Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Mahasiswa Temukan Kapal Otomatis Pendeteksi Limbah

Rabu, 22 Mei 2013

/ by BW
Surabaya - SetaraNews.com, Mahasiswa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) Syamsiar Kautsar mencoba menciptakan kreasi yaitu dengan membuat kapal katamaran yang dapat bekerja secara otomatis sebagai pendeteksi limbah industri.

"Selama ini, pihak Badan Pengendali Lingkungan harus masuk ke aliran sungai berlimbah dan juga seringkali ketahuan pemilik industri pencemar," ujarnya. Oleh sebab itu, mahasiswa semester 8 PPNS itu pun akhirnya mencoba untuk mengembangkan tugas akhir dari dosen untuk pertukaran data jarak jauh antara komputer/laptop ke mikrokontroler. "Saya mengembangkan tugas akhir itu menjadi aplikatif  dengan membuat program Delphi 6.02 dalam komputer/laptop yang `connect` dengan kapal katamaran bio-waste," tambahnya.

Mahasiswa Program Studi Otomasi pada Jurusan Teknik Kelistrikan PPNS itu menjelaskan program dalam laptop itu dapat mengendalikan dan menerima data dari kapal katamaran bio-waste dalam jarak 300 meter. "Dengan begitu, kapal itu dapat bekerja secara otomatis untuk mengambil sampel air sungai yang diduga mengandung limbah berbahaya, lalu air sampel itu diteliti di laboratorium," katanya.

Ia menambahkan karyanya yang selesai dalam empat bulan dengan biaya Rp 7 juta itu merupakan kerjasama dengan rekannya. "Saya yang membuat sistem otomasi, sedangkan teman dari UKM perkapalan yang merancang kapal." katanya.

Temuan ini tentunya cukup berguna mengingat di negara kita pencemaran limbah sudah tidak asing lagi di berbagai daerah.

 

Foto : antara

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews