Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

7 Tips Mencari Uang Saat Masih Kuliah

Sabtu, 09 Agustus 2014

/ by BW
Cirebon - SetaraNews.com, Masa-masa perkuliahan memang cukup panjang sekitar 3,5 tahun hingga 7 tahun untuk mengambil jenjang program sarjana. Namun ada sebagian mahasiswa yang mengambil sampingan waktu untuk mencari penghasilan untuk menambah uang saku mereka, mulai dari aktivitas bisnis dan kerja paruh waktu atau juga tenaga kerja freelance.

Berikut redaksi Lembaga Pers Mahasiswa Setara paparkan beberapa tips untuk mencari uang saat masih kuliah, tanpa mempengaruhi jadwal kuliah.

  1.  Mencari pekerjaan paruh waktu (part time) di wilayah sekitar Anda. Salah satu pilihan pertama Anda untuk mendapatkan uang adalah pekerjaan paruh waktu. Sebagian besar universitas yang berada di daerah yang banyak dijumpai toko-toko ritel dan karena itu, pekerjaan ritel, penyiar radio, dan wartawan freelance merupakan jawabannya. Namun hal ini mungkin mengharuskan Anda untuk menjadi sedikit lebih fleksibel dengan jadwal Anda, tetapi merupakan sumber pendapatan tetap bagi anda saat kuliah.

  2. Program penempatan kerja yang disediakan oleh Universitas. Umumnya pekerjaan ini untuk memeriksa program universitas tentang penempatan kerja. Sebagian besar universitas besar di Indonesia menawarkan program-program ini untuk membantu mahasiswa mendapatkan pekerjaan yang mudah diakses. Namun, pekerjaan ini tidak bertahan lama dan mungkin tidak menawarkan gaji yang besar. Banyak contohnya, seperti asisten dosen, asisten laboraturium, dan lainnya.

  3. Jadilah guru privat. Menjadi guru privat atau semacam les adalah salah satu pilihan bagi mereka yang mengambil jurusan pendidikan, menjadi guru les di sebuah instansi lembaga bimbingan belajar adalah hal yang cukup produktif. Banyak yang mengambil pekerjaan ini sebagai alternatif penghasilan tambahan.

  4. Menjadi Childcare anak untuk menghasilkan pendapatan. Banyak orang tua di berbagai daerah perkotaan membutuhkan tenaga kerja untuk mengasuh anak-anaknya yang belajar di rumah, dan di luar rumah dengan tenaga kerja yang terdidik, utamanya mahasiswa. mencari kualitas dan orang-orang yang dapat dipercaya dalam pikiran anak-anak mereka sementara mereka kembali bekerja.

  5. E-Commerce untuk menghasilkan uang tanpa bekerja. Sistem e-commerce ini dapat dilakukan dengan mudah, karena cukup bermodal dengan akses internet Anda bisa langsung bertransaksi. Cobalah menjual barang-barang anda di eBay, TokoBagus, Berniaga, Facebook, dan lainnya. Pilihan ini akan membantu Anda membersihkan beberapa ruang di rumah kontrakan atau kost-kostan.

  6. Bisnis Jasa Menulis, Bekerja dari rumah sebagai pilihan yang bagus. Bisnis jasa menulis artikel, jasa menjadi admin, dan bisnis online pada beberapa tahun terakhir menjadi andalan para pelajar dan mahasiswa dalam mencari penghasilan tambahan untuk uang kuliah mereka. Pekerjaan ini membutuhkan ketekunan bagi penggiatnya, karena membutuhkan waktu yang cukup untuk mengerjakannya.

  7. Bisnis jasa mediator. Bisnis jasa ini sangat menggiurkan dibandingkan 6 kegiatan yang disebutkan. Karena pekerjaan ini terbilang cukup mudah namun penuh dengan resiko dan membutuhkan banyak jaringan. Anda dapat menawarkan produk barang perusahaan tertentu seperti motor, mobil, tanah, emas, dan lainnya dengan menghubungkan antara penjual dan pembeli. Fee atau komisi ini biasanya cukup besar jika anda telah berhasil menghubungkan mereka.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews