Responsive Ad Slot

Workshop Penulisan Esai & Opini

Tidak ada komentar

Kamis, 06 Juni 2013

Cirebon - Dalam Agenda Peringatan Milad ke-3, @LPM_Setara Unswagati Cirebon (setaranews.com) mengadakan WORKSHOP PENULISAN ESSAI & OPINI,

Hari Sabtu (8/5),
Start pukul 09.00 s.d pukul 12.00
Bertempat di Aula Kampus 1.
Unswagati Jl. Pemuda No 32 Kota
Cirebon

Pemateri :
1. M Khoerul Anwar KH (Juara 1 dan Grand Champion - Wahib Award 2012), dan
2. Agung N (Pimred Harian Kabar Cirebon)

Moderator :
Santosa (Komunitas Blogger Cirebon)

Karena kursi terbatas (hanya 200 orang), mohon peserta terlebih dahulu mengkonfirmasi ke Panitia.

* Format sms : Workshop Essai & Opini(Strip)Nama Lengkap(strip) asal Kampus/sekolah/­rumah. * Contoh :
Workshop Essai & Opini - Vera Julian - SMAN 1 Cirebon
* Kirimkan SMS tersebut ke 089698929534
* Peserta yang diprioritaskan adalah peserta yang telah terdaftar melalui SMS
* Tersedia sertifikat dan stiker bagi peserta
* Gratis dan terbuka untuk Umum

Supported By :
- Setaranews.com
- TeknoPreneur Indonesia
- Kabar Cirebon
- Komunitas Blogger Cirebon

Geng Motor Cirebon Alay

Tidak ada komentar

Selasa, 04 Juni 2013

Opini - SetaraNews.com, beberapa tahun belakangan, masyarakat kota Cirebon diresahkan oleh aktifitas k0munitas geng motor yang sering melakukan tindakan kriminal.

Geng motor, sangat diidentikan dengan kekerasan baik dengan baik sesama anggota geng motor yang menjadi rivalk organisasinya, maupun kekerasan terhadap anggota masyarakat lainnya. Aksi mereka benar-benar merupakan teror, karena dilakukan terencana terorganisasi rapih serta melibatkan lebih dari 200 orang dan keberadaan mereka disinyalir berada dalam suatu wilayah di Kota Cirebon.

Bukan hanya telah banyak melakukan perusakan fasilitas umum, penganiayaan terhadap sembarang orang pun pernah terjadi hingga tewas di rumah sakit. Bahkan anggota dari kalangan mereka sebagian besar adalah pelajar SMP dan SMA yang merupakan cikal-bakal generasi para penerus bangsa yang selayaknya berprestasi bukan malah melakukan aksi-aksi brutal yang tidak mencerminkan karakter layaknya pemimpin para pendiri bangsa.

Alkohol Is My Friend

Ada beberapa faktor yang menyebabkan perilaku itu terjadi salah satunya adalah minuman beralkohol. Setiap geng motor biasanya berkumpul diiringi dengan pesta minuman beralkohol. Setelah itu mereka melakukan konvoi di jalanan secara berkelompok dengan keadaan mabuk, disinilah awal mula yang biasanya rentan terjadi kerusuhan.

Ada beberapa geng motor besar yang sekarang santer diberitakan di media masa lokal di Cirebon, beberapa diantaranya adalah geng motor yang identik kekerasan yaitu: XTC,M2R, GBR, dan BRIGEZZ. Geng motor itulah yang biasanya berulah dan sering terekspos dalam pemberitaan di media massa. Anggota yang lebih dari 200 ini kerap sekali membuat onar dikalangan masyarakat kala terjadi bentrok diantara mereka yang kerap kali menelan korban luka maupun jiwa.

Luput Dari Pengawasan Polisi

Seringnya tindakan brutal itu disinyalir karena lemahnya pihak kepolisian yang melakukan pengawasan terhadap perkumpulan geng motor, mudahnya mengakses mendapatkan miras, dan kurangnya perhatian dan kasih sayang dari keluarga kepada para anak-anaknya. Sehingga peran serta keluarganya dalam membentengi anak-anak dari pergaulan yang terlalu bebas, akhirnya jebol.

Menyadari itu untuk mengurangi tindakan kekerasan dan mengikis generasi penebar onar yang dilakukan oleh kalangan geng motor, diperlukan sikap tegas dari pihak berwenang dalam mengatasi kebrutalan ini. Jangan hanya apabila sudah terjadi dan memakan korban baru melakukan tindakan. Seperti dipertemukannya geng-geng motor dalam suatu tempat dan dihadiri oleh kepala kepolisian, tokoh masyarakat, pimpinan daerah, dan dilakukannya sosialisasi dan edukasi agar tidak melakukan ulah brutal tersebut.

Masalah perizinan dalam hal menjual minuman keras pun perlu diperketat lagi, karena kebanyakan yang membeli miras kebanyakan kalangan remaja. Peran serta lembaga pendidikan pun dalam hal ini pihak sekolah harus mensosialisakan bahaya dari akibat alkohol tersebut bagi kesehatan danpenanaman serta pendidikan dan pembelajaran moral harus ditingkatkan lagi.

Keluarga pun harus memberikan kasih sayang yang lebih, karena kebanyakan mereka kurang mendapat kasih sayang seperti anak remaja lain yang utuh dengan keadaan sebuah keluarga yang harmonis. Anak-anak remaja seringkali mereka keluar untuk mencarinya dan itu merupakan bentuk solidaritas mereka untuk kawan-kawan mereka dalam melakukan tindakan yang diluar batas tersebut. Karena dari situlah mereka seakan kasih sayang yang lebih mendapat perhatian dibanding keluarganya.

Mulai dari sekarang kita tingkatkan rasa peduli terhadap sesama yang perlu untuk dibina dan diperhatikan lebih mendalam. Jadi, maukah kita mengawasi dan mengingatkan remaja di sekeliling kita untuk tidak terjerumus menjadi geng motor?

 

Wakil Walikota Cirebon Sempatkan 'Ngobrol Bareng' Komunitas Blogger

Tidak ada komentar
Cirebon - SetaraNews.com, Wakil Walikota Cirebon Nasrudin Azis sempatkan berbincang bareng Komunitas Blogger Cirebon kemarin minggu (2/6). Komunitas yang merupakan kumpulan penggiat web dan blog di wilayah sekitar Cirebon.
Komunitas Blogger Cirebon yang baru terbentuk pada 25 Mei 2013 yang lalu, kehadirannya mendapatkan respon positif dari Wakil Walikota Cirebon, Nasrudin Azis. Di acara Car Free Day kemarin, Azis beserta jajarannya bertemu dengan para anggota Komunitas Blogger Cirebon di depan Sekolah Menengah Pertama 2 Kota Cirebon.


Azis mengatakan bahwa para blogger bisa membantu masyarakat untuk lebih 'melek' internet dan juga bisa memperkenalkan Cirebon lebih luas lagi.  Seperti yang SetaraNews kutip dari laman Cirebon Today (3/6), Azis menambahkan, "Saya menyambut positif  kehadiran blogger Cirebon dan nanti bisa bekerja sama dengan website Pemkot Cirebon."


Lebih lanjut, Azis meminta agar Komunitas Blogger Cirebon dapat menyusun konsep ke depannya, dan mau serius untuk bersama memajukan potensi di Cirebon. Komunitas Blogger Cirebon sendiri melalui Ahmad Rovahan berharap agar mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota mengenai agenda kegiatan Komunitas Blogger Cirebon ke depannya.
Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews