Responsive Ad Slot

Majalengka Longsor, Mahasiswa Unswagati Galang Bantuan Dana

Tidak ada komentar

Sabtu, 04 Mei 2013

Unswagati – SetaraNews.com, Jumat (03/05) Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) mengadakan penggalangan dana untuk  membantu korban bencana tanah amblas yang terjadi di daerah Cigintung, Kabupaten Majalengka yang terjadi pada hari Senin (29/4).

“Kami dari Himpunan Mahasiswa Sipil mempunyai inisiatif membantu korban bencana alam yang terjadi di daerah Majalengka dengan cara berkeliling ke setiap-setiap Fakultas yang ada di kampus dengan meminta seiklasnya terhadap mahasiswa Unswagati.” tutur ketua HMJTS Ade Rohmat.

Penggalangan dana ini di mulai dari pukul 10.00 hingga pukul 15.30, dengan menggunakan kendaraan bermotor mahasiswa Teknik mengelilingi kampus satu hingga kampus tiga Unswagati. Selama beberapa jam, dana yang berhasil dihimpun sejumlah  Rp 700.000.- “Padahal bisa mendapatkan lebih dari itu, tetapi karena mahasiswa banyak yang sedang mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) maupun libur akhirnya hasil penggalan kurang optimal. Tetapi itu tak jadi halangan bagi kami untuk tetap menggalang sumbangan.” ujar ketua HMJTS kepada SetaraNews.com

Hasil dari penggalangan dana tersebut rencananya akan disumbangkan langsung kepada korban pada hari minggu (05/05) berupa uang yang sudah didapatkan pada hari jumat ini menggunakan kendaraan pribadi dengan mengutus sebanyak enam orang dari anggota HMJ TS Unswagati Cirebon.

Ini adalah salah satu itikad baik  yang dilakukan oleh Himpunan teknik sipil untuk membantu masyarakat yang sedang terkena bencana alam.

Reporter : Putu Eka Teguh

Editor      : Santosa

Ayo Pamerkan Karyamu di Festival Sutan Setara IV

Tidak ada komentar

Jumat, 03 Mei 2013

Unswagati - SetaraNews.com, Lembaga Pers Mahasiswa 'Setara' Semua Tentang Rakyat mengadakan rangkaian perlombaan tingkat regional dan nasional, dalam rangka menyambut hari pendidikan, dan hari kebangkitan nasional yang sekaligus memperingati hari ulang tahun LPM Setara yang ke-IV pada 20 Mei 2014 nanti.


Ada tiga lomba yang sedang dilombakan diantaranya;




  1. Lomba Resensi Buku Non Fiksi,

  2. Lomba Menulis Esai, dan

  3. Lomba Fotografi


Peserta yang bakal mengikuti lomba ini dari kalangan pelajar Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan, Mahasiswa, dan Dosen. Wilayah yang akan dilibatkan dari Sivitas Akademika Unswagati, Antar Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan se-Cirebon, hingga antar Kampus se-nusantara. Hadiah untuk para pemenang lomba rata-rata Rp300.000,- untuk tiga orang pemenang berikut piagamnya. Khusus untuk yang mengikuti lomba fotografi, 10 foto terbaik akan dipamerkan dalam acara puncak ulang tahun LPM Setara pada 20 Mei 2014 di Aula Grawidya Sabha Kampus 1 Unswagati nanti.

Jadi bagi kamu yanghobbymenulis essai, fotografi, dan membaca buku, kami buka peluang selebar-lebarnya bagi kalian.

Biaya pendaftaran untuk perlombaan ini cukup menyumbangkan buku setebal 100 halaman (kategori non-fiksi) untuk melengkapi perpustakaan di sekretariat kami. Informasi lebih lanjut mengenai perlombaan dan kegiatan puncak nanti, bisa menghubungi/mengirim pesan singkat ke: 085224731010.

 

Unswagati Gelar Apel Peringatan Hardiknas

Tidak ada komentar

Kamis, 02 Mei 2013

Unswagati - SetaraNews.com, Rabu (02/05) Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan hikmat. Upacara hari ini dihadiri oleh jajaran sivitas akademi Unswagati secara keseluruhan dan beberapa perwakilan dari organisasi intra kampus seperti Badan Eksekutif Mahasiswa, Dewan Perwakilan Mahasiswa, serta mahasiswa penerima beasiswa; Universitas, Indocement, Bank Rakyat Indonesia, dan Provinsi Jawa Barat.

Apel Hardiknas kali ini mengangkat tema tentang pendidikan for all, hal itu disampaikan oleh Prof. H. Djohan Rochanda Wiradinata M.P., selaku pembina upacara saat membacakan isi sambutan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dihadapan peserta upacara. Dalam isi sambutan tersebut juga Kemendikbud menyatakan rasa terimakasih kepada sivitas akademi yang terus berjuang memajukan pendidikan di Indonesia. Pihaknya juga turut meminta maaf atas persoalan ujian nasional tingkat SMA dan sederajat.

Di hari pendidikan nasional ini Kemendikbud telah menyiapkan anggaran sekitar 7,8 triliun untuk siswa miskin tingkat sekolah dasar hingga tingkat menengah di seluruh Indonesia agar tidak ada lagi kata putus sekolah dan membuka posko anti drop out. Kurikulum 2013 juga telah diberlakukan di beberapa sekolah dasar kelas 1 hingga kelas 4, sekolah menengah pertama kelas 7, dan sekolah menengah atas atau sederajat untuk kelas 10. Namun proses pemberlakuan tersebut dilakukan secara bertahap dan terbatas, tentunya disesuaikan dengan kesiapan di setiap satuan pendidikan.

Kemendikbud juga turut berpesan agar setiap usaha kita dalam memajukan pendidikan agar dijadikan sebagai amal ibadah.

 

Reporter : Santosa

Tarif Ruas Jalan Tol Kota Cirebon Akan Naik 10%

Tidak ada komentar

Selasa, 30 April 2013

Jakarta-SetaraNews.com, Selasa (30/04) tahun ini PT Jasa Marga Tbk berencana menaikan harga 11 ruas tol dalam kota. Tarif ruas jalan tol dalam kota yang direncanakan naik tersebut diantaranya ruas Cipularang, Purbaleunyi, JORR, Semarang, Cirebon, Surabaya, Semarang-Solo, Bogor Ring-road, Jakarta-Tangerang.

Kenaikan harga tol dilakukan untuk pemenuhan investasi. Hal itu disampaikan Direktur Utama PT Jasa Marga Adityawarman saat konferensi pers hari ini di Darmawangsa, Jakarta Selatan.

PT Jasa Marga menggelar rapat umum pemegang saham tahunan. Dari delapan bahasan, salah satunya soal kenaikan tarif tol sebesar 10 persen di luar tarif tol yang sudah naik sebelumnya di tahun 2012.

Adityawarman berjanji, PT Jasa Marga akan membenahi pelayanan dan kondisi jalan untuk para pengguna tol, volume transaksi, terutama tol yang selalu dilewati kendaraan berat. Adityawarman optimistis tahun ini bisa membangun empat ruas tol baru yang disebut jalur w2 utara yang diawali konstruksi di Kebon Jeruk.

 

Foto        : Jasa Marga

Sumber : Krismarsyaf-Khudori, Metrotvnews.com

Editor    : Santosa

Unswagati Adakan Pelatihan Jurnalistik Bersama Kabar Cirebon

Tidak ada komentar
Unswagati – SetaraNews.com, Jum’at (26/4) Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) adakan kegiatan pelatihan jurnalistik dengan tema “Trik dan Tips Menulis di Media Massa” dengan pemateri dari Kabar Cirebon oleh Agung Nugroho selaku pemimpin redaksi, dan Agung atau yang biasa disapa Dudung sebagai pemateri kedua. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Grawidyasabha Kampus Satu Unswagati.

Pelatihan ini dimulai dari pukul 09:00 hingga 11:00 WIB. Kegiatan ini turut dihadiri oleh anggota Lembaga Pers Mahasiswa Setara (Semua Tentang Rakyat) dan perwakilan 5 dosen dari tiap fakultas di Unswagati yang walaupun tidak semuanya bisa hadir.

“Kegiatan ini sebenarnya kurang ideal jika dilakukan hanya dua jam saja, kemungkinan kegiatan ini akan diadakan lagi karena kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang sangat strategis dalam rangka meningkatkan kemampuan dosen dalam proses Unswagati menjadi negeri” ujar WR IV, Supriyadi Ir., MM.

“Ini bertujuan agar para dosen dapat mengenal ,tertarik dan dapat mengembangkan kemampuan dosen dalam bidang jurnalistik, karena bagian yang penting dunia jurnalistik harus tersosialisasikan dalam dunia pendidikan.” tambah beliau.

Menurut Pimpinan redaksi Kabar Cirebon Agung Nugroho acara ini disambut cukup antusias oleh para dosen dan mahasiswa serta  memberikan pembekalan khususnya dalam hal menulis di media masa, dan ia juga menyebutkan bahwa acara ini penting sekali karena merupakan bagian dari salah satu pendobrak Unswagati untuk segera beralih status dari PTS menjadi PTN. Namun Agung juga sedikit menyayangkan, karena sangat sedikit minat mahasiswa ataupun dosen unswagati untuk mengirim tulisan-tulisan mereka ke media khususnya di Kabar Cirebon.

 

Reporter: Faldi, Ririn

Editor     : Santosa
Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews