Responsive Ad Slot

Beasiswa S-1 sampai S-3 dari Pemerintah India

Tidak ada komentar

Sabtu, 19 Januari 2013

Jakarta (Setara News) – Tak hanya Amerika Serikat dan sejumlah negara di Eropa, negara-negara di Asia juga sudah menjadi opsi yang diperhitungkan oleh para pelajar yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. India salah satunya.

Indian Council for Cultural Relation (ICCR) kembali menawarkan beasiswa dari pemerintah India untuk para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi, mulai dari S-1, S-2 sampai S-3. Beasiswa terbuka untuk semua bidang, kecuali kedokteran, kedokteran gigi, keperawatan dan bidang lain yang terkait kesehatan.

Kandidat S-1 dan S-2 bisa memilih bidang-bidang seni, arsitektur, literatur, dan bisnis serta teknik dan pertanian. Kandidat S-3 bisa memilih semua bidang yang tersedia di universitas di India.

Beasiswa ini meliputi biaya kuliah, biaya hidup dan uang saku, biaya perjalanan pulang pergi Indonesia-India, subsidi pembelian buku serta biaya lainnya, termasuk biaya tur tahunan.

Untuk mendaftar, kandidat harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Untuk memastikan kemampuan kandidat, ICCR akan menyelenggarakan tes kompetensi bahasa Inggris di Kedutaan Besar India untuk Republik Indonesia di Jakarta.

Jika berminat, kandidat harus melayangkan aplikasi paling lambat tanggal 15 Februari 2013. Informasi selanjutnya tentang syarat dan aplikasi bisa dilihat di laman resmi penawaran beasiswa oleh Kedubes India dan Konsulat Jenderal India di Medan ini.

SUMBER: kompas

Redaktur : Tri Utomo

Pengkhianatan Intelektual

Tidak ada komentar

Jumat, 18 Januari 2013

Oleh : Redaksi LPM Setara

Bila dicermati, makin sedikit ditemukan cendekiawan atau intelektual berdedikasi di Indonesia. Ironisnya, lebih banyak ditemukan intelektual yang terjun ke dunia politik, di mana mereka sering kali menggadaikan nilai-nilai kebenaran demi memperoleh kekuasaan.

Diakui, dunia politik memberikan peluang kepada tiap orang untuk melakukan berbagai cara demi memperoleh kekuasaan. Bila sudah memperoleh kekuasaan, maka berbagai cara pula dilakukan demi mempertahankan kekuasaannya. Ciri khas demikian tak luput dari dunia perpolitikan di Indonesia.

Lalu, apa jadinya bila intelektual masuk ke dunia politik? Kita tahu bahwa intelektual merupakan orang-orang yang menjunjung kebenaran, bukan kekuasaan. Julien Benda (1867-1956) mengatakan bahwa intelektual merupakan sosok yang dalam perhatian utamanya mencari kepuasan dalam mengolah seni, ilmu pengetahuan atas renungan metafisika, dan bukan hendak mengejar tujuan-tujuan praktis. Seorang intelektual senantiasa mengedepankan hati nurani, bukan logika. Namun bila intelektual sudah mengabaikan hati nurani, nantinya terjadi apa yang disebut pengkhianatan intelektual. Hal ini terjadi bila intelektual mengkhianati hati nuraninya hanya untuk memberikan pembenaran terhadap langkah-langkah yang dilakukan oleh penguasa. Intelektual demikian, senantiasa merasionalkan apa yang dilakukan pemerintah bahwa hal tersebut benar, meski di dalam hati nuraninya mengatakan bahwa langkah tersebut keliru.

Jadi, boleh dibilang, intelektual berdedikasi salah satu cirinya ditunjukkan dengan ketegarannya menuruti apa kata hati nuraninya, sebab hati nurani tidak akan pernah berbohong. Hal ini pula yang akan membentuk sikap dan perilaku intelektual dalam menjalankan peran keintelektualannya, terutama dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat. Ini berarti pula, intelektual yang berdedikasi atau tidak, sebetulnya tidak cukup dilihat dari apakah dia terjun ke dunia politik atau tidak, tapi apakah dia memberikan pemecahan terhadap masalah yang dihadapi masyarakat atau tidak. Makin sedikitnya intelektual yang berusaha memecahkan permasalahan masyarakat, bisa jadi disebabkan oleh sikap acuh tak acuh mereka terhadap masalah-masalah yang ada di sekitarnya.

Memang diakui, intelektual yang terjun ke dunia politik, relatif lebih berat godaannya untuk mengkhianati keintelektualannya, ketimbang yang tidak bersinggungan dengan dunia politik. Tapi di sisi lain, intelektual yang tidak terjun ke dunia politik pun, bisa saja mengkhianati keintelektualannya, bila dia menjadi corong penguasa.

Karena itu, makin sedikitnya intelektual yang berdedikasi, bisa saja disebabkan oleh makin banyaknya cendekiawan yang terjun ke dunia politik. Mereka lebih berfokus pada kepentingan diri dan kelompok ketimbang memikirkan kepentingan rakyat. Selain itu, mereka lebih berpikir bagaimana cara mempertahankan kekuasaan ketimbang berpikir bagaimana membuat rakyat bisa makmur dan sejahtera. Bila ini terjadi, intelektual sudah tidak menjalankan fungsinya, tapi justru bertolak belakang dengan apa yang seharusnya dilakukan.

Namun, bukan berarti bahwa cendekiawan tidak boleh terjun dalam dunia politik apalagi sama sekali tidak peduli dengan politik. Bagaimanapun, segala apa yang bersinggungan dengan hajat hidup orang banyak, senantiasa menggunakan kekuatan politik. Begitu pun bila ingin memperbaiki masyarakat, biasanya kekuatan politik diperlukan untuk memperoleh hasil yang lebih optimal. Nah, sebagaimana fungsinya untuk memecahkan permasalahan masyarakat, maka sebetulnya wajar bila intelektual terjun ke dunia politik ataupun bersinggungan dengan dunia politik agar misi tersebut bisa lebih efektif dilakukan. Inilah yang sering kali dijadikan alasan bagi intelektual yang berpolitik, tapi tak jarang mereka lupa terhadap misi yang diemban bila sudah terbius dengan nikmatnya kekuasaan. Karena itu, intelektual harus mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan terjun ke dunia politik.

Tentu hal ini tidak boleh dibiarkan terjadi berlarut-larut. Kita membutuhkan intelektual berdedikasi, apalagi di tengah beragamnya permasalahan bangsa saat ini. Memang dibutuhkan usaha yang lebih panjang untuk menciptakan intelektual berdedikasi, karena hanya melalui pendidikan, terutama di perguruan tinggi, intelektual demikian bisa dibentuk. Menurut Muhammad Hatta, perguruan tinggi tidak hanya berperan untuk membekali mahasiswa dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan, tapi juga moral. Kekuatan moral inilah yang sebetulnya dapat menjaga agar nilai-nilai keintelektualan dapat senantiasa terinternalisasi dalam diri mahasiswa dan pasca menjadi mahasiswa. Karena itu, di pundak perguruan tinggilah diharapkan tercipta lulusan yang dapat tampil sebagai barisan cendekiawan dengan dilengkapi cipta, rasa, dan karsa, serta wawasan luas jauh ke masa depan. Sangat mungkin kehadiran mereka akan mengembalikan citra bangsa bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar dan terhormat.

Beasiswa Doktoral (S3) ke Amerika dari Dikti

Tidak ada komentar

Kamis, 17 Januari 2013

 


Program ini terbuka untuk pelamar yang melayani sebagai staf pengajar perguruan tinggi baik PNS maupun swasta di Indonesia. Pelamar harus memiliki:


gelar Master (S2) dengan IPK minimal 3,0 (skala 4,00)
Memiliki mentalitas kepemimpinan
Memilikipemahaman yang baik tentang kebudayaan Indonesia dan internasional
Memiliki  komitmen pada bidang studi pilihannya
Bersedia untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan program Fulbright-DIKTI
Minimal ITP TOEFL skor 575 atau skor IELTS 6.5 atau IBT skor TOEFL 90. (Harap dicatat bahwa TOEFL prediksi atau TOEFL-like  tidak diterima.)


DISIPLIN
Semua disiplin ilmu dan bidang studi yang memenuhi syarat untuk penghargaan Fulbright.
Bidang studi yang tercakup dalam program beasiswa Fulbright di masa lalu terbatas pada Ilmu Sosial dan Humaniora.


oleh : Kurniawan T Arief

742 Mahasiswa Unswagati resmi di Wisuda

Tidak ada komentar

Rabu, 16 Januari 2013

Cirebon (Setara News) – hari ini Rabu (16/1/2013) sebanyak 724  mahasiswa yang terdiri dari 634 Sarjana dan 90 Magister Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon melakukan sesi pelepasan resmi di Convention Hall Hotel Zamrud.

Sesuai Surat Keputusan (SK) Rektor Nomor : SKEP/ 015/UNIV/I/2013 tentang Lulusan Sarjana dan Magister Wisuda XXXVII Tahun Akademik 2012/2013 menyebutkan, mahasiswa sarjana yang diwisuda terdiri dari Fakultas Hukum Prodi Studi Ilmu Hukum sebanyak 74 orang, Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen sebanyak 68 orang, Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi sebanyak 27 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia sebanyak 50 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pend. Bahasa Inggris sebanyak 173 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pend. Matematika sebanyak 105 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pend. Ekonomi sebanyak 94 orang.

Selanjutnya mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Administrasi Negara sebanyak 12 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi sebanyak 5 orang, Fakultas Pertanian Program Studi Agroteknologi sebanyak 6 orang, Fakultas Pertanian Program Studi Agribisnis sebanyak 4 orang, Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil tercatat sebanyak 16 orang.

Sedangkan mahasiswa pascasarjana yang diwisuda merupakan mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara sebanyak 16 orang, Pascasarjana Program Studi Agronomi sebanyak 8 orang, Pascasarjana Program Studi Ilmu Hukum sebanyak 28 orang, dan mahasiswa Pascasarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia sebanyak 38 orang.

Dalam agenda wisuda tersebut, seperti biasanya dilakukan sidang senat terbuka yang dipimpin langsung oleh Rektor  Unswagati, Dr. H. Djakaria Machmud SE. SH. Msi. Dan di dampingi Wakil Rektor dan Dekanat.

Dalam sesi wisuda kali ini turut pula diisi dengan keynite speaker Menteri Pekerjaan Umum Kabinet Indonesia Bersatu II, Djoko Kirmanto.

Dalam pidatonya Rektor Unswagati, sempat mengeluarkan statement perihal peralihan status Unswagati menjadi perguruan tinggi negeri yang sedang di upayakan “Proses PTN sudah disampaikan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Insya Allah tahun ini sudah PTN” ujarnya.

Reporter : Tri Utomo R

Editor : Kurniawan T Arief

Besok, LPM Setara akan mengadakan diskusi publik soal RSBI

Tidak ada komentar
Cirebon (Setara News) - Besok (17/1) LPM Semua Tentang Rakyat (Setara) Unswagati Cirebon akan mengadakan agenda diskusi publik tentang RSBI di Aula kampus satu.

Menurut ketua pelaksananya Hari Saptarengga, kegiatan tersebut sebagai agenda rutinan LPM Setara khususnya yang berkaitan dengan persoalan yang sedang mengemuka di masyarakat.

"persoalan tentang RSBI yang diidentikkan dengan komersialisasi pendidikan sebenarnya sudah menjadi polemik yang lama. Namun, beberapa hari lalu MK (mahkamah Kontitusi) telah membatalkan aturan mengenai hal tersebut dan menjadi isu populis karena pada kenyataannya masyarakat pun banyak yang berkebaratan dengan konsep RSBI tersebut. Inilah kemudian yang mendasari kami untuk mengambil agenda tentang polemik RSBI' Ujar hari kepada setara ketika ditemui di sekretariatnya (16/1)

Pembicara yang sudah dipastikan hadir antara lain Ketua PGRI kota Cirebon (Djodjo Sutarjo, SE.MM),Sekretaris Dinas Pendidikan (Drs.Dana Kartiman),Ketua Dewan Pendidikan yang diwakili oleh bidang SDM (bpk.Drs.Yohanes Muryadi) dan Indra Yusuf S.Pd sebagai moderator.

"Sebenarnya ada Prof Dr H Abdul Rozak (Dekan FKIP Unswagati) yang kami harapkan keikutsertaannya, namun sayang beliau tidak bisa. Begitupun dengan Prof Djohan W (Wakil Rektor I Unswagati). Mereka sepertinya sibuk karena kebetulan saat ini masih dalam agenda dies natalis Unswagati" tambah Hari.

"Kami mengundang seluruh elemen pendidikan di Kota Cirebon. Baik itu pengajar maupun pelajar atau mahasiswa. Namun sayang, barusan tadi saya mendapat laporan dari tim humas ada insiden kecil di SMA Negeri 4 Kota Cirebon. Mahasiswa yang mengantarkan undangan kesana malah dibentak-bentak dengan cara yang tidak patut oleh seorang guru piket. Bahkan sampai disuruh melepas kerudung. Hal ini akan kami proses setelah acara ini berakhir. Kita lihat saja nanti" Ujar Hari menambahkan.

Acara yang terbuka dan bebas untuk seluruh elemen masyarakat ini akan dimulai pukul 13.00 wib sampai dengan pukul 15.30 wib.

Reporter : Kurniawan T Arief

Brimob menjaga ketat sidang mahasiswa korban bentrok Unpam

Tidak ada komentar
Jakarta (Setara News) - Selasa, 15 Januari 2013 PN Tanggerang kembali menggelar sidang pokok perkara terhadap Lima Laskar Pejuang Unpam

Kelima mahasiswa tersebut adalah Yudi Rizali Muslim, Rian Sartono Perdana, Ilham Firmansyah Rani, Bernadectus M Pradhipta, Soleman Keno yg pada 18 Oktober 2012 lalu mereka ditangkap paksa pasca aksi demonstrasi penolakan kedatangan Wakapolri Komjen Nana Sukarna ke kampus mereka.

" padahal menurut kami masih ada kekurangan dalam hal administratif, kita sudah ajukan aksepsi. Sidang sangat cepat, enggak sampai 15 menit.pembacaan dakwaan harusnya banyak yang direvisi" ujar  Fahmi, Humas KBM Unpam yang dihubungi Setara via seluler.

sebelumnnya, para korban penangkapan Unpam mengajukan sidang pra peradilan, namun tanpa melalui prosedural hukum berita acara persidangan yang benar, Kelimanya langsung digiring untuk menjalani sidang pokok peradilan tanpa ada pemberitahuan dan sepengetahuan kuasa hukumnya. "Yang paling parah saat proses kelima pemohon tidak didampingi kuasa hukum. Padahal dalam UU wajib didampingi Kuasa Hukum," ujar kuasa Hukum pemohon, Hendra Supriyatna seperti dikutip dari msn.

"Alhamdulilah, kawan-kawan sudah mulai dihadirkan ke persidangan. namun dengan penjagaan ketat" ujar Boma Angkasa, salah satu korban penangkapan yang sudah bebas kepada Setara.

Sidang di mulai kurang lebih sekitar jam 15.30 wib dengan penjagaan yang sangat ketat. Sempat terjadi ketegangan beberapa saat antara puluhan Mahasiswa yang menamakan diri Komando (Konsolidasi Mahasiwa Nasional Indonesia ) wilayah Jakarta Selatan dan Tanggerang selatan dengan pasukan Brimob yang bersenjata lengkap. Ketegangan ini dipicu karena mahasiswa dihalang-halangi oleh Polisi  pada saat mereka ingin memasuki ruangan ketika sidang akan dimulai.

"Seolah proses sidang ini sengaja dipercepat, kesannya agar sidang pra peradilan yang menggugat Kapolri Jenderal Pol. Timur Pradopo sebagai Termohon I dan Kapolda Irjen Putut Bagus Eko Bayuseno selaku Termohon II, dan Termohon III Dirkrimum Mapolda Metro Jaya dan Kasat Kemneg Metro Jaya itu gugur  dan batal. Karena salah satu gugurnya pra peradilan, adalah dimulainya sidang pokok perkara"  tambahnya.

"Kita tetap melakukan upaya penangguhan. karena sejak penangkapan dan penahanan tersebut jelas sudah mengganggu hak mereka mendapatkan pendidikan, mengingat mereka berlima sampai saat ini masih berstatus sebagai Mahasiswa. Kawan-kawan korban kriminalisasi , bukan pelaku kriminal. " ujar Boma yang juga ketua Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum Unpam tersebut.

Setelah Pembacaan dakwaan yg dibacakan jaksa terhadap Lima Laskar Pejuang Unpam, kuasa hukum Lima Laskar Pejuang Unpam yaitu Tipmaka (Tim Pembela Mahasiswa Atas Kekerasan Aparat) Ibrani SH mengajukan Eksepso ke hakim persidangan sebagai bentuk perlawanan dan pembelaan terhadap Lima Laskar Pejuang Unpam yg telah dikriminalisasi oleh polri dalam dakwaan tuduhan pasal 160 KUHP dan atau 170 KUHP dan atau 213 KUHP dan atau 335 KUHP .

Sidang akan dilanjutkan kembali minggu depan pada tanggal 22 Januari 2013 dengan agenda pembacaan eksepsi.

Reporter : Kurniawan T Arief

Israel Kembali tewaskan warga di Gaza

Tidak ada komentar
israelKota Gaza  - Seorang warga Palestina yang terkena tembakan pasukan Israel di Jalur Gaza bagian utara Senin tewas akibat luka-lukanya di rumah sakit, kata seorang pejabat medis Palestina kepada AFP.

Juru bicara kementerian kesehatan Ashraf al-Qudra sebelumnya mengidentifikasi pria itu sebagai Mustafa Abu Jirad, seorang petani yang berusia 21 tahun, dan mengatakan, ia ditembak kepalanya di dekat Beit Lahiya, di sebuah daerah yang tidak jauh dari perbatasan Gaza dengan Israel.

Qudra mengatakan, Abu Jirad dibawa dalam kondisi luka-luka parah ke rumah sakit Kamal Adwan di Beit Lahiya dimana ia tewas kemudian.

Militer Israel belum memberikan pernyataan mengenai laporan penembakan itu.

Abu Jirad adalah warga Palestina keempat yang dibunuh oleh pasukan Israel di Gaza sejak gencatan senjata 21 November antara negara Yahudi tersebut dan kelompok pejuang garis keras Hamas mengakhiri perang delapan hari antara kedua pihak.

Jumat, pasukan Israel menembak mati seorang warga Palestina dan mencederai satu orang lagi di Gaza utara di perbatasan dengan negara Yahudi tersebut, kata sumber-sumber medis.

Israel melarang warga Gaza mendekati pagar perbatasan karena mereka khawatir gerilyawan akan menyerang pasukan patroli perbatasan atau menembak petani Israel yang bekerja di ladang-ladang di dekat perbatasan tersebut.

Pasukan Israel menembak warga Gaza di dekat perbatasan sedikitnya 10 kali sejak akhir ofensif delapan hari pada November. Sekitar 30 orang cedera akibat insiden-insiden itu, kata para pejabat Gaza.

Israel dan kelompok pejuang Hamas yang menguasai Jalur Gaza terlibat dalam perang delapan hari pada November yang menewaskan 177 orang Palestina, termasuk lebih dari 100 warga sipil, serta enam orang Israel -- empat warga sipil dan dua prajurit.

Kekerasan itu meletus pada 14 November, dengan pembunuhan komandan militer Hamas Ahmed Jaabari oleh Israel.

Selama operasi delapan hari itu, militer Israel menyatakan telah menghantam lebih dari 1.500 sasaran, sementara pejuang Gaza menembakkan 1.354 roket ke Israel, 421 diantaranya disergap oleh sistem anti-rudal Iron Dome.

Perjanjian gencatan senjata Hamas-Israel dicapai Rabu (21/11), sehari setelah diplomasi bolak-balik yang dilakukan oleh Menteri Luar Negeri AS Hillary dan Sekretaris Jendral PBB Ban Ki-moon -- yang tercoreng oleh kekerasan lintas batas yang semakin mematikan antara Israel dan para pejuang di Gaza.

Menteri Luar Negeri Mesir Mohammed Kamel Amr, yang berbicara pada jumpa pers bersama Hillary, mengatakan di Kairo, penghentian permusuhan Hamas-Israel mulai berlaku pada Rabu pukul 19.00 GMT (Kamis pukul 02.00 WIB).

Kelompok Hamas menguasai Jalur Gaza pada Juni tahun 2007 setelah mengalahkan pasukan Fatah yang setia pada Presiden Palestina Mahmud Abbas dalam pertempuran mematikan selama beberapa hari.

Sejak itu wilayah pesisir miskin tersebut dibloklade oleh Israel. Palestina pun menjadi dua wilayah kesatuan terpisah -- Jalur Gaza yang dikuasai Hamas dan Tepi Barat yang berada di bawah pemerintahan Abbas. Kini kedua kubu tersebut telah melakukan rekonsiliasi.

Uni Eropa, Israel dan AS memasukkan Hamas ke dalam daftar organisasi teroris.

Sumber : Antara

Oleh: B Kunto Wibisono

Redaktur ; Kurniawan T Arief

Program Java Masih Rawan Diretas

Tidak ada komentar
Boston US  - Java masih rawan diretas meski Oracle Corporation telah meluncurkan pembaruan darurat pada piranti lunak miliknya.

Pakar kemanan jaringan Internet Poland's Security Explorations, Adam Gowdiak, seperti dilansir Reuters, menyebut pembaruan Java dari Oracle masih tetap meninggalkan sejumlah celah keamanan.

"Kami tidak berani mengatakan kepada para pengguna bahwa telah aman untuk menggunakan kembali Java," kata Gowdiak.

Pada Kamis (10/1), Computer Emergency Readiness Team dari U.S. Department of Homeland Security meminta para pengguna komputer untuk mematikan fungsi Java pada perangkat mereka.

Tim itu menyebut piranti lunak Java mempunyai bug yang menjadi celah pencurian indentitas ataupun bagi kejahatan lain siber seperti akun perbankan.

Oracle, pada Minggu (13/1), mengklaim telah memperbarui celah keamanan pada Java versi 7 untuk perambahan Internet.

Oracle juga menyebut celah keamanan hanya terjadi pada Java versi terbaru atau Java 7dan versi Java untuk piranti lunak perambahan Internet.
(I026)

Sumber : Antara

Oleh: Ella Syafputri

Redaktur : Kurniawan T Arief

Sidang LPJ ke-III Bem Unswagati Dihujani Interupsi

Tidak ada komentar
Persidangan Laporan Pertanggung Jawaban  ke-III Badan Eksekutif Mahasiswa Unswagati diwarnai hujan interupsi.

SETARANEWS, Cirebon -- Senin siang (14/1) kemarin sidang yang digelar oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas, di Aula Grawidya Sabha kampus 1 Unswagati kembali digelar.
Sidang yang dipimpin oleh Tri Utomo dari mahasiswa Faperta (Fakultas Pertanian), kembali meminta Ginanjar Saputra selaku Presiden Mahasiswa Unswagati untuk memaparkan LPJ di masa periodenya (tahun 2012) yang juga berasal dari mahasiswa Faperta. Lanjut pimpinan sidang memberikan waktu kepada peserta peninjau untuk menganalisa data-data yang diberikan selama 15 menit, untuk selanjutnya dibuka sesi tanya jawab.
Sidang yang turut dihadiri oleh jajaran staf Unswagati dan mahasiswa aktif ini cukup pro aktif di dalam proses persidangan. Terlihat ketika pimpinan sidang memberikan waktu kepada audiens, peserta peninjau mulai mempertanyakan perihal data-data yang disampaikan dalam sidang LPJ. Beberapa diantaranya adalah Arif, dan Salim dari FH (Fakultas Hukum), Devi dari Faperta, dan beberapa mahasiswa FKIP beserta mahasiswa dari Fakultas lainnya yang turut menyumbang pertanyaan kepada awak anggota kabinet kerakyatan  era Ginanjar Saputra.
Hujan interupsi mulai menghujam, ketika di sela-sela kesempatan untuk bertanya terakhir diputuskan. Untuk menengahi hal tersebut, akhirnya pimpinan sidang memberikan kesempatan kepada peserta peninjau untuk mengajukan opsi; waktu batas penutupan, dan batas pertanyaan bagi peninjau. Sementara hingga menjelang sore pukul 16:00, akhirnya peserta peninjau sepakat untuk menerima hasil pemaparan LPJ dari BEM, dilanjut DPM menuliskan berita acara LPJ dihadapan peserta peninjau untuk disahkan.

Reporter : Santosa

Peraturan Presiden tentang SKK Migas sudah terbit

Tidak ada komentar
Jakarta  - Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan, peraturan presiden tentang Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) sudah terbit.

"Perpres sudah terbit," katanya usai menyaksikan serah terima jabatan Wakil Menteri ESDM dari Rudi Rubiandini ke Susilo Siswoutomo di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, poin penting dalam perpres adalah pembentukan Komisi Pengawas SKK Migas. Dalam susunan kepengurusan Komisi Pengawas SKK Migas, Menteri ESDM ditetapkan sebagai ketua dengan anggota Wakil Menteri ESDM, Wakil Menteri Keuangan, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Jero mengatakan, dirinya akan benar-benar melakukan pengawasan atas kinerja SKK Migas. "Kami akan awasi semuanya. SKK Migas tidak lagi seperti BP Migas. Misalkan, kalau ada reorganisasi, maka mesti melapor ke Komisi Pengawas," katanya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah menunjuk Rudi Rubiandini sebagai Kepala SKK Migas dan akan dilantik Menteri ESDM, Jero Wacik pada Rabu (16/1).

SKK Migas merupakan organisasi baru sebagai pengganti Satuan Kerja Sementara Pelaksana Hulu Minyak dan Gas (SK Migas).
Pembentukan SKK Migas dimaksudkan untuk lebih menjamin kepastian hukum dan kenyamanan usaha para kontraktor migas.

Sumber : antara

Editor: Tasrief Tarmizi

Redaktur : Kurniawan T Arief

Wakil Menteri : 'Unswagati harus sering menyuarakan kondisi Cirebon"

Tidak ada komentar

Selasa, 15 Januari 2013

Cirebon (Setara News)- Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dr. Sapta Nirwandar menyatakan bahwa perguruan tinggi harus sering-sering menyuarakan kondisi masyarakat di daerah lokal. Dengan cara mengkritisi kebijakan. Hal ini ia utarakan dalam sesi Orasi Ilmiah menyambut Dies Natalis Unswagati ke 52 yang diselenggarakan di Hotel Jamrud pada Selasa pagi (15/1).

Ia menyatakan 'kaum akademisi harus mengisi berbagai aktifitas yang perwujudannya dapat membantu masyarakat lokal keluar dari masalah dan membawa solusi." Ujarnya setelah selesai berorasi di hadapan 1000 orang peserta yang terdiri dari 724 orang calon wisudawan dan 276 dosen serta pejabat Universitas yang hadir.

'Menyuarakan dalam artian mengisi dengan beragam kegiatan seperti seminar, diskusi publik,kuliah umum, penelitian sosial dan kebijakan, advokasi hukum dsb. Intinya banyak hal yang bisa dikerjakan oleh akademisi sebagai jembatan antara pemerintah dan masyarakat' tambahnya.

kedatangan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dr. Sapta Nirwandar atas undangan Unswagati untuk turut berpartisipasi dalam sesi rangkaian kegiatan peringatan Dies Natalis Unswagati yang ke 52.

Reporter : Tri Utomo
Editor : Kurniawan T Arief

Nanti malam, KPU Umumkan Nomor Urut Parpol

Tidak ada komentar

Senin, 14 Januari 2013

JAKARTA- Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) akan mengumumkan  nomor urut partai politik peserta pemilu 2014 hari ini, Senin (14/1/2013). Pengundian dan penetapan nomor urut partai politik peserta pemilu 2014 ini dilakukan melalui rapat pleno terbuka.

Hal ini sesuai pasal 17 ayat 4 Undang Undang Nomor 8 Tahun 2014 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD.

Dalam rilis yang diterima Tribunnews.com, pengundian nomor urut dihadiri oleh perwakilan seluruh partai politik peserta pemilu 2014. KPU sudah menetapkan, di luar ketua umum dan sekretaris jenderal, hanya lima pengurus yang diperkenankan hadir. Hal ini mengingat ruang lantai 2 KPU RI yang akan digunakan sebagai lokasi pengundian nomor urut kapasitasnya terbatas.

Pengundian nomor urut akan dilaksanakan pukul 14.00 WIB, Senin 14 Desember 2013. Teknis pengundian nomor urut dilakukan dengan dua tahap. Pertama, pengambilan urutan nomor urut partai politik oleh sekretaris jenderal sesuai dengan daftar hadir.

Kedua,  pengambilan nomor urut partai politik oleh ketua umum dan sekretaris jenderal sesuai daftar hadir.

Setelah itu, KPU menetapkan nomor urut partai politik peserta pemilu tahun 2014 melalui surat keputusan yang dibacakan oleh ketua KPU RI Husni Kamil Manik.

Selepas pleno terbuka pengundian nomor urut 10 partai politik peserta pemilu, dilanjutkan dengan rapat pleno terbuka pengundian nomor urut partai politik lokal di Provinsi Aceh. Pleno ini dipimpin oleh Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh.

Sebelumnya, berdasarkan rapat pleno terbuka rekapitulasi verifikasi faktual, KIP Aceh menetapkan hanya tiga partai politik lokal yang memenuhi syarat menjadi peserta pemilu di Provinsi Aceh yakni Partai Aceh (PA), Partai Nasional Aceh (PNA) dan Partai Damai Aceh (PDA).

Sumber : Tribunnews

Oleh : Ferdinand Waskita

Redaktur : Kurniawan T Arief

Apjati siapkan Rp1,14 triliun untuk perlindungan TKI

Tidak ada komentar
Jakarta  - Asosiasi Perusahaan Jasa TKI (Apjati) akan menyiapkan 120 juta dolar AS atau setara dengan Rp1,14 triliun pertahun untuk perlindungan dan pelatihan TKI berkualitas untuk menyongsong pembukaan dan penempatan lagi ke sejumlah negara di timur tengah.

Ketua Umum Apjati Ayub Basalamah di Jakarta, Minggu, mengatakan dana itu berasal dari recruting fee dari majikan yang akan mereka sepakati pada pertemuan multilateral asosiasi penempatan tenaga kerja di Jakarta, Maret depan.

"Pada pembicaraan dengan mitra Apjati di timur tengah sudah disepakati dana perlindungan dan pelatihan TKI tersebut dan bagaimana mekanisme penyiapan dananya," katanya.

Disadarinya, masalah perlindungan TKI tidak hanya membutuhkan sistem tetapi juga pendanaan yang besar agar jika muncul permasalahan maka Apjati bisa bergerak cepat dengan akses dana yang fleksibel karena permasalahan TKI acap kali membutuhkan penyelesaian cepat dan informal.

Penempatan TKI di timur tengah berbeda dengan di Asia Pasifik. Di timur tengah, majikan mengeluarkan biaya perekrutan yang besarannya sekitar 1.200 dolar AS untuk Saudi Arabia, sementara di Uni Emirate Arab dan negara lainnya sudah mencapai 1500-1700 dolar AS.

"Kita akan bernegosiasi lagi agar biaya perekrutan ke Saudi bisa sama dengan Emirate," katanya.

Apjati akan menyisihkan 100 dolar AS untuk dana perlindungan.

"Jika, penempatan ke sejumlah negara di timur tengah dimulai lagi maka rata-rata sekitar 40.000 TKI akan ditempatkan ke timur tengah, berarti terdapat 4 juta dolar AS dana yang terhimpun," katanya.

Dana itu, jika dikalikan 12 maka terhimpun 48 juta dolar AS perbulan atau setara dengan Rp456 miliar. Dana itu akan didedikasikan juga untuk pembentukan perwakilan Apjati di luar negeri (perwalu) seperti yang diamanatkan undang-undang dan perekrutan petugas arbitrase dan pengacara jika TKI bermasalah.

Apjati secara bertahap akan membuka 13 Kantor Perwalu di Arab Saudi, Kuwait, Bahrain, Yordania, Omman, Uni Emirat Arab (UEA), Qatar, Suriah, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Taiwan dan Hongkong sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang.

Di sisi lain, saat ini sejumlah tujuan penempatan TKI masih dihentikan (moratorium) diantaranya tujuan penempatan ke Saudi Arabia, Jordan dan Kuwait. Pemerintah menyatakan akan membuka jika terdapat sistem yang baik yang menjamin perlindungan selama TKI bekerja di luar negeri.

"Setiap calon TKI wajib mengikuti program pelatihan 200 jam yang menyangkut ketrampilan, bahasa dan pengetahuan tentang kultur masyarakat setempat," katanya.
(ANT)

Sumber : antara

Dua partai lolos verifikasi pemilu

Tidak ada komentar
CIREBON (Setara News) - Dipastikan, partai peserta Pemilihan Raya (Pemira) Unswagati tahun 2013 sebanyak dua partai. Yakni, partai Mahasiswa Revolusioner (Mawar) dan Partai Gerakan Pembaharuan Pemuda (Garuda).

Hal ini setelah Verifikasi sudah dilaksanakan sabtu kemarin oleh Panitia Pemilihan Umum Mahasiswa (Unswagati) di Kampus satu Unswagati.

‘Dari tiga partai yang mendaftar, hanya dua partai yang lolos Verifikasi.’ Ujar Oki Julianto, Ketua PPUM Unswagati.

Ia menambahkan bahwa partai yang tidak lolos verifikasi adalah Partai Mahasiswa (PM). Sempat ada adu argumen antara delegasi Partai Mahasiswa (PM) dengan anggota PPUM pada saat proses verifikasi. Hingga salah seorang bakal calon Presiden Mahasiswa yang dicalonkan dari Partai Mahasiswa (PM) M. Taufik meminta uang ganti rugi kepada PPUM karena merasa sudah mengeluarkan biaya untuk memenuhi prasayarat pendaftaran seperti ongkos fotocopy.

Reporter : Kurniawan T Arief

Fernando Torres Rindu Liverpool

Tidak ada komentar
London (Setara News) - Tak mudah bagi Fernando Torres melupakan kenangan manis bersama Liverpool, klub yang telah membesarkan namanya.

The Daily Mail mengklaim, Torres bahkan sudah beberapa kali sempat menyampaikan kepada beberapa rekannya di Chelsea jika dia amat rindu ingin kembali ke Anfield. Menariknya, beberapa rekannya di The Blues mengamini harapan sang bomber.

Masih menurut Daily Mail, malahan sebagian kolega Torres mengaku senang apabila Torres meninggalkan Stamford Bridge, dengan alasan demi perkembangan karier Torres.

Mantan Bomber Atletico Madrid ini diyakini kesepian sejak hari pertama kedatangannya ke London. Hal ini yang lantas membuatnya tidak betah dan sulit berkembang selama berseragam Chelsea. Meski di musim ini penampilan striker internasional Spanyol itu perlahan membaik, namun masalah baru muncul.

Seperti diketahui, pelatih Rafa Benitez baru-baru ini merekrut Demba Ba. Alih-alih eks penggedor Newcastle United ini bakal menjadi tandem Torres di lini serang, nyatanya sang pelatih beberapa kali malah memilih satu di antara mereka untuk masuk skuat inti. Baru-baru ini Torres dibangkucadangkan ketika tim melibas Stoke City dan Benitez lebih mengedepankan Demba Ba.

Sumber : goal.com

Oleh : Anugerah Pamuji

Redaktur : Kurniawan T Arief

Google mendapat penantang baru

Tidak ada komentar
New York (Setara News) -Google masih mendominasi ranah pencarian di dunia maya. Microsoft dengan Bing, Yahoo dengan Yahoo Search, hingga Duckduckgo tak bisa mengimbangi kedigdayaan Google.

Kue pasar mesin pencarian Google mencapai 96 persen. Namun para analis menyatakan perubahan perangkat mobile begitu cepat. Sehingga, lahir kompetisi yang bisa mengakibatkan ketidakpastian dari dominasi Google. Ini membuat banyak produk mesin pencarian baru bermunculan.

Penantang baru di medan mesin pencari itu sebuah startup bernama Blekko, besutan izik.com. Berbeda dari google yang menampilkan hasil pencarian dengan menelusuri miliaran halaman web, Izik juga memasukkan hasil pencarian dari aplikasi macam news reader Flipboard, peramban Rockmelt hingga dari Zite.

Izik berusaha mengambil ceruk di sektor pencarian mobile. Menurut Richard Skrenta, CEO Blekko, selama ini mesin pencari masih memakai pandangan desktop/komputer. "Pencarian di perangkat tablet itu berbeda," ujarnya.

Menurut dia, pencarian di perangkat mobile cenderung santai dan tergantung mood untuk membolak-balik banyak hasil pencarian. "Penggunaannya lebih untuk main-main," kata Skrenta.

Berpijak pada perangkat mobile dengan layar sentuh membuat tampilan hasil pencarian izik bukan vertikal seperti google atau mesin pencari lainnya. Namun horisontal dan bisa digeser. Dengan tampilan ini, pengguna diharapkan tak hanya melihat hasil pencarian dengan melihat halaman pertama saja, seperti dalam google. Namun pengguna dengan mudah menggeser hasil pencarian dan memilih hasilnya.

Tampilannya terlihat segar dan seperti melihat majalah bergambar daripada sekedar menampilkan daftar link. Isinya dijanjikan tanpa spam ataupun situs backlink. "Kami pikir setiap mesin pencari akan terlihat seperti ini dalam lima tahun," kata Skrenta. Izik sudah tersedia buat perangkat Android atau Apple.

Sumber: New York Times

Redaktur : Kurniawan T Arief

Ketua MK : Penghapusan RSBI Dilakukan Bertahap

Tidak ada komentar
Jakarta - Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md mengatakan penghapusan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) mesti dilakukan bertahap. “Ini urusan pendidikan. Ke depan mesti diatur agar semua berjalan tanpa mengganggu proses pendidikan,” kata Mahfud pada saat konferensi pers di Hotel Bidakara, Minggu, 13 Januari 2013.

Mahfud mengatakan Mahkamah sudah berkoordinasi langsung dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menanggapi isu RSBI ini. Menteri Nuh sudah diberitahu bahwa Mahkamah tidak menuntut perubahan yang mendadak. “Setelah keluar putusan, Menteri hubungi saya,” kata Mahfud.

Dalam konferensi pers yang sama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh memastikan pemerintah akan mengikuti keputusan Mahkamah. Nuh mengatakan RSBI baru akan benar-benar dihapus pada tahun ajaran mendatang. Segala pungutan legal dan pendanaan khusus ke sekolah RSBI juga akan dihentikan. “Kami minta waktu sampai semester berakhir,” kata Nuh.

Dalam sidang putusan Selasa pekan lalu, Mahkamah menyatakan RSBI inkonstitusional. Hakim konstitusi mengabulkan gugatan pemohon terhadap pasal 50 ayat 3 Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang mengatur RSBI. Imbasnya, sekitar 1300 sekolah RSBI harus menyesuaikan diri dengan putusan ini.

Sumber : Tempo.co

Oleh : Ananda Badudu

Redaktur : Kurniawan T Arief

Indonesia krisis ahli di bidang bencana

Tidak ada komentar
JAKARTA (Setara News) - Staf Khusus Presiden Bidang Bencana Alam Andi Arief merasa prihatin dengan minimnya ahli bencana yang dimiliki oleh Indonesia. Andi mengatakan, sampai saat ini Indonesia yang merupakan negara kepulauan hanya memiliki ahli di bidang bencana tidak lebih dari 10 orang.

"Persoalan mendasar yang terjadi adalah kita kekurangan banyak ahli di bidang gempa, vulkanologi dan kebumian. Orang yang meneliti gempa enggak lebih dari 10 orang," kata Andi saat menghadiri diskusi publik bulanan (Bentang Bahari Baharu) yang diselenggarakan oleh Indonesia Maritim Institute dengan tema Informasi Cuaca Buruk dan Antisipasi di Sektor Maritim di Gedung Wisdome, Jakarta, Minggu (13/1).

Dia juga menilai kesalahan yang dilakukan bangsa ini adalah tidak memprioritaskan bencana sebagai suatu hal yang sangat penting. Sehingga, lanjut dia, pada saat terjadi bencana, masyarakat tidak ada persiapan akhirnya menimbulkan banyak korban.

"Kesalahan kita, bencana tidak kita prioritaskan menjadi bidang ilmu yang penting, karena China saja geolog dan arkeolog sudah dipersiapkan sejak dulu. Kita juga terlambat bentuk pusat riset, Jepang sudah punya sejak tahun 1925," imbuhnya.

Oleh sebab itu, tambah Andi, saat ini pemerintah sedang fokus terhadap pendidikan di bidang kebumian. Hal ini dilakukan untuk mencetak para ahli kebencanaan sehingga dapat mengantisipasi bencana alam yang sulit diprediksi datangnya.

"Sebenarnya gempa 2004 itu sudah ada warning dari para ahli, tapi enggak didengar, sehingga kejadian. Tapi sekarang sudah mulai dipercaya, sudah mulai ada juga pendidikan S2 dan S3 dibidang kebumian di ITB," tandasnya.

Sumber: Merdeka.com

Redaktur : Kurniawan T Arief

Wanita Tertua di Dunia Meninggal di Jepang

Tidak ada komentar
Tokyo (Setara News) – Wanita tertua di dunia, Koto Okubo dari Jepang, meninggal di usianya yang ke-115 di sebuah panti jompo pada Sabtu, menurut sejumlah pejabat.

Lahir pada 24 Desember 1897, Okubo dipilih menjadi wanita tertua di dunia bulan lalu, setelah kematian Dina Manfredini di Amerika Serikat yang juga berusia 115 tahun.

Kematian Okubo di Kawasaki, Jepang bagian timur, dikonfirmasi oleh pemerintah kota itu, kata kantor berita Kyodo.

Pemerintah Kota Kawasaki mengatakan bahwa dia menghabiskan waktu bersama anaknya, yang tinggal di panti jompo yang sama. Kota itu tidak mengungkapkan penyebab kematiannya, kata Kyodo.

Jiji Press mengatakan bahwa dia meninggal karena suatu penyakit.

Orang tertua di dunia saat ini adalah Jiroemon Kimura, seorang penduduk Prefektur Kyoto di Jepang bagian sentral yang berusia 115 tahun.

 

Sumber : Antara

Redaktur : Kurniawan T Arief

Pesta miras, dua polisi terjaring razia

Tidak ada komentar
Banjarmasin (Setara News) - Dua polisi di jajaran Polda Kalimantan Selatan terjaring razia di tempat hiburan malam. Keduanya ditangkap oleh Satuan Bidang Provos dan Pengamanan Internal (Propam) Polda Kalsel.

Kepala Sub Bidang Provos, Bidang Propam Polda Kalsel, Kompol Rudy Sik mengatakan, kedua polisi itu tertangkap dari dua tempat hiburan malam yang berbeda. Kedua tempat hiburan itu adalah di THM BOEC HBI dan THM Grand Banjarmasin.

Razia dilakukan sekitar pukul 24.00 WITA atau Minggu (13/1) dinihari dan menjaring dua oknum polisi dari satuan yang berbeda. Polisi yang terjaring razia di THM BOEC HBI itu diketahui dari Satuan Polres Hulu Sungai Utara berinisial Briptu JN, anggota Sabhara di Polres tersebut terjaring di lantai 6 saat sedang karaokean. Kemudian Propam melanjutkan patroli ke Diskotik Grand Banjarmasin, saat melakukan pemeriksaan, kembali menjaring satu anggota polisi dari Ditretorat Tahanan dan Barang Bukti (Dit Tahtih) Polda Kalsel yang sedang asyik minum-minuman yang diduga minuman keras.

Anggota Dit Tahtih Polda Kalsel yang terjaring patroli itu diketahui berinisial Brigadir AR dan selanjutnya kedua oknum yang terjaring itu dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk dilakukan tes urine. "Sebenarnya kita dapatkan dua anggota polisi di Diskotik Grand namun saat diamankan, satu anggota berinisial Brigadir SB dari Satuan Polresta Banjarmasin sempat melarikan diri, tapi kita sudah dapat datanya," kata Rudy di Banjarmasin seperti dilansir dari antara, Minggu (13/1)

Untuk hasil tes urine dari kedua anggota polis JN dan AR yang terjaring di THM itu, hasil tes urine mereka berdua negatif dan tidak ada mengandung unsur narkotika. "Kemungkinan kedua anggota itu hanya minuman keras saja di THM, dan tidak sampai mengkonsumsi narkoba, terlihat dari hasil test urine yang kita lakukan terhadap mereka, hasil tesnya negatif," ujarnya.

Meski negatif menggunakan narkoba, tapi keduanya dikenai sanksi karena melanggar disiplin yang mendatangi tempat hiburan tanpa ada perintah atasan. "Razia dan patroli terhadap anggota polisi di THM itu akan terus kita lakukan secara rutin dan sesuai informasi yang masuk kepada kita, untuk waktu tidak ditentukan, karena razia itu sifatnya dadakan, dan bagi oknum yang terjaring tetap kita tindak tegas sesuai aturan Polri," kata Rudy.

Sumber: yahoo

Redaktur : Kurniawan T Arief

Rektor Sawer ke Mahasiswa, Pedangdut Seksi Ikut Meriahkan Dies Natalis Unswagati

Tidak ada komentar

Minggu, 13 Januari 2013

CIREBON (Setara News) - Beberapa penyanyi dangdut berpakaian seksi ikut memeriahkan acara pementasan seni di kampus satu Unswagati pada hari minggu (13/1). Acara tersebut sebagai bagian dari peringatan Dies Natalis Unswagati ke 52 Tahun.

Acara yang digelar persis di sebelah masjid Nurul Ilmi ini sempat diguyur hujan deras hingga terlihat kurang pengunjung, kebanyakan yang datang adalah pegawai, mahasiswa dan dosen Unswagati. Acara ini diisi oleh berbagai pementasan, mulai dari  pementasan teater mahasiswa, grup band hingga pementasan dangdut.

Ada yang menarik saat salah satu peserta tampil di panggung,  ketika salah satu perwakilan dari UKM Seni Budaya Unswagati yang menyanyikan lagu berjudul Unswagati Negeri. Secara tiba-tiba, Rektor Unswagati yang ikut menyaksikan langsung maju ke depan panggung dan memberikan lembaran uang sebanyak Rp. 100.000 kepada tiap personil band tersebut yang berjumlah tiga orang.

Mahasiswa itu adalah M. Ali Sodikin, Try Utomo Rubianto dan Ali Hasbi A. Ketiganya adalah mahasiswa Fakultas Pertanian yang juga anggota UKM Seni Budaya Unswagati.

'ini bentuk  hadiah saja, Rektor senang mendengar lagu ciptaan kami. Mungkin itu alasan kenapa Rektor memberikan uang tersebut kepada kami ' ujar M Ali Sodikin kepada Setara.

sementara menurut Hermawan mahasiswa FKIP Unswagati ketika dimintai pendapatnya mengatakan 'Hal ini sebuah penghargaan bagi pencipta lagu. Semoga dengan adanya lagu itu, Unswagati negeri benar-benar menjadi kenyataan ' ujarnya.

Lain lagi  dengan apa yang disampaikan oleh salah satu calon sarjana Unswagati yang akan diwisuda bulan ini, Lucky Supriyanto 'banyak hal lain yang bisa dilakukan dan diperbuat untuk membangun kampus ini mencapai kemajuan, selain menyanyikan lagu Unswagati negeri dan disawer seratus ribu oleh Rektor.' ujarnya kepada Setara.

sementara itu dalam sambutannya, Rektor menyampaikan kepada seluruh sivitas akademika Unswagati untuk lebih meningkatkan daya kompetensi dan kegiatan turnamen tahunan ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keharmonisan antara dosen, karyawan, dan mahasiswa se-Unswagati.

Reporter : Kurniawan T Arief

Rektor Unswagati '16 Januari 2013 Berstatus Negeri'

Tidak ada komentar
CIREBON (Setara news) - Minggu pagi (13/1) Rektor Unswagati, Dr. H. Dzakaria Mahmud, SH, MH, MSi, menyatakan mudah-mudahan pada saat Wisuda nanti tanggal 16 Januari Unswagati sudah berstatus sebagai PTN.

Hal ini diuatarakan ketika memberikan kata sambutan di sela-sela acara pengumuman pemenang turnamen olahraga dalam rangka rangkaian agenda peringatan Dies Natalis Unswagati yang ke-52 di halaman kampus 1 Unswagati.
Beliau menjelaskan singkat akan harapannya dalam mengupayakan peningkatan status PTS Unswagati agar tahun ini segera menjadi PTN.  "Mudah-mudahan Unswagati akan menjadi PTN, di puncak acara diesnatalis Unswagati nanti." Ujar Rektor dikutip oleh Setara.

Lebih lanjut, rektor juga menyampaikan bahwa mengajak kepada seluruh sivitas akademika Unswagati untuk lebih meningkatkan daya kompetensi dan kegiatan turnamen tahunan ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keharmonisan antara dosen, karyawan, dan mahasiswa se-Unswagati. Acara yang turut di dominasi karyawan dan dosen Unswagati ini berlangsung cukup meriah.

Reporter : Santosa

Editor : Kurniawan T Arief

Palestina akan menyeret Israel ke Mahkamah Internasional

Tidak ada komentar
Surabaya (Setara News) - Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Fariz Navi Mehdawi, menegaskan akan menyeret Israel ke Mahkamah Internasional atas serangkaian tindak kejahatan terhadap warga Palestina, seperti membunuh anak-anak dan perempuan, membangun pemukiman di tanah bukan miliknya, embargo ekonomi, dan banyak lagi.

"Kami belajar banyak kepada Indonesia yang pernah dijajah Belanda selama 350 tahun, di antaranya pentingnya bersabar dan bersatu, kami mulai menikmati kemerdekaan yang juga dipelopori Indonesia," katanya dalam tablig akbar Aqsa Working Group perwakilan Surabaya di Masjid Kemayoran, Surabaya, Minggu.

Di hadapan ratusan warga Surabaya dan ulama Malaysia Dr Abdul Halim bin Abdul Hamid dan pengasuh Pesantren Al-Fatah,  Jawa Barat, Drs Yakhsyallah Mansyur MA, ia menjelaskan upaya menyeret Israel itu  akan melibatkan 26 dari 139 negara yang mendukung Palestina di PBB.

"Kami optimistis, karena kemerdekaan Palestina itu bukan untuk Palestina, melainkan umat Islam akan bisa salat berjamaah di Masjidil Aqsa. Itu masalah umat Islam, bukan masalah bangsa Palestina atau bangsa Arab semata," katanya.

Dia melanjutkan, "kami juga mendoakan Indonesia menjadi negara yang kuat, karena kalau Indonesia kuat, maka Palestina juga kuat."


Ia bersukur atas pengakuan PBB terhadap Palestina. "Hal itu merupakan berkat dari kesabaran, persatuan, dan pertolongan Allah SWT serta bantuan dari umat Islam se-dunia. Dunia sudah mendukung kami dan Indonesia memelopori dukungan itu," katanya.

Sementara itu, Abdul Halim bin Abdul Hamid, menegaskan bahwa dukungan dalam bentuk dinar dan dirham untuk bangsa Palestina itu penting karena Israel sudah menggerogoti mereka dari aspek geografi dan ekonomi.


Sumber: Antara

Editor: Jafar M Sidik


Redaktur : Kurniawan T Arief

Pencipta RSS 1.0 meninggal dalam usia 26 tahun

Tidak ada komentar
New York (Setara News) - "Anak ajaib" di bidang komputer dan pegiat Internet Aaron Swartz, yang membantu menciptakan versi teranyar sistem "web feed" RSS dan menghadapi dakwaan pidana federal dalam kasus kontroversial penipuan, telah bunuh diri dalam usia 26 tahun, kata pihak berwenang seperti dikutip Reuters.

Polisi menemukan mayat Swartz di apartemennya di Brooklyn, New York, Jumat, kata wanita Juru Bicara kepala pemeriksa medis di kota ini. Ia memutuskan kematian Swartz adalah bunuh diri dengan menggantung diri.

Swarts mendapat banyak pujian sebagai pencipta format Web feed RSS 1.0 yang ia kerjakan dalam usia 14 tahun, demikian isi satu posting blog temannya, penulis fiksi ilmiah Cory Doctorow.

RSS, kependekan dari Rich Site Summary, adalah format bagi pengiriman kepada pengguna isi dari laman yang berubah terus, seperti blog dan laman berita.

Selama bertahun-tahun, ia menjadi buah bibir daring karena membantu membuat segunung informasi maya secara gratis bagi masyarakat umum, termasuk 19 juta halaman dokumen pengadilan federal dari sistem hukum-kasus PACER.

"Informasi adalah kekuasaan. Tapi seperti juga kekuasaan, ada orang yang ingin menyimpannya buat diri mereka sendiri," tulis Swarz dalan  "manifesto" daring pada 2008.

"Seluruh warisan budaya dan ilmu pengetahuan dunia yang disiarkan selama berabad-abad di dalam buku dan jurnal, makin sering didigitalkan dan dikunci oleh segelintir perusahaan swasta ...Cuma mereka yang dibutakan oleh kerakusan yang menolak membolehkan orang lain untuk menyalinnya," tulis Swartz.

Keyakinan bahwa informasi mesti dibagi dan tersedia bagi semua orang memicu Swartz mendirikan kelompok nirlaba DemandProgress yang kemudian berhasil melancarkan aksi menghalangi pemberlakuan rancangan undang-undang Stop Online Piracy Act pada 2011 oleh Parlemen AS.

Rancangan yang ditarik di tengah tekanan masyarakat itu semestinya mengizinkan pengadilan memerintahkan pencegahan akses ke jejaring tertentu yang dipandang melibatkan kegiatan berbagi hak intelektual secara tidak sah.

Sumber : antara

Editor: Jafar M Sidik

Redaktur : Kurniawan T Arief

Uni Eropa membuat organisasi lawan kejahatan dunia maya

Tidak ada komentar
Den Haag (SetaraNews) - Erupean Cybercrime Center (EC3), yang diluncurkan di markas Europol di Den Haag, Belanda, Jumat, akan menjadi tahap penting dalam perang Uni Eropa melawan kejahatan di dunia maya, dan melindungi warga serta pengusaha dari ancaman kejahatan dunia maya.

"Warganegara dan pengusaha Uni Eropa memerlukan ruang maya yang terbuka, bebas dan transparan jadi kami perlu melindungi dunia daring persis seperti yang kami lakukan di dunia luring (luar jaringan)," kata Troels Oerting, Kepala EC3, di dalam satu pernyataan.

"EC3 akan menjadi alat yang berharga bagi Uni Eropa dan negara anggotanya untuk membantu mengkoordinasikan dan mendukung upaya yang memelihara keamanan jaringan dari penjahat," ia menambahkan.

Menurut studi Eurobarometer baru-baru ini, pengguna Internet Uni Eropa tetap prihatin dengan keamanan dunia maya, demikian laporan Xinhua. Sebanyak 89 persen dari mereka menghindari pengungkapan informasi pribadi di daring dan 74 persen sepakat bahwa resiko menjadi korban kejahatan dunia maya telah meningkat dalam satu tahun belakangan.

Sebanyak satu juta orang di seluruh dunia menjadi korban suatu bentuk kejahatan dunia maya setiap hari. Norton Cybercrime Report (2011) memperkirakan korban kejahatan dunia maya kehilangan sebanyak 388 miliar dolar AS setiap tahun di seluruh dunia.

EC3 akan memusatkan perhatian pada kegiatan daring yang tidak sah dan dilakukan oleh kelompok penjahat terorganisir, terutama serangan yang ditujukan kepada e-banking dan kegiatan lain keuangan daring.

Pembukaan EC3 menandai perubahan penting dari cara Uni Eropa sejauh ini telah menangani kejahatan dunia maya. Untuk mewujudkan sasarannya, EC3 akan menggabungkan informasi dari sumber terbuka, industri swasta, polisi dan sivitas akademika.

sumber : antara

Editor: Ruslan Burhani

Redaktur : Kurniawan T Arief

Air laut pantai Kuta Meninggi

Tidak ada komentar
Denpasar (Setara News) - Wisatawan diharapkan berhati-hati karena air laut di Pantai Kuta meluap sehingga menggenangi jalan raya sekitar kawasan tersebut. Akibatnya, sejumlah pepohonan tumbang dan sampah berserakan.

Kepala Satgas Pantai Kuta Gusti Ngurah Tresna membenarkan kejadian tersebut saat dimintai konfirmasi melalui telepon selulernya dari Denpasar, Minggu.

"Ya memang benar air laut di kawasan pantai naik sampai ke jalan raya akibatnya sejumlah pohon tumbang karena tertarik arus gelombang," katanya.

Kejadian tersebut terjadi Sabtu (12/1) malam sekitar pukul 23.00 Wita sampai Minggu (13/1) dini hari tepatnya pukul 01.00 waktu setempat.

"Saya tidak mengetahui penyebabnya secara pasti, kemungkinan karena adanya badai di sekitar perairan laut selatan," ucapnya.

Sementara itu Kepala Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, I Wayan Suardana, mengatakan, penyebabnya gelombang pasang yang menerjang kawasan Pantai Kuta, lantaran siklus badai tropis Narelle di perairan Nusa Tenggara Barat menuju ke Australia.

Kondisi itu membuat kawasan perairan di selatan Bali sangat rawan untuk dilalui karena gelombang sangat tinggi dan disertai angin kencang.

"Kami sudah memberikan peringatan sebelumnya kepada masyarakat dan wisatawan yang berada di kawasan tersebut untuk mewaspadai kondisi alam itu," ujarnya.

 Sumber : Antara

AA Ariwibowo

Redaktur : Kurniawan T Arief

Mali kerusuhan, 10 warga sipil tewas

Tidak ada komentar
Dakkar (SetaraNews) - Sepuluh warga sipil termasuk tiga anak-anak tewas dalam pertempuran di kota tengah Mali Konna antara tentara Mali yang didukung oleh pasukan Prancis dan pejuang Islam, kata Human Rights Watch Sabtu mengutip penduduk setempat.

"Warga Konna mengatakan kepada Human Rights Watch sekitar 10 warga sipil tewas dalam pertempuran termasuk tiga bocah yang tenggelam saat mencoba menyeberangi sungai untuk menyelamatkan diri," kata petugas kelompok hak asasi manusia itu, Corinne Dufka, dalam pesan yang dikirim kepada AFP di Dakar.

Dia juga menyuarakan keprihatinan tentang anak-anak yang katanya telah direkrut kelompok gerilyawan sebagai tentara.

"Anak-anak lain direkrut oleh gerilyawan di Gao telah terluka dan mungkin tewas dalam pertempuran itu," katanya, merujuk pada satu kota di utara Mali di bawah kendali kelompok garis keras, beberapa di antaranya terkait dengan Al-Qaida di Maghreb Islam (AQIM).

Dufka, seorang peneliti senior di Human Rights Watch, mengatakan dalam beberapa bulan terakhir anak dari Mali dan Niger tetangganya juga telah direkrut oleh gerilyawan, dan "harus segera dibebaskan."

Tentara Mali merebut kembali kota kunci Konna dari gerilyawan Islam pada Sabtu dibantu oleh kekuatan udara Prancis, dengan Burkina Faso, Niger dan Senegal.

Masing-masing negara itu berjanji mengirim 500 tentara untuk pasukan Afrika yang bertugas merebut kembali utara negara yang sekarang dikuasai oleh para gerilyawan.

Pertempuran meninggalkan puluhan pemberontak tewas di daerah tersebut, menurut saksi mata dan militer Mali.

Seorang pilot dari militer Prancis tewas saat melaksanakan serangan udara, kata Menteri Pertahanan Prancis Jean-Yves Le Drian.

sumber : antara

Editor: AA Ariwibowo

Redaktur : Kurniawan T Arief

Banjir di Situbondo melanda ratusan rumah

Tidak ada komentar
SITUBONDO (Setaranews.com) - Banjir bandang melanda sejumlah wilayah di tiga kecamatan di Kabupaten Situbondo, Jatim, termasuk 500 lebih rumah, namun tidak menimbulkan korban jiwa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo Zainul Arifin di sela-sela memantau lokasi di Situbondo, Minggu, menjelaskan, ketiga kecamatan yang dilanda banjir kiriman dari pegunungan, yakni Mlandingan, Besuki dan Jati Banteng.

Banjir bandang itu terjadi pada Sabtu (12/1) malam dan sampai melumpuhkan arus lalu lintas di pantura Jawa - Bali dari sore sampai pukul 23.00 WIB. Air memang besar, bahkan sampai mencapai tiga meter, katanya.

BPBD juga membantu kebutuhan sembako untuk para warga yang menjadi korban.

Jalur pantura sudah bisa dilewati dengan normal. Hanya saja di Jati Banteng ada jembatan yang tidak bisa dilewati oleh masyarakat karena ada tumpukan material, katanya.

Banjir itu merupakan air kiriman dari Pegunungan Argopuro dan sebagian dari Bondowoso.

Sumber : Berita Antara

Editor: AA Ariwibowo

Redaktur : Kurniawan T Arief
Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews