Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Resensi Buku: Starting Your Leadership Journey

Rabu, 11 Juni 2014

/ by BW

STARTING YOUR LEADERSHIP JOURNEY


Bekal Berharga Perjalanan Kepemimpinan Anda


Oleh: Santosa Innovation @n_nS2u_u


Ada tiga hal yang dibahas di dalam buku; yang ditulis oleh Paulus Winarto ini. Tiga hal tersebut adalah kepemimpinan dan motivasi pemimpin, penghambat perkembangan pemimpin, dan peran-peran pemimpin. Buku yang diurai dengan bergaya animasi kartun dengan berikut percakapannya ini membuat pembaca ikut masuk dalam komunikasi yang dibangun oleh beberapa karakter antara pembelajar dan orang-orang yang berbagi dengan pengalaman kepemimpinannya.

Setidaknya ada dua motivasi umum, mengapa orang ingin menjadi pemimpin. Pertama; ingin mendapatkan sesuatu dan yang kedua adalah ingin memberikan sesuatu.

Ada dua karakter jenis pemimpin di dunia ini, karakter yang pertama adalah karena terbentuk sejak kecil dan karakter yang kedua karena dibentuk.

Menurut J. Oswald Sanders yang kemudian dipopulerkan oleh John C. Maxwell; kepemimpinan adalah pengaruh, karena seseorang yang memiliki jabatan belum tentu ia memiliki pengaruh.

Ada 10 sikap yang perlu kita hindari untuk menjadi seorang pemimpin, beberapa diantaranya adalah;

  1. Ego

  2. Rasa tidak aman (insecurity)

  3. Perfeksionis

  4. Terlalu perasa

  5. Sinis

  6. Keinginan untuk populer

  7. Suka meremehkan segala sesuatu

  8. Kesombongan

  9. Plin-plan

  10. Malas


Pemimpin yang insecure adalah perasaan tidak nyaman dengan dirinya serta tidak nyaman dengan orang lain, terutama orang-orang yang dianggapnya lebih pandai dari dirinya atau pun staf biasa yang punya potensi jadi pemimpin yang hebat di masa depan. Pemimpin haruslah dapat mentransformasikan pengetahuan dan keterampilan di dalam suatu organisasi atau perusahaan yang ia pimpin, sehingga lembaga dapat secara otomatis berkembang dengan baik.Ego disana adalah suatu gambaran seorang pemimpin yang selalu mengukur segala sesuatu berdasarkan sudut pandangnya. Sudut pandang sebaiknya seperti konsep jurnalistik “News” yang artinya North – East – West – South, sehingga berbagai pandangan dari mereka yang dipimpin dapat menjadi bahan pertimbangan di setiap pengambilan keputusan.

Tantangan terberat bagi seorang pemimpin adalah menghasilkan pemimpin yang lebih baik dari dirinya. Ini dapat dilihat dari orang tua yang menginginkan anak-anaknya dapat hidup lebih baik dari para orang tuanya.

Pemimpin yang perfeksionis biasanya tidak percaya kepada orang lain sehingga ia sulit menyerahkan sebuah pekerjaan – apalagi pekerjaan yang penting kepada stafnya. Pemimpin harus dapat melakukan pelatihan kepada stafnya agar, setelah mahir di taraf 75% ia dapat memiliki kecakapan untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.

Terlalu perasa dan sinis dapat mengganggu stabilisasi komunikasi. Misalnya menganggap kritikan sebagai ajang mencari-cari kesalahan atau semacamnya. Pemimpin harus menyadari bahwa kata-kata yang diucapkan bisa menaikkan motivasi atau menghancurkan motivasi atau mengahncurkan motivasi orang-orang di organisasinya.

Keinginan ingin populer ini sebaiknya dihindari manakala kita berada di dalam satu tim, karena menonjolkan diri-sendiri ini dapat mengakibatkan komunikasi satu arah yang dapat memicu penilaian kerjasama dalam tim tidak dihargai.

Meremehkan segala sesuatu, menunda pekerjaan adalah hal yang terburuk. Kelengahan adalah faktor kegagalan kita yang dapat didahului orang lain (jika di dalam kompetisi).

Sombong, plin-plan, dan malas adalah bagian dari sikap yang perlu kita hilangkan. Menyombongkan diri sendiri, keputusan yang berubah-ubah, dan sikap malas yang tidak mau menyelesaikan tugas atau malah menghindar dari masalah adalah sikap-sikap yang menghambat kepemimpinan. Ketiga sikap ini akan berakibat buruk bagi perkembangan kehidupannya.

Peran Pemimpin:

  1. Pemimpin sebagai petunjuk arah

  2. Pemimpin sebagai pemberi teladan

  3. Pemimpin sebagai pembangkit semangat

  4. Pemimpin sebagai sahabat

  5. Pemimpin sebagai pelajar

  6. Pemimpin sebagai guru

  7. Pemimpin sebagai orangtua

  8. Pemimpin sebagai agen perubahan

  9. Pemimpin sebagai inspirator

  10. Pemimpin sebagai rekan kerja


Daftar Pustaka:

Winarto, Paulus. (2010). Starting Your Leadership Journey. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews