitan yang akan diselenggarakan pada Jumat 21 Februari 2014 nanti di Aula Grawidya Sabha Unswagati.

Acara ini merupakan bagian dari agenda Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia wialayah 4 yang terdiri dari provinsi Jawa Barat dan Banten. "Acara ini selama dua hari, jumat siang seminar untuk umum dan sabtunya kita akan study tour bersama anggota panitia dari anggota ISMEI Jabar Banten." ujar Agung ketua BEM FE kepada SetaraNews saat ditemui di ruangannya (20/2).

Acara ini rencananya akan menghadirkan beberapa narasumber diantaranya; Dr. Ida Rosidah selaku Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Yuddi Chrisnandi seorang akademisi yang juga anggota DPR RI, Edidarma Pohan sekalu anggota DPR RI, H. Ano Sutrisno selaku Wali Kota Cirebon, dan Ahmad Heryawan selaku Gubernur Jawa Barat.

 

Warga Ciledug Galang Bantuan untuk Banjir Cisanggarung

Tidak ada komentar
Cirebon - SetaraNews.com, Musibah banjir yang terjadi di sebagian desa di perbatasan Jawa Barat - Jawa Tengah membuat banyak kalangan turut prihatin dan tanggap menggalang bantuan.

Beberapa masyarakat di beberapa tempat terlihat turut serta menggalang dana untuk membantu meringankan musibah yang dialami warga di ujung daerah Jawa Barat tersebut.

“Tadi saya habis bantu evakuasi warga di Ciledug Wetan, sementara diungsikan dulu di Balai Kabuyutan Ciledug Wetan, kasian banyak lansia juga yang jadi korban.” ujar Saleh salah seorang warga yang tengah menggalang dana di Pasar Ciledug.

Saleh menambahkan jikalau dirinya turut prihatin atas musibah yang dialami sebagian warga Ciledug dan Losari tersebut.

“Tadi dini hari jam 02.00 pagi tanggulnya jebol, ya kasian korban banjir jadi kita galang bantuan, tingginya ada yang selutut, sedada tapi katanya ada yang nyampe tiga meter juga.” Pungkasnya.

Tanggul Cisanggarung Jebol, Ribuan Rumah Kebanjiran

Tidak ada komentar
Cirebon - SetaraNews.com, Dini hari tadi Tanggul yang membentengi Sungai Cisanggarung jebol dan mengakibatkan ribuan rumah terendam banjir.

Setidaknya belasan Desa di empat kecamatan di perbatasan Jawa Barat - Jawa Tengah terkena imbasnya. Sebagian wilayah di empat kecamatan itu adalah Kecamatan Pabedilan, Ciledug, Pasaleman (Cirebon - Jawa Barat) dan Kecamatan Losari (Brebes - Jawa Tengah).

Menurut Ijah salah seorang korban banjir. Air datang tiba-tba dan membuat tanggul di daerah Cilengkrang Jebol.

“Awalnya ga tinggi, tapi lama-lama air masuk rumah, perabotan sampe pada ngambang.” Ujar wanita asal Desa Cilengkrang Girang Tersebut.

Terdapat dua titik jebolnya tanggul Sungai Cisanggarung ini. Satu titik di Desa Ciengkrang Kecamatan Ciledug dan satunya lagi di kecamatang Losari atau tepat di perbatasan Jawa Barat dan Jawa tengah.

Ketinggian banjir terparah dialami desa Cihoe kecamatan Ciledug. Menurut kesaksian Warga, ketinggian air mencapai tiga meter.

“Di Cihoe itu tadi udah se-genteng, parah ini mah.” ujar Ade warga sekitar lokasi banjir kepada SetaraNews (19/2).

Selain ribuan rumah, belasan sekolah juga terpaksa diliburkan Tanggul jebol sekitar pukul: 02.00 WIB. Disinyalir Tanggul tak kuasa menahan debit air yang bertambah akibat kiriman dari Kuningan. Menurut laporan, ada satu orang meninggal dunia akibat bencana banjir ini.

 

 

Inilah Daftar Kelompok KKN Tematik 2014 Unswagati

Tidak ada komentar

Senin, 17 Februari 2014

Unswagati - SetaraNews.com, Kegiatan dan tugas inti dari seorang mahasiswa akan segera dimulai kembali. Kali ini mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jati akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada bulan Maret 2014 nanti.

Sebanyak lebih dari 1500 mahasiswa Unswagati akan mengikuti KKN gelombang ke-2. Staf Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Deden mengatakan kepada SetaraNews bahwa untuk melihat daftar mahasiswa yang mengikuti KKN, bisa diakses ke laman portal Unswagati. "Untuk datanya bisa diakses saja ke web, Unswagati-Crb.id." ujarnya (17/2).

KKN gelombang dua ini akan disebar ke seluruh kecamatan di kota dan kabupaten Cirebon. Untuk melihat lebih jelas daftar peta tematik KKN gelombang 2, bisa dilihat atau di download pada tautan yang telah diunggah kembali oleh SetaraNews berikut ini. Download word Kelompok Mahasiswa KKN Tematik 2014 Unswagati.
Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews