Responsive Ad Slot

Tak Diperbolehkan Pinjam Proyektor, Pengurus Hipmagro Protes

Tidak ada komentar

Jumat, 14 Juni 2013

Unswagati - SetaraNews.com, Kamis (13/6) Tiga proyektor milik Fakultas Pertanian Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) rusak dan tidak bisa digunakan untuk kegiatan proses pembelajaran mahasiswa di kampus.

Himpunan Profesi Mahasiswa Agroteknologi (Hipmagro) sebagai organisasi mahasiswa pertanian tidak diizinkan untuk menggunakan fasilitas proyektor saat akan mengadakan kegiatan diskusi film tentang perubahan iklim di depan sekretariat Hipmagro.

Hal ini diketahui ketika Pengurus Hipmagro secara administrasi sudah memberikan surat peminjaman, namun saat hendak mengambil proyektor Kepada Urusan (Kaur) kemahasiswaan Faperta menunjukan sms dari Wakil Dekan yang berisikan untuk tidak meminjamkannya dikarenakan rusak semua.

"Kecewa padahal kita secara administratif sudah dilakukan dan kita juga sebagai organisasi yang dibawah naungan Fakultas Pertanian untuk menghimpun mahasiswa dalam disiplin ilmu Agroteknologi, kita tidak dibolehkan menggunakan fasilitas kita sendiri" ujar Ketua Hipmagro Cecep Sunanda saat mendapat laporan dari pengurus yang diutus untuk mengambil proyektor.

"klo ada mahasiswa minjem infokus, tdk bsa,..kta dekan. thk" ketikan SMS yang ditunjukan kepada Reja dan Rifki selaku pengurus yang akan mengambil proyektor.

Dekan Fakultas Pertanian, Ir. I Ketut Sukanata MM., saat dikonfirmasi oleh Hipmagro mengenai peminjaman ini, Dekan Faperta menjawab "Kalo rusak kamu mau ganti gak!"

Selain itu, Dekan juga menambahkan bahwa hari ini sudah ada tiga proyektor yang rusak, salah satu yang rusak karena sebelumnya dipinjamkan kepada UKM Korps Suka Rela (KSR) .

"Selayaknya hak mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan tidak boleh dibatasi bahkan diintimidasi secara administrasi." ujar Try salah satu mahasiswa agroteknologi yang akan mengikuti diskusi film dokumenter tentang lingkungan hidup.

"Kita memang Fakultas kecil namun kita pun layak untuk mengembangkan wawasan kita dengan berdiskusi dengan media yang selayaknya pihak Fakultas memfasilitasi." tambahnya kepada SetaraNews.com.

Bazar Buku Murah Di Kampus Satu Unswagati

Tidak ada komentar
Unswagati, Cirebon – Setaranews.com. Mulai hari Kamis (13/6) ada bazar buku murah di teras kampus satu Unswagati.

Bazar buku yang rencananya akan digelar hingga satu minggu ke depan ini, menurut penjualnya Heru (26), akan menyediakan buku- buku murah dengan kisaran harga mulai dari Rp 16.000 hingga Rp. 26.000.

“Banyak variasi, mulai dari sejarah, prsikologi, sastra, filsafat, pendidikan, novel dan sebagainya.” tukas Heru ke SetaraNews.com

Buku – buku yang didisplaykan dalam susunan meja sederhana dan tanpa spanduk keterangan acara ini kesemuanya berasal dari salah satu penerbit di Jogjakarta . Bekerjasama dengan LDK Immni Unswagati .

“Kami diwajibkan membagi sebanyak 0,5 persen dari setiap buku yang terjual ke LDK mas. Setelah sebelumnya kami juga menggelar acara yang sama seperti di kampus IAIN, Unwir Indramayu dan Unigal Ciamis.” Tambahnya.

Di akhir perbincangan, Heru menambahkan bahwa Cirebon selama ini dikenal sebagai kota yang tidak terlalu menonjol di bidang khasanah literasinya “ Untuk itu, saya sih berharap dengan adanya bazar buku murah dari kami, dapat ikut membantu menaikkan trend membaca di Cirebon dan mahasiswa Unswagati khususnya” jelasnya.

Ada Diskusi Film Cinta Yang Tak Terucap di Kampus Tiga

Tidak ada komentar

Kamis, 13 Juni 2013

Unswagati, Cirebon – SetaraNews.com - Besok, Kamis sore (13/6) akan diadakan pemutaran dan diskusi film bertajuk RectoVerso ; Cinta Yang Tak Terucap di Kampus tiga Unswagati.

Acara yang diselenggarakan oleh komunitas Radio Fisip Unswagati ini pun rencananya akan diselingi musik akustik. “Insya Allah enggak ada perubahan jam, tempat dan hari. Target penontonnya sekitar 30 sampai 50 orang plus pengisi acara.” tulis Gina, salah seorang panitia penyelenggara kepada SetaraNews.com yang dihubungi via pesan seluler pada rabu sore (12/6).

Merunut pada keterangan dalam pamflet yang banyak dipublikasikan, acara ini akan berlangsung mulai pukul 16.00 hingga pukul 22.00 wib di kantin belakang kampus tiga Unswagati.

“Dalam film ini terdapat empat film yang menceritakan tentang persahabatan dan cinta yang ceritanya sangat bagus.” Gina menambahkan ketika ditanya soal alur deskripsi film yang akan ditayangkannya.

Perlu diketahui, film ini merupakan film yang diangkat dari Novel karya Dewi Lestari atau lazim kita mengenalnya sebagai Dewi Dee. Film yang diterjemahkan dari novel berjudul sama ini, mengangkat beberapa kisah dari 11 cerita yang ada di dalam buku tersebut. Dengan berbentuk sekuel, dramatisasi dalam film yang tayang perdana pada bulan februari 2013 ini rasanya akan kurang lengkap apabila penonton belum membaca novelnya.

Bagaimana, anda berminat menontonnya? datangi saja dan mari budayakan diskusi di kampus dari hal apapun yang bisa kita simak, lihat dan dengar.

Menuju PTN, Unswagati Mulai Diaudit oleh Dikti

Tidak ada komentar

Selasa, 11 Juni 2013

Unswagati - SetaraNews.com, Pagi hari ini (11/6) kampus kita (Universitas Swadaya Gunung Jati) akan diaudit oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) untuk proses penegerian.

Terlihat beberapa karyawan Unswagati merapihkan pot bunga dan kursi-kursi yang bergeletakan di depan perpustakan. Lorong untuk mahasiswa menuju kelas pun ditutup.

Audit yang dilakukan Ditjen Dikti akan berlangsung selama lima hari, "Hari ini sudah dimulai, sampai lima hari kedepan." ujar Wakil Dekan III Fkultas Pertanian Dodi Budirochman di depan ruang 7b. Pak Dodi juga menyampaikan audit yang akan dilakukan adalah audit administrasi.

Saat ini Wakil Rektor I yang membidangi bagian akademik di Unswagati, Prof DR. Rochanda Wiradinata M.E., M.Pd., dikabarkan sedang menjalani beberapa kegiatan selama satu minggu di Kementerian Pendidikan Tinggi, Jakarta. Terkait proses penegerian kampus Unswagati.

 

Foto Ilustrasi : Tim SetaraNews.com sedang mengunjungi kantor Dikti, Jakarta 23 Mei 2013

bagian Kelembagaan dan Kerjasama

 

LPM Setara Adakan Workshop Writing dan e-Journalism Research

Tidak ada komentar

Senin, 10 Juni 2013

Unswagati - Setaranews.com, Kemarin, hari Sabtu (8/6) Lembaga Pers Mahasiswa Semua Tentang Rakyat (LPM Setara) mengadakan Workshop Penulisan Essai dan Opini beserta Workshop Writing and e-Journalism Research di Aula GrawidyaSabha kampus satu Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon.

Dalam sesi pertama workshop penulisan essai dan opini LPM Setara mengundang dua pemateri yaitu M. Khoirul Anwar KH (Grand Champion Ahmad Wahib Award 2012), dan Agung Nugroho (Pemimpin Redaksi Kabar Cirebon). Pada sesi yang ke-dua Workshop Writing And e-Journalism Research diisi oleh tim dari Teknopreneur Indonesia, yakni Irwansyah ( Managing Editor TeknoPreneur Indonesia), dan Reza (Editor TeknoPreneur Indonesia) .

Acara yang diselenggarakan selama dua hari (8-9/6) ini setidaknya diikuti oleh 60 peserta dari kalangan mahasiswa dari berbagai Fakultas dan kampus sewilayah Cirebon. Para peserta terlihat  antusias dalam mengikuti Workshop ketika masuk sesi tanya-jawab. Peserta banyak yang ingin bertanya namun karena keterbatasan waktu maka tidak semua peserta mendapat kesempatan untuk bertanya.

Pemateri sendiri memberikan apresiasi penuh terhadap LPM Setara  karena hanya satu-satunya Lembaga Pers Mahasiswa di Cirebon yang memanfaatkan media digital sebagai alat untuk mempublish berita-berita, “LPM Setara ini termasuk lembaga pers yang berinovasi karena masih jarang Lembaga Pers Mahasiswa yang memanfaatkan media digital seperti ini.” tutur Irwansyah di sela-sela penyampaian materi (8/6).

Workshop ini diakhiri dengan kunjungan wisata ke Keraton Kasepuhan Cirebon sambil mengunjungi tempat penyimpanan benda-benda bersejarah bersama tim Teknopreneur Indonesia (9/6). Dilanjut dengan diskusi mengenai tantangan e-journalism bersama tim Teknopreneur Indonesia di Pendopo Keraton Kasepuhan Cirebon.

Kegiatan workshop yang merupakan kerjasama antara LPM Setara dengan Teknopreneur Indonesia, dan didukung oleh PT Sinar Sosro, Kabar Cirebon, dan King Digital ini menurut Ali Shidqi salah seorang panitia kegiatan bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan dan kemampuan para mahasiswa dan para anggota Lembaga Pers Mahasiswa Setara khususnya terhadap dunia jurnalistik sehingga dari hasil kegiatan ini dapat menggali potensi dan inovasi di lingkungan sekitar melalui aktualisasi jurnalistik.

 

Download soft copy Penulisan Essai Khoirul Anwar & Penulisan Opini by Agung Nugroho.

 
Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews