Responsive Ad Slot

Klarifikasi Soal Ricuh Proses Pilpresma Unswagati

Tidak ada komentar

Sabtu, 26 Januari 2013

Cirebon, Setaranews.com - Sabtu siang, beberapa orang mahasiswa dari Fisip mendatangi sekretariat LPM Setara untuk menyampaikan keberatan atas pemberitaan tentang kericuhan yang terjadi di dalam Debat Kandidat Capresma yang dilakukan kemarin (25/1/2013) di kampus satu Unswagati Cirebon.

Hal itu diutarakan oleh Edo, dia menjelaskan bahwa kemarin yang melakukan penyampaian keberatan atas penyelenggaraan debat kandidat tidak semuanya berasal dari mahasiswa Fisip (baca beritanya disini). “tidak seluruhnya berasal dari Fisip, namun ada juga yang berasal dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Keguruan” ujarnya.

Lebih lanjut, jimmy temannya yang juga mahasiswa Fisip menyampaikan bahwa dia mengklarifikasi soal tidak adanya aksi kekerasan apalagi pelemparan kursi pada saat pembubaran acara debat kandidat. “Kalau indikasi untuk kekerasan itu ada, tapi maksud saya jika soal kekerasan waktu kemarin tidak ada. Justru malah berusaha menarik teman kami dan mencegah agar tidak tersulut emosi. Sehingga yang terjadi ketika itu ada kursi yang tertarik.” tukasnya.

Sementara itu, mereka pun membantah adanya kejadian yang hampir terjadinya pemukulan, sesuai dengan apa yang disebutkan oleh Hendriwanto dan beberapa anggota PPUM kemarin yang dikutip oleh Setara News.

Sampai berita ini dimuat, belum ada kejelasan statement yang diberikan oleh DPMU mengenai polemik Pilpresma. “Saya dan anggota DPMU masih memperbincangkan di tingkat internal. Mengenai perkembangan selanjutnya, saya akan menyampaikan lebih lanjut ” ujar M Ali Sodikin ketua DPM Unswagati ketika ditemui pada Sabtu siang (26/1/2013) di Sekretariatnya.

 

(Kurniawan)

Aspirasi Mahasiswa di Januari 2013

Tidak ada komentar
Cirebon, Setaranews.com -- Jumat (25/1) Masih hangat dengan suasana menyambut tahun baru 2013. Mahasiswa Unswagati memiliki harapan-harapan baru akan kampusnya yang genap berusia 52 tahun di bulan Januari ini. Lalu apa saja harapan mahasiswa, terkait akan hal tersebut. Berikut penelusuran yang dilakukan oleh tim SetaraNews terhadap masing-masing mahasiswa Jurusan di Unswagati secara random.


Vivi, FKIP Matematika

Parkiran lumayan bagus, sudah di aspal, dulu masih berbatu. Ada beberapa kesulitan dalam memberi nilai, banyak yang tidak ikut PPL.

Harapan : ikut PPL semua, fasilitas di tambahin.


Tuthi Nurlaela, FKIP Bahasa dan Sastra Indonesia

Masih kurang fasilitas kenyamanan dan kemudahan belajar, AC mati, Lab. kurang berfungsi, kejelasan PTN yang belum pasti.

Harapan : lebih meningkat kualitas dosen dari strategi mengajar, kurang tertib dalam penataan ruang parkir, menjadi PTN.


Asmadi, FKIP Matematika

AC sering mati, kadang dosen masuk telat. KKN baru pertama masih ke formalitas penilaian belum masuk SKS, tapi masuk ke mata kuliah lain tapi belum tahu apa.

Harapan : parkir lebih luas, tingkatkan kualitas dosen.


Erni Rahmawati, FKIP Matematika

Lebih semangat karena takut kena SP (semester pendek).

Harapan : mempunyai kualitas jika menjadi PTN.


Siti Nuralfianah, Fakultas Hukum

Cukup menyenangkan disini, menambah wawasan dan pengetahuan tentang hukum, tapi sayang aspirasi mahasiswa kurang terdengar. Kurang solidaritas antarmahasiswa, sikap apatis mahasiswa, kurang tenggang rasa antarmahasiswa. Saya ingin lembaga memberikan ruang mahasiswa dalam aspirasi, memberikan tempat lebih luas. Tidak adanya intimidasi maupun deskriminasi antarmahasiswa. Aspirasi : mahasiswa ingin forum diskusi untuk bisa mencetak mahasiswa pandai berbicara. Membutuhkan bimbingan dan arahan dari Fakultas biar lebih kondusif.

Harapan : jadi PTN, lebih meningkatkan lagi cara pengajaran.


Aji Alim Rahman dan Aziz Hamdan Ramdani, Fakultas Hukum.

Sangat menarik untuk dikaji karena banyak polemik-polemik yang menjadi dasar untuk saya merubah lebih baik. Karena kalau tidak ada masalah dalam kampus kita tidak akan berubah. Mahasiswa punya Negara sendiri, mahasiswa pasti identik dengan demonstrasi sehingga menjadi penengah. Kepada mahasiswa harus sering membaca buku, ketika membaca buku bisa membaca dunia, aktiflah organisasi karna bisa membaca pemerintahan Negara. Lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Harapan : PTN, diperbaiki birokrasi sehingga tidak ada diskriminasi, sehingga mereka mempunyai persamaan hukum. Mahasiswa jangan diam ketika mereka ditindas. Mahasiswa lebih takut pemotongan nilai karena demo.


Heru Setiawan, FISIP-Ilmu Komunikasi

Dosen kurang disiplin, parkiran kurang teratur. WC nya kadang mampet, kelas kotor.

Harapan : dari segi pembayaran SKS dan DPP memberi keringanan untuk pembayaran tidak langsung lunas.


Setiawan Utami, FKIP Bahasa Inggris

Setelah belajar di Unswagati ada baiknya, misal ada beberapa dosen unggul bisa menunjang mahasiswa, selebihnya tidak. Kadang-kadang mau sholat nyari air susah, mau dijadiin PTN nya lama. Jarang nemuin dosen yang bener-bener ngajarin kita. Fasilitas kurang padahal FKIP banyak, AC jarang nyala. Parkir sempit, jangan banyak janji, lebih transparasi juga dana-dananya, Rektornya lebih mementingkan jadi walikota.

Harapan : jadi PTN, biaya kuliah turun, tapi fasilitas ditambah, kualitas dosen di tingkatkan.


Rizki Hoirun Hafidah, Fakultas Kedokteran

Fakultas kita di pandang terpencil, Universitas kurang berperan ke Fakultas. Kayanya kita itu berdiri sendiri.

Harapan : mudah-mudahan jadi PTN, ada kerjasama antar fakultas, lebih akrab lagi. Biasa nya PTN itu nyatu. Gedung nggak pisah-pisah, jadi kurang persaudaraannya.


Fathul Aziz (Ketua HMJ Akuntansi), Fakultas Ekonomi

Fasilitas kurang nyaman karena tidak ada ruang belajar sendiri seperti taman bacaan. Kadang saat KBM AC sering mati, dosen suka telat. Karena kampus dekat dengan rumah jadi nyaman saja.

Harapan : pencapaian PTN tercapai soalnya dari tahun-tahun sebelumnya. Kemudian fasilitas lebih menunjang. Dosen lebih qualified.


Cindy Silvia Rahman, Fakultas Ekonomi akutansi

Unswagati itu kumuh, AC nya pajangan doang. Adanya diskriminasi seperti dibedain. WC nya lebih buruk dari WC umum, karena ada kecoa dan bau.

Harapan : jadi PTN, semoga bersih, asri, uang kuliah turun. Perbaikan sarana dan prasarana. Kantin diperluas.


No Name, Fakultas Pertanian Agroteknologi

Biasa-biasa saja kaarena fasilitas belum memadai. Program-program atau tugas-tugas itu ringan. AC tidak berfungsi dengan baik. Pengajarannya kurang dan alat perlengkapan di lab. Kurang.

Harapan 2013 : jadi PTN, fasilitas kantin diperbaiki. Ada ruang belajar bersama diruang terbuka.


Ega, Fakultas Teknik Sipil

Unswagati itu kampus yang bagus, cuma kalau kampusnya di satukan itu lebih bagus.

Harapan 2013 : mudah-mudahan bisa secepatnya jadi negeri.


Alif, FKIP Ekonomi

Unswagati itu universitas swasta yang bagus dari luar tapi bobrok di dalamnya, meskipun begitu Unswagati dapat dijadikan sebagai salah satu alternative diantara beberapa kampus swasta dan negeri di Cirebon, karena biayanya yang relative standard dan kualitas dosen.

Harapan : semoga tahun ini Unswagati jadi bener-bener Universitas Negeri, sarana dan prasarana pendidikan bisa terpenuhi, dan lebih utama semoga dana yang diberikan oleh pemerintah kepada pihak Unswagati bisa disalurkan tepat sasaran.

Reporter : Ade Fadilah
Editor      : Santosa

Debat Kandidat Capresma Ricuh

Tidak ada komentar

Jumat, 25 Januari 2013

Cirebon, Setaranews.com – Debat Presma yang dilakukan di Kampus satu tiba-tiba didatangi oleh sekelompok kecil mahasiswa yang berusaha untuk membubarkannya.

Sempat terjadi ketegangan, “Bahkan tadi Ketua PPUM nya hampir dipukul” ujar Hendriwanto, salah seorang perwakilan dari partai mawar yang ikut dalam pilpresma kali ini.

Kericuhan ini bermula ketika acara debat Pilpresma baru dimulai beberapa menit sekitar pukul 13.00 Wib, sekelompok kecil mahasiswa yang diketahui beberapanya berasal dari Fisip tiba-tiba menginterupsi untuk membubarkan acara tersebut dan terlihat sembari melemparkan kursi.

Gemblung, salah satu mahasiswa Fisip tersebut menyatakan “Kami melakukan itu karena kami nilai AD/ART nya bermasalah. Karena secara nalar anggota PPUM yang masih berstatus sebagai tingkat satu mana mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Apalagi ini even besar” ujarnya kepada Setara News saat ditemui di Ruangan WR III Unswagati pada Jumat siang (25/1/2013).

Menanggapi alasan pembubaran tersebut, salah seorang anggota PPUM membantahnya, “Bukan soal tingkat kuliah, tapi kemampuan dan kapabilitas seorang mahasiswa dilihat dari intelektualisme bukan tingkatannya” ujar Faturohman, seorang anggota PPUM yang saat ini berstatus sebagai mahasiswa tingkat satu di Fakultas Pertanian Unswagati,

“Saya pikir kita sudah harus sama-sama dewasa dalam menyelesaikan persoalan, jangan bertingkah seperti anak kecil” tambahnya.

Sampai berita ini dimuat, masih diadakan dengar pendapat di ruangan WR III Unswagati terkait mengenai tuntutan sekelompok mahasiswa.

“Ini kewenangan DPMU, kami tidak boleh seenaknya merubah sembarangan untuk menentukan kriteria dan persyaratan PPUM. Kampus itu ibarat miniatur negara, ada aturan yang harus dipatuhi” Ujar budi, salah seorang staf bidang Wakil Rektor III Unswagati.

Reporter : Kurniawan T Arief

Indonesia Belum Memiliki UU Mata Uang

Tidak ada komentar
Jakarta , SETARANEWS.com — Indonesia baru memiliki Undang-Undang Mata Uang setelah 67 tahun merdeka. Aturan tersebut menjadi pertama kali dilakukan semenjak negara ini pertama kali diproklamirkan.

Seperti yang dikutip dari Kompas, Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan aturan tersebut dibentuk untuk memberikan perlindungan dan kepastian hukum bagi macam dan harga mata uang.

"Jadi, setelah kurun waktu kurang lebih 66 tahun, barulah amanat UUD 1945 tersebut diwujudkan. Untuk pertama kali, sejak republik ini berdiri dan telah menggunakan mata uang resmi rupiah, baru saat ini kita memiliki UU Mata Uang," kata Agus saat memberikan sambutan di acara Kick Off Konsultasi Publik Perubahan Harga Rupiah Redenominasi Bukan Sanering diliput oleh Erlangga Djumena di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (23/1/2013).

Menurut Agus, Pasal 23B UUD 1945 mengamanatkan bahwa harga dan macam mata uang ditetapkan dengan undang-undang. Sebagai pelaksanaan dari amanat Pasal 23B tersebut, telah disusun Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang tersebut, pemerintah bersama Bank Indonesia telah menyelesaikan draf Rancangan Undang-Undang (RUU) Perubahan Harga Rupiah.

Sementara itu, Bank Indonesia (BI) tampaknya tidak ingin program redenominasi ini kandas. Pihaknya sudah merancang bahwa program ini akan bisa terlaksana di 2017 mendatang.

Direktur Direktorat Kebijakan Moneter BI Perry Warjiyo menjelaskan saat ini bank sentral sedang menyiapkan payung hukum soal redenominasi tersebut.

Menurut aturan, Rancangan undang-undang (RUU) Redenominasi sudah masuk program legislasi nasional (prolegnas) di 2013. Dalam setahun RUU ini dapat disahkan, masa transisi tiga tahun dan bisa dimulai pada 2017 mendatang.

Apabila redonominasi nilai rupiah jadi dilakukan, maka nilai sen pun akan kembali lagi berlaku menjadi nilai mata uang terkecil.

Editor : Kurniawan

 

SK Rektor Unswagati Tentang Pembina Teknis UKM Dipersoalkan Mahasiswa

Tidak ada komentar
Cirebon, SETARANEWS.com -  SK Rektor Unswagati tentang pembina teknis UKM dipersoalkan para pengurus organisasi mahasiswa Unswagati.

Hal ini ditandaskan oleh Ketua UKM Seni Budaya Unswagati Nono Suryono kepada Setara News pada Rabu sore (23/1/2013). Ia merasa berkeberatan atas SK Rektor tersebut. “Saya sudah melayangkan surat resmi ke rektor terkait hal ini. Kami meminta agar pembina teknis tersebut benar-benar sesuai dengan kompetensi bidang UKM kami. Kami menginginkan pembina teknis yang sesuai dan memiliki integritas. Jangan hanya pencantuman nama saja” Ujarnya.

Sebelumnya, pihak Universitas melayangkan surat keputusan Rektor Unswagati No : SKEP/012/UNIV/2013 tentang penetapan kembali pembina teknis unit kegiatan dan divisi kegiatan kemahasiswaan Unswagati per tanggal 08 Januari 2013. Didalam surat itu tertera daftar nama UKM berikut nama para pembina teknisnya.

Beberapa hari setelahnya pihak Universitas kembali menyebarkan surat ketetapan (SK) dengan nomor, perihal, dasar ketetapan  dan tanggal ditandatangani yang sama persis dengan surat yang sebelumnya disebarkan. Namun, dengan isi daftar nama pembina teknis yang berbeda alias berubah.

Kejanggalan ini, tentu saja menjadi perbincangan di kalangan pengurus organisasi mahasiswa terutama UKM. Presiden Mahasiswa Unswagati Ginanjar Saputra pun turut berkomentar “Pihak Universitas harus segera membuat pertemuan dengan seluruh UKM, sekaligus ajang media sharing tentang apa yang menjadi kebutuhan dan kemauan UKM tersebut.” tukasnya kepada Setara News via sambungan telepon.

Pihak Universitas ketika dihubungi yakni Wakil Rektor III Unswagati Amanan Drs., MSi., via seluler pada Kamis sore (24/1/2013) belum mengeluarkan peryataan resmi dan mengaku baru mengetahui terkait hal itu, " kita lihat saja nanti besok" katanya.

Reporter : Kurniawan T Arief

 

Besok, Debat Kandidat Calon Presma

Tidak ada komentar
Cirebon, SETARANEWS.com - KPUM Unswagati akan mengadakan Debat Kandidat Calon Presma (Presiden Mahasiswa) Unswagati periode 2013-2014.

Acara ini akan dilaksanakan di kampus satu Unswagati, halaman parkir depan. "Menurut jadwal, acara ini akan kami mulai pukul 10.30 Wib." Menurut Faturrohman salah seorang anggota KPUM Unswagati

Tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Debat Kandidat tahun ini akan dilakukan di ruang terbuka. "Harapannya, agar seluruh mahasiswa Unswagati dapat dengan bebas dan terbuka mengetahui siapa sosok, program kerja dan hal lainnya dari tiap profil calon Presma tersebut." ujarnya.

"Acara ini akan dikemas sedemikian rupa agar mahasiswa dapat secara interaktif dalam forum tersebut. Kami sudah mengundang Rektor, kelihatannya sih mau hadir" tambahnya kepada SetaraNews ketika ditemui di Sekretariat KPUM Unswagati.

Reporter: Kurniawan

 

Bendahara HIPMI Gantung Diri

Tidak ada komentar
Jakarta, SETARANEWS.com - Wakil Bendaraha Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) tewas gantung diri.

Sudiro Andi Wiguno ditemukan tewas gantung diri di rumahnya di kawasan Menteng Residence, Pondok Ranji, Ciputat Timur, Tangerang, Banten, Rabu kemarin.

Seperti dikutip dari Metro TV, korban pertama kali ditemukan salah seorang pembantu rumah tangganya bernama  Supolo.

Pria asal kabupaten Blora, Jawa Tengah ini ditemukan dalam kondisi leher terjerat selendang warna cokelat yang tergantung di jendela kamar.

Jenazah langsung dibawa ke Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan. Saat ini, kasus ini ditangani oleh Polsek Ciputat.

Selain menjabat Wakil Bendara Umum HIPMI, Sudiro Andi Wiguno juga menjabat Direktur Utama PT Daya Indo Resources International yang bergerak di bidang jasa pengangkutan pertambangan.

Editor : Kurniawan

Investasi Luar Negeri Langsung di Indonesia Dinaikkan Hingga 23 %

Tidak ada komentar

Kamis, 24 Januari 2013

Jakarta, SETARANEWS.com - Pemerintah Indonesia berencana meningkatkan investasi asing langsung  (FDI) sebesar 23 persen tahun ini.

Investasi yang kuat tersebut didorong oleh sektor pertambangan, transportasi dan bahan kimia, menunjukkan pelaku usaha tidak memiliki kekhawatiran atas ketidakpastian kebijakan, korupsi dan infrastruktur yang lemah untuk mencari keuntungan dalam ekonomi tumbuh lebih dari 6 persen.

"Investor domestik dan di luar negeri telah merespon positif terhadap upaya untuk memperbaiki iklim investasi oleh pemerintah pusat dan daerah, insentif atas  investasi yang lebih menarik dan kampanye terpadu," kata Chatib Basri, Kepala Badan Koordinasi
Penanaman Modal RI (BKPM) seperti yang dikutip dari Reuters.

Arus masuk asing untuk ekonomi G20 telah meningkat secara signifikan sejak Indonesia meraih kembali status investment grade dari dua lembaga rating tahun lalu. Investasi membuat peningkatan persentase sekitar 30 persen dari perekonomian G20.

Basri tidak memberikan rincian tentang perusahaan investasi. Pertambangan adalah sektor terbesar, meskipun serangkaian aturan baru yang kepemilikan asing terbatas dan ekspor terbatas. Freeport McMoran Copper & Gold Inc (FCX.N) adalah investor pertambangan terbesar yang ada.

Indonesia sangat ingin untuk menarik investasi di transportasi untuk meningkatkan infrastruktur tegang dari bandara ke kereta api, dan ingin investasi di bidang manufaktur kimia untuk mengubah minyak negara itu dan produksi gas alam menjadi produk bernilai tinggi.

Seperti dikutip dari Reuters, sebuah grup perusahaan kosmetik dunia L'Oreal (OREP.PA) asal Perancis, akan membuka pabrik terbesar secara global di Indonesia tahun ini. L'Oreal melihat penjualan di Indonesia tumbuh 30 persen tahun ini sebagai pertumbuhan terpesat se asia.

Kenaikan tajam dalam upah minimum juga menjadi perhatian bagi industri padat karya seperti tekstil, alas kaki dan perkebunan. Beberapa investor Korea Selatan telah ditutup pabrik untuk pindah ke negara lain setelah pemerintah menolak permintaan mereka untuk dikecualikan dari peraturan upah kenaikan, seperti dikutip dari  Jakarta Post.

Namun Basri mengatakan tidak ada perusahaan yang telah diberitahu bahwa mereka ingin menarik investasi dari Indonesia.

"Kami tidak mengharapkan investor asing untuk berhenti datang ke Indonesia, terutama mengingat kenyataan bahwa upgrade infrastruktur sedang berlangsung di negara itu selama tiga sampai lima tahun ke depan," kata Gundy Cahyadi, ekonom OCBC di Singapura.

"Apa yang lebih penting bagi negara adalah bahwa ada kebutuhan untuk terus meningkatkan produktivitas pekerja, terutama di sektor manufaktur, yang telah menjadi relatif terbelakang ke wilayah tersebut." ujarnya.

Editor : Kurniawan T Arief

Tahun 2012, Laba Google Mencapai 50 miliar dolar AS

Tidak ada komentar

San Francisco, SETARANEWS.com - Google melaporkan bahwa keuntungan yang mereka peroleh pada 2012 meningkat dan pendapatan tahunannya mencapai 50 miliar dolar AS.


"Kami mengakhiri 2012 dengan sebuah kuartal yang kuat," kata pendiri dan kepala eksekutif Google Larry Page.


"Kami mencapai pendapatan 50 miliar dolar AS untuk pertama kalinya tahun lalu, bukan prestasi yang buruk hanya dalam satu setengah dekade," ujarnya.


Seperti yang dikutip dari AFP oleh ANTARA, laba kuartal keempat Google naik 6,7 persen dari setahun sebelumnya yakni 2,89 miliar dolar AS, dan untuk setahun penuh laba Google tumbuh 10 persen menjadi 10,74 miliar dolar AS.


Pendapatan Google pada kuartal yang berakhir 31 Desember naik 36 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 14,4 miliar dolar AS. Untuk tahun tersebut, pendapatannya tumbuh menjadi 50,2 miliar dolar AS.


Saham Google melonjak lebih dari lima persen menjadi 738,20 dolar AS dalam perdagangan "after market" yang diikuti rilis angka laba, yang melampaui estimasi Wall Street.


Google mendominasi pasar iklan digital AS, yang tumbuh 14,9 persen menjadi 10,58 miliar dolar AS dalam tiga bulan terakhir tahun lalu, menurut eMarketer.


Pengamat pasar itu memperkirakan Google mengambil lebih dari 41 persen dari pendapatan iklan digital di Amerika Serikat dan "menguasai pangsa lebih besar dari perusahaan lainnya".


Sumber : Antara (Heppy)


Editor : Kurniawan

Mahasiswa UNY Menciptakan Bak Sampah Otomatis

Tidak ada komentar
YOGYAKARTA, SETARANEWS.com - Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta Febri Megantara menciptakan pembuka dan penutup bak sampah otomatis.

Seperti dikutip dari Antara, ia menciptakan inovasi itu untuk memudahkan orang yang ingin membuang sampah tanpa perlu menyentuh tutup tempat sampahnya.
Menurut dia selama ini banyak orang membuang sampah tidak pada tempatnya. Saat ditanya, berbagai alasan mereka kemukakan, salah satunya yang paling sering digunakan untuk berkilah adalah malas.

Rasa malas muncul karena jika ingin membuang sampah pada bak sampah harus terlebih dulu membuka tutup tempat sampah. Fakta yang ada, menurut mereka tutup tempat sampah sangat kotor dan bau.

"Oleh karena itu saya menciptakan pembuka dan penutup bak sampah otomatis berbasis mikrokontroler ATMega 8 yang terdiri atas tiga elemen penting, yakni input, proses, dan output," katanya.

Menurut dia sensor jarak ultrasonik sebagai input, bagian proses menggunakan mikrokontroler ATMega 8, sedangkan motor servo sebagai outputnya.

"Tiga elemen tersebut tidak terlepas dari catu daya menggunakan tegangan DC dari konverter dan tegangan AC dari PLN," katanya.

Ia mengatakan cara kerja pembuka dan penutup bak sampah otomatis itu berdasarkan inputan dari sensor jarak ultrasonik.

Jika sensor jarak ultrasonik menangkap suatu aktivitas di dekat bak sampah, dalam hal ini tangan seseorang dengan jarak lebih dari 35 cm maka motor servo akan bergerak dan membuka tutup bak sampah.

"Setelah terbuka akan ditunda selama lima detik, tetapi jika lima detik di sekitar bak sampah tidak ada aktivitas maka motor servo akan bergerak untuk menutup bak sampah," katanya.

Menurut dia alat yang menghabiskan dana sekitar Rp600.000 itu diharapkan akan membantu seseorang membuang sampah.
Kelebihan lainnya adalah alat itu dikendalikan oleh sensor yang tidak terlihat, dan antiair sehingga dapat diletakkan di berbagai tempat.

Sumber: Antara (B Kunto Wibisono)

Editor : Kurniawan T Arief

Kontrak BUMDes Palimanan Barat dengan PT Indocement Dipertanyakan Warganya

Tidak ada komentar

Selasa, 22 Januari 2013

Cirebon, SETARANEWS.com - Warga Desa Palimanan Barat mempertanyakan soal transparansi dana dari pemanfaatan potensi desa yang diberikan oleh PT Indocement selama ini dengan BUMDes Palimanan Barat.

Hal itu ditandaskan oleh salah seorang warga Palimanan Barat Dirman, yang mempertanyakan tentang status kontrak Transporter batu antara BUMDes Palimanan Barat dengan PT Indocement selama ini ke setaranews pada Senin sore, 21 Januari 2013.

"Banyak potensi Desa yang bisa diselamatkan karena seharusnya itu dapat digunakan untuk peningkatan taraf kesejahteraan hidup masyarakat." Ujar Dirman yang merupakan Ketua Gerakan Pemuda Peduli Desa (GPPD) Palimanan Barat.

"Income yang bisa dimanfaatkan untuk kas desa dari kerjasama transporter batu dapat mencapai ratusan juta rupiah dalam sebulan, ini harus benar-benar digunakan untuk masyarakat, bukan ke yang lain semisalnya apabila terbukti ternyata masuk ke kantong-kantong pribadi." tambahnya.

Reporter : Kurniawan

Jakarta Kebanjiran, Mahasiswa Unswagati Menggalang Dana

Tidak ada komentar
Cirebon, SETARANEWS.com  -- Senin kemarin (21/1/2013), Mahasiswa Unswagati dari berbagai Fakultas menggalang pengumpulan dana di beberapa ruas jalan kota Cirebon untuk korban banjir Jakarta.

Pengumpulan dana ini terlihat di perempatan lampu merah Unswagati. Menurut salah satu koordinator pelaksana nya,Tri Utomo mahasiswa dari Faperta (Fakultas Pertanian) manjelaskan aksi ini dalam rangka kepedulian sosial atas bencana banjir yang melanda masyarakat Jakarta.

Ia menuturkan “aksi ini  telah berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp 969.400,  rencananya kami akan melakukan kegiatan pengumpulan dana hingga hari kamis. ” ujarnya ketika dihubungi oleh Setaranews.com via sambungan telepon.
"Kami akan menyerahkan pengumpulan dana ini langsung ke posko banjir yang ada di Jakarta." Lanjutnya.
Pengumpulan dana ini terbagi dalam beberapa kelompok, ada yang di perempatan lampu merah by Pass depan kampus 3 Unswagati. Ada juga yang di perempatan lampu merah Grage Mall.

Reporter : Santosa

Editor : Kurniawan T Arief

Turki Ancam Adukan Indonesia ke WTO

Tidak ada komentar
Hal Tersebut Terkait Kebijakan Safeguards Terigu yang Diberlakukan Oleh Pemerintah RI

Jakarta, SETARANEWS.com - Turki akan mengadukan Indonesia ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Hal tersebut terkait kebijakan Indonesia yang memberlakukan investigasi safeguard terigu ke semua negara, termasuk Turki yang dimulai sejak agustus 2012.

"Kami sudah membawa kasus ini ke WTO. Sejauh ini aturan safeguard yang diberlakukan Indonesia ini tidak mendasar dan bahkan tidak sesuai dengan aturan WTO. Ini akan diproses," kata Unlu seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (18/1/2013).

Buntut dari kebijakan ini, pihak turki mengancam akan menghentikan ekspor terigu apabila kebijakan investigasi safeguard ini tetap diberlakukan.

Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia (KPPI) telah memulai investigasi safeguard pada 24 Agustus 2012 atas impor tepung terigu berdasarkan permintaan Aptindo. Sementara Kementerian Keuangan telah menyetujui tindakan safeguard tersebut sebesar 20 persen pada Desember 2012.

Saat ini Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia telah menyelidiki dugaan dumping atas terigu impor, sehingga menyebabkan industri dalam negeri kolaps. Selama penyelidikan berlangsung, pemerintah telah menetapkan bea masuk tambahan pengamanan perdagangan sementara sebesar 20 persen.

Safeguard merupakan instrumen pengaman perdagangan melalui pengenaan bea masuk (BM) tambahan atau pembatasan impor dengan kuota. Kebijakan itu diambil jika terjadi importasi yang membanjiri pasar lokal pada periode tertentu. Kebijakan ini baik untuk perkembangan iklim usaha dalam negeri. Sebagai bentuk implementasi perlindungan usaha dalam negeri yang dilakukan oleh pemerintah.

Selama ini WTO dianggap sebagian orang sebagai lembaga dunia yang cenderung melindungi kepentingan Negara-negara maju dengan berbagai kebijakan perdagangan globalnya. Hal ini, semakin memuluskan skema liberalisasi perdagangan dunia yang dalam praktiknya seringkali memunculkan kerugian di pihak Negara-negara dunia ke tiga termasuk di Indonesia.

Contoh kasus seperti yang dialami oleh Indonesia ketika pertengahan 2012 lalu, hampir 60 persen pelaku usaha tempe dan tahu yang menggunakan bahan baku kedelai mengalami kolaps dan gulung tikar ketika pada saat yang sama harga kedelai melambung tinggi terkait anomali iklim yang terjadi.

Oleh : Kurniawan T Arief

Agar Tubuh Tetap Fit Saat Musim Hujan

Tidak ada komentar

Senin, 21 Januari 2013

Cirebon, SetaraNews.com -  Musim hujan menjadikan tubuh lebih rentan terhadap serangan penyakit, khususnya jika kita kurang memperhatikan kesehatan sehingga daya tahan tubuh tubuh terus menurun. Apalagi, dalam beberapa minggu terakhir Unswagati sedang melaksanakan UAS yang tentunya memerlukan kondisi tubuh yang fit agar proses perkuliahan tetap berjalan optimal.

Biasanya, beberapa kondisi yang sering muncul saat musim hujan di antaranya adalah flu, demam, gangguan pencernaan, penyakit kulit, dan kondisi tubuh yang kurang fit.

Kondisi tubuh yang buruk bisa menghalangi anda dari aktifitas sehari-hari. Untuk itu, dibutuhkan persiapan khusus untuk menjaga kebugaran tubuh selama musim hujan, agar daya tahan tubuh tetap prima dan terhindar dari serangan penyakit.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga tubuh tetap fit di musim hujan yang kami himpun dari berbagai sumber:

Asupan makanan bergizi
Selain makan dengan teratur, tubuh juka membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, seperti karbohidrat, vitamin, dan juga mineral. Asupan gizi yang baik berarti meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit. Tingkatkan konsumsi vitamin A dan vitamin C untuk menjadikan tubuh lebih bugar sepanjang hari. Buah dan sayuran merupakan sumber nutrisi yang paling baik, sehingga tidak ada salahnya untuk selalu menyertakannya dalam hidangan harian.

Rajin konsumsi air putih
Minum air putih yang cukup, setidaknya 8 gelas setiap harinya. Batasi minum minuman dingin dan produk minuman beralkohol, agar penyerapan nutrisi oleh tubuh menjadi lebih optimal.

Cukup istirahat
Memberikan tubuh waktu istirahat yang cukup membuat tubuh lebih fit sepanjang hari. Waktu tidur yang kurang menjadikan daya tahan tubuh menurun serta rentan terhadap serangan bakteri dan virus.  Usahakan untuk memiliki waktu tidur yang ideal, yaitu 6 hingga 8 jam setiap malam.

Tetaplah berolahraga
Sisihkan waktu berolahraga selama 30 menit, minimal tiga kali dalam seminggu. Gerak tubuh yang aktif akan memperlancar metabolisme serta menjaga kebugaran tubuh di musim hujan.

Lindungi tubuh dari cuaca ekstrem
Selain menjaga kesehatan dari dalam, jangan lupa untuk melindunginya dari luar. Selalu gunakan jaket dan siapkan jas hujan untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin yang cukup ekstrem.

Atur kesehatan batin
Keadaan stres juga akan mempengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan, sehingga stres harus dikelola dengan tepat. Identifikasi penyebab stres dan siapkan trik untuk menyiasatinya. Praktekkan juga berbagai teknik mengelola stres seperti meditasi, relaksasi, maupun teknik pernapasan untuk menghilangkan stres.

Jaga kebersihan tubuh dan lingkungan
Kebersihan tubuh menjadi lebih penting di saat musim penghujan, karena di saat-saat tersebut tubuh sering memiliki kontak langsung dengan air, baik itu air hujan maupun genangan air di jalanan. Bersihkan tubuh setelah beraktifitas di luar rumah. Perhatikan pula kebersihan muka, tangan dan kaki untuk menghindari berbagai penyakit kulit atau mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh.

Konsumsi suplemen dan multivitamin
Mengkonsumsi pil suplemen dan multivitamin juga sangat baik untuk memenuhi asupan nutrisi perharinya. Terlebih jika anda merasa nutrisi harian yang direkomendasikan belum terpenuhi hanya melalui makanan sehari-hari.

Editor : Kurniawan T Arief

Bentrok di Lapas Kesambi Menewaskan Seorang Napi

1 komentar
Cirebon, (SetaraNews.com) - Seorang narapidana tewas setelah terjadi bentrok antar napi di Lapas Kesambi Kota Cirebon pada Minggu sore (20/1/2013)

Menurut Kepala Lapas Kelas I Kesambi Cirebon seperti dikutip dari detiknews, Teja Sukmana, kericuhan terjadi karena persoalan sepele. Hanya disebabkan karena pembagian makan pada sore hari.

”Ada ketersinggungan, yang berakibat pada tawuran antar blok. Dua blok yaitu A dan B menyerang blok F,” tutur Teja usai sweeping Lapas oleh Polres Cirebon Kota, Minggu (20/1/2013).

Tawuran tersebut dimulai dari cekcok mulut antar napi saat di ruang makan lapas sekitar pukul 16.00 WIB.

Masalah sepele tersebut diduga menyulut tawuran berdarah.

Di tempat kejadian, polisi berhasil mengamankan sejumlah batu dan genteng yang digunakan sebagai senjata oleh para napi saat tawuran.

Korban yang tewas itu adalah Frengky Hutubessy, tercatat sebagai warga Jl Perkutut I no 2 RT/RW 007/03 Kav Harapan Kota Kelurahan Harapan Jaya Kec Bekasi Utara Kota Bekasi Jawa Barat. Seorang narapidana pindahan dari Lapas Sukamiskin Bandung.

Editor : Kurniawan T Arief

 

Sebagian Besar Fakultas Tengah Melaksanakan UAS

Tidak ada komentar

Minggu, 20 Januari 2013

Cirebon, (Setara News) – Mulai besok (Senin, 21/01/2013), sebagian besar Fakultas di Unswagati tengah menjalani UAS (Ujian Akhir Semester) Ganjil.

Bahkan, kampus dua Unswagati sudah sejak seminggu yang lalu terlihat lengang dari biasanya.

“Satu minggu sebelum UAS memang agak sepi, karena sudah masuk minggu tenang.” Ujar Bayu Prasetyo, salah seorang mahasiswa pendidikan Matematika kepada setara.

“Bahkan, beberapa teman saya di jurusan Bahasa Inggris sudah lebih dulu UAS minggu ini.” Tambahnya.

Seperti biasanya, jadwal pelaksanaan UAS di setiap Fakultas memang berbeda-beda. Fakultas Ekonomi Akuntansi dan FKIP sudah sejak minggu lalu melaksanakan UAS. Sedangkan Fakultas Pertanian dan Tehnik baru akan melaksanakan agenda UAS besok pagi.

Sementara Fakultas Hukum dan FISIP akan melaksanakan UAS secara bergantian.

Reporter : Kurniawan T Arief

Banjir Jakarta Diberitakan Hingga Luar Negeri

Tidak ada komentar
Jakarta (Setara News) - Tidak saja menjadi headline media massa dalam negeri, bencana banjir yang masih melanda Jakarta juga diberitakan luas oleh berbagai media terkemuka dunia.

Jaringan penyiaran terkemuka Inggris, BBC, menurunkan judul "Indonesian capital Jakarta hit by deadly flooding"(Ibukota Indonesia Jakarta ditimpa banjir mematikan).

Menurut BBC, banjir besar di Jakarta yang disebabkan oleh hujan deras selama beberapa hari sebelumnya ini telah menutup jalan dan pusat-pusat bisnis di Jakarta.

BBC juga mengutip pernyataan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo bahwa Jakarta sudah ditetapkan dalam keadaan darurat.

Sementara itu, radio ABC Australia, dalam lamannya menurunkan headline,"Thousands evacuated as Jakarta floods" (ribuan orang mengungsi akibat banjir di Jakarta).

ABC menyoroti tim penanganan bencana bersiap mengungsikan sekitar 350 ribu warga Jakarta, sedangkan puluhan ribu warga sudah lebih dulu mengungsi.

Media Australia ini juga mengutipkan keterangan pihak berwenang Indonesia bahwa banjir Jakarta ini dikhawatirkan akan sama dengan banjir serupa pada 2007 .

Sama dengan BBC News. ABC juga merilis pernyataan Jokowi, termasuk tekad sang gubernur untuk mencari "terobosan" dalam mengatasi banjir.

Sementara itu, jaringan data seketika berbasis di Amerika Serikat, Bloomberg, menurunkan berita pengumuman keadaan darurat di Jakarta dalam artikel berjudul "Jakarta Emergency Declared as Floods Swamp President’s Office".

Bloomberg juga menyinggung banjir ini dengan kunjungan Presiden Argentina Cristina Fernandez de Kirchner kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang juga dijadwalkan menjamu PM Jepang Shinzo Abe keesokan harinya.

Bloomberg juga merilis pengumuman keadaan darurat Jokowi.

Sedangkan kantor berita Malaysia, Bernama, menurunkan berita mengenai kemungkinan diungsikannya warga Malaysia di Jakarta.

"Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta menyiapkan rencana darurat untuk mengungsikan warga Malaysia yang tinggal di Jakarta jika situasi terus memburuk," tulis Bernama pada laman resminya dalam Bahasa Inggris.

Berbeda dari Bernama, harian ekonomi terkemuka Amerika Serikat, Wall Street Journal, dalam lamannya menurunkan berita berjudul "Floods Paralyze Jakarta" (Banjir lumpuhkan Jakarta).

The Journal melaporkan banjir Jakarta ini menewaskan setidaknya empat orang dan membuat ribuan orang terpaksa meninggalkan tempat tinggalnya.

The Journal juga melaporkan, banjir telah membuat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengundurkan waktu pertemuan dengan Presiden Argentina Cristina Kirchner, sampai sekitar 90 menit.

Kemudian, harian papan atas AS, New York Times, dalam lamannya menurunkan judul "Torrential Rains Paralyze Jakarta" (Hujan lebat lumpuhkan Jakarta).

The Times menyebutkan, hujan lebat yang membuat ibukota Indonesia itu dilanda banjir dan melumpuhkan Jakarta, telah menelan empat korban jiwa dan ribuan orang mengungsi.

"Sejumlah bagian ibukota terendam air setinggi kira-kira enam kaki, bahkan Istana Kepresidenan juga tak luput karena air juga memasuki kompleks Istana.  Sementara pusat bisnis direndam air setinggi kira-kira 18 inci," tulis The Times.  (*)

Oleh: Jafar M Sidik

Sumber: Antara

Redaktur : Kurniawan T Arief

Resume Buku Terorisme di Indonesia dalam Tinjauan Psikologi

Tidak ada komentar
Penulis : Sarlito Wirawan Sarwono
Editor : Aisyah
Penerbit : Pustaka Alvabet
Cetakan : I, Juli 2012
Ukuran : 13 x 20 cm
Tebal : 192 halaman
ISBN : 978-602-9193-19-8

Resume:

Ada 10 (sepuluh) point di dalam buku Terorisme di Indonesia, di dalam buku tersebut diantaranya; Lima Ide Berbahaya, Profil Pelaku Bom Bali I, Analisis Keadaan Psikologis Mantan Tahanan Teroris, Apa yang Ada dalam Benak Mereka, Radikalisme da Terorisme di Indonesia; dulu dan sekarang, Bigot, Bahaya Terorisme; Penyusupan dalam Masyarakat, Radikalisme Islam Menyusup ke SMU, Agama, Epilog; dari radikalisme ke Disengagement (putus hubungan), Laporan sarasehan.

Pendahuluan

Pelaku terorisme di Indonesia merupakan orang-orang yang normal, mereka tidak memiliki kelainan jiwa, mental, dan pola hidup dengan masyarakat lainnya. Diungkap dari video documenter Bom Bali 1, Daniel Rudy Haryanto yang melakukan wawancara terhadap 4 terpidana Bom Bali 1 yakni Imam Samudra, Amrozi, Gufron, dan Ali Imron. Mereka memiliki ideology yang berbeda , ideology mereka radikalisme setara dengan ideology Kamikaze Jepang dalam Perang Dunia II, dan ideology pejuang Kemerdekaan RI 1945 menurut penelitian yang dikembangkan oleh Lembaga Penelitian Psikologi UI.

Perkembangan ideology tentang radikalisme sangat mengkhawatirkan, karena pada tahun 2011 terjadi bom bunuh diri yang dilakukan oleh  Muhammad Syarif di dalam masjid Polresta Cirebon, bom buku Ramawangun, terror bom di Gereja Serpong Damai, dan bom di gereja Solo oleh Hayat adalah orang-orang yang tidak dikenal oleh polisi maupun oleh para ikhwan yang masih di dalam Rutan, ataupun yang sudah bebas.

Lembaga Kajian Islam dan Perdamaian pada tahun 2011 melakukan penelitian jejak pendapat terhadap kalangan SMP dan SMA sejabodetabek bahwa tingkat kesetujuan terhadap penggunaan kekerasan dalam isu agama seperti penyegelan, merusak tempat ibadah agama lain yang bermasalah, menyegel tempat hiburan, dan menghakimi pasutri yang tidak sah, sebanyak 48,9% hingga 75,3%. Sedangkan 21,1% menyatakan bahwa pancasila tidak relevan sebagai ideology negara.

Ada 5 (lima) ide berbahaya menurut psikolog dari Universitas Pennsylvania - AS; Roy J Eidelson dan Judy I Eidelson dalam artikelnya yang berjudul “Dangerous Ideas” yaitu; ide, gagasan, atau kepercayaan akan berbahaya jika terjadi pada individu yang mengalami perasaan tidak senang, tidak percaya diri, sampai gelisah, dan gangguan neurosis (Neurosis adalah kesalahan penyesuaian diri secara emosional,  karena tidak selesai konflik alam tidak sadar), sementara pada tingkat kelompok dapat memicu kekerasan antar kelompok. Kelima ide itu adalah superioritas, ketidak adilan, kerentanan, ketidakpercayaan, dan ketidakberdayaan.

Analisis Keadaan Psikology Mantan Tahanan Teroris

Wawancara yang dilakukan terhadap anggota dan mantan anggota Jamaah Islamiyah menunjukan bahwa ada berbagai macam motivasi yang berbeda yang dapat membuat seseorang terlibat dalam terorisme, mulai dari sekedar ikut-ikutan untuk membantu teman tanpa mengetahui apa yang sebetulnya terjadi, sampai pada jihad ekstrem yang sesungguhnya, yang rela mengorbankan jiwa bagi kemenangan islam.  Terlepas dari perbedaan motivasi, terdapat kesamaan diantara para subjek; mereka semua ingin memperbaiki keadaan, yang mereka anggap sebagai tidak adil, dan tidak sejalan dengan ajaran islam. Pemerintah pada umumnya dituduh tidak adil pada islam, dan cara menjalankan negara dianggap tidak islami. Mereka melihat islam secara hitam putih antara baik dan buruk. Mereka memaknai Al-qur’an secara, leteral dan tekstual, yang ingin mengimplementasikan tanpa pertimbangan konteks sosial dan budaya. Oleh karena itu, jihad dianggap penting untuk memperbaiki situasi negara, dan jihad yang mereka pahami sebelum ditangkap artinya adalah memerangi mereka yang non muslim, dan muslim yang tidak mempraktikkan islam sesuai hukum syariah.

Proses Bergabung dengan Kelompok Teroris;  Untuk merekrut anggota baru, kelompok fundamentalis melakukan pendekatan yang berbeda. Intinya adalah menyasar pada krisis identitas. Melalui kerabat, teman, guru, organisasi tersebut menawarkan informasi religious yang dibutuhkan oleh sang subjek, atau komitmen untuk terlibat langsung dalam upaya membela islam juga kesempatan untuk membalas dendam. Kemudian mereka menjanjikan, mulai dari sedikit informasi mengenai islam sampai lowongan pekerjaan, status ebagai anggota JI, dan bahkan kehidupan yang indah di surge beserta fasilitasnya sebagai seorang syuhada di mata Allah. Para subjek didorong untuk meninggalkan identitas pribadi mereka dan mengubahnya menjadi identitas kelompok, atau JI. Hal ini sejalan dengan proses psikologis yang disebut “depersonalisasi” (Simeon & Abugel, 2006). Sekali mereka telah mengalami depersonalisasi, mereka akan melupakan  seluruh kepentingan pribadi dan mereka menggantinya dengan tujuan utama organisasi.

Secara umum tidak ada ekspresi verbal yang mengindikasikan motivasi apapun untuk melakukan bunuh diri atau klaim menjadi syuhada yang keluar dari subjek pelaku. Sebagian dari mereka rela mati demi kejayaan syariah. Artinya dalam situasi tertentu dimana kematian menjadi syarat membela islam, mereka tidak akan ragu-ragu untuk melakukannya. Situasi tersebut, dimana peran seseorang sebagai anggota kelompok lebih penting daripada kepentingan individualnya sampai sanggup mengumpulkan kepercayaan diri untuk melakukan bunuh diri, dalam psikology tersebut sebagai contoh dari Teori Kepatuhan – Milgram 1974.

Kelompok/organisasi, menggunakan ayat-ayat Al-qur’an dan hadis yang diartikan secara literal, berarti bahwa orang yang berada di luar kelompok dianggap thoghut atau kafir. Sehingga ada upaya merasionalisasikan kekerasan atas dasar presepsi pemerintah yang tidak serius menangani kebatilan, halalnya menghukum kebatilan, doktrin perang global, penjajah AS, dan hukum syariah harus ditegakkan.

Beberapa dari mereka masih mengekspresikan perasaan tidak puas terhadap pemerintah, kepolisian, dan orang-orang Kristen, tetapi tidak seintensif sebelumnya. Mereka juga menginginkan masa depan yang bahagia bersama anggota keluarga mereka setelah dibebaskan dari penjara. Ada beberapa lainnya yang masih radikal dengan mempengaruhi lingkungan agar menjadi lebih radikal.

Beberapa ahli mengatakan bahwa pelaku bom bunuh diri adalah orang-orang yang psikopat/neurotic. Namun penulis menemukan bahwa tidak ada kelainan sakit mental atau kalinan pribadi. Tidak ada sindrom skizofrenik, tidak ada tanda-tanda neurotic, namun memiliki pemikiran yang berbeda. Ada 2 (dua) tipe teroris yang berbeda yakni  actor intektual dan pelaku eksekusi.

Bagaimana mengisi pikiran mereka?

Pelaku bom bunuh diri direkrut pada anak-anak muda berumur antara 15-25 tahun,  dengan penuh bimbingan, disorientasi, dan secara sosial psikologi terisolasi. Dengan kata lain orang-orang baru memiliki pemikiran yang kosong. Proses yang lebih jauh dengan orang-orang yang berpikiran kosong, dengan diberi ajaran agama (ideology bidang politik) ajaran tersebut dirawat melalui diskusi dan pengawasan yang ketat dan harus tetap terisolasi dari berita dan informasi luar. Terdapat kecenderungan yang kuat bahwa actor intelektual yang berada di belakang perencanaan mengaplikasian pendekatan yang berbeda untuk merekrut teroris yang baru.

Sejarah kemerdekaan Indonesia menunjukan bahwa radikalisme dan terorisme berkali-kali terjadi, namun tidak semua berdasarkan ideology islam. Padathaun 1948 dan 1965 terjadi pemberontakan dan percobaan kudeta oleh PKI. 1950 pemberontakan Permesta dimotori oleh TNI di luar Jawa. GAM, Gerakan Papua Merdeka, Riau dan kaltim berwacana keluar dari NKRI. 1994-2004 kerusuhan sectarian di Ambon dan Poso.

Dampak ke Depan ideolgi radikal terorisme masih mengancam kesatuan dan persatuan NKRI serta keutuhan bangsa Indonesia. Saran penulis adalah melakukan pemetaan radikalisme, di berbagai lapisan masyarakat, melarang mantan napi berkhutbah, mengembangkan kegiatan penggalangan dukungan dan kepedulian seluruh komponen masyarakat dalam rangka cegah dan tangkal penyebaran faham radikal dan aksi terorisme.

Setelah melakukan Pemberdayaan Dakwah, Ikhwan-ikhwan yang pada mulanya (tahun 2009) berbicara keras, sekarang sudah bisa bicara di TV dengan membawa misi damai, malah cenderung mendukung NKRI. Apalagi dengan program silaturohmi antara pelaku bom dengan kroban. Namun orang orang hanya melihat bahwa program deradikalisasi gagal, sehingga menjadi residivisme dari mantan teroris, dan terorisme berlangsung terus. Residivisme memang terjadi, tetapi dari sekian banyak ikhwan yang terlibat dalam program ini (sejak 2009), tidak ada seorang pun yang mengjadi residivis. Yang terjadi justru munculnya wajah-wajah baru pelaku bom bunuh diri, yang berasal dari umat islam yang awam/mainstream yang meradikalisasi dirinya sendiri. Inilah ancaman yang perlu diwaspadai.

 

Oleh : Santosa

BEM FKIP Unswagati Gelar Pekan Pelestarian Seni Budaya dan Pembentukan Intelektual

Tidak ada komentar
BEM FKIP Unswagati Akan Menggelar POSBI Pekan Pelestarian Seni Budaya dan Pembentukan Intelektual.

SETARANEWS, Cirebon -- Sabtu (19/1) BEM FKIP Unswagati akan menggelar acara Pekan Olahraga, Pelestarian Seni Budaya dan Pengembangan Intelektual. Acara yang bertujuan meningkatkan kompetensi bidang intelektualan, kesenian, dan olahraga; ini rencananya akan diselenggarakan berdasarkan Technical Meeting nanti 9 Februari 2013.
Ada 3 jenis lomba dalam Posbi tersebut, diantaranya;

  1. Intelektual; Debate dan Karya Ilmiah

  2. Olahraga; Futsal

  3. Kesenian; Tari topeng dan Karawitan


Acara yang diselenggarakan oleh BEM FKIP Unswagati ini, rencananya pendaftaran akan dibuka pada tanggal 28 Januari hingga 8 Februari 2013. Ketentuan lebih lanjut dapat menghubungi CP; Rizky (Ketua) 089618504562, Mala (Pendaftaran) 089631054084, Hilda 085797262044.

Reporter : Santosa

Pendaftaran Seminar Nasional UMC Sudah Ditutup

Tidak ada komentar
Seminar Nasional UMC - Meningkatkan Keterampilan Menulis Guna Meningkatkan Daya Saing Publikasi Ilmiah Bangsa Indonesia Sudah Ditutup.

Acara seminar yang diselenggarakan oleh HimaPGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon ini terbilang cukup antusias dari respon pembaca. Kegiatan seminar Nasional yang direncanakan akan menghadirkan pemateri:
1. Tekhik2 Penulisan Karya Ilmiah >> Dr. Sulhadi,M.Si. (Dosen UNNES)
2. Tata cara mempublikasikan karya tulis ilmiah k jurnal nasional/internasional >> Prof. Dr. Sumandiyo Hadi (Reviewer Penelitian DP2M Dikti, Staf Ahli BNSP, dan Asesor BAN PT)

Seminar yang mewajibkan kontribusi dari peserta sebesar; Rp 40.000,- (Mahasiswa), Rp 50.000,- (Umum) sudah ditutup hari ini karena kuota yang terbatas. Meskipun di dalam poster menunjukan batas pendaftaran akan ditutup besok minggu (20/1).

Menurut kordinator Hima PGSD UMC Watu Belah - Cirebon, ketika SetaraNews menghubunginya hari ini sabtu (19/1), Kiki menyebutkan bahwa, "Pendaftaran memang ditutup besok hari, namun karena kuota yang terbatas. Terpaksa kami tutup hari ini."


Reporter : Santosa
Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews