Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Opini: Pohon dan Manusia


Ilustrasi Pohon dan Manusia
Opini, Setaranews.com - Lingkungan merupakan habitat makhluk hidup yang manfaatnya berpengaruh terhadap kelangsungan makhluk hidup itu sendiri. Maka keberadaan dan manfaat lingkungan perlu dijaga dan dilestarikan, bukan malah egois memakai, mengekploitasi, bahkan merusaknya. Sehingga dalam perkembangan dunia modern ini, dilakukan berbagai upaya dalam menjaga keseimbangan makhluk hidup dengan lingkungan sebagai habitatnya.

Tepat pada 10 Januari, di seluruh bagian bumi yang orang-orangnya memiliki kesadaran terhadap lingkungan disepakati dan diperingati sebagai Hari Sejuta Pohon Sedunia guna memotivasi semua orang dalam melestarikan pohon, dimana pohon memberikan manfaat bagi makhluk hidup. Satu pohon yang ditanam akan memberikan sejuta manfaat bagi kehidupan generasi berikutnya.

Eksistensi pohon bagi manusia memberikan kebahagian secara langsung atau tidak langsung dalam perannya. Bagaimana tidak, setiap orang bernafas dengan menghirup apa? Iya, setiap orang membutuhkan oksigen, dan penghasil oksigen untuk manusia bernapas adalah pohon, itu kenapa seringkali hutan di nyatakan sebagai paru-paru dunia, karena sebagain besar peran pohon itu sendiri. Kemudian, apa yang setiap orang rasakan saat berada di bawah, dekat, atau sekitar pohon? Manusia memiliki candu terhadap hal-hal yang di anggapnya penting dan membahagiakan, saat orang sedang berada didekat pohon, hal tersebut secara tidak sadar bisa membuat suasana hatinya menjadi damai dan tentram. Sehingga memberikan manfaat batiniah yang mempengaruhi psikis manusia. Itu kenapa saat seseorang sedang mengalami ketegangan hidup, seringkali melakukan terapi dengan sesuatu yang berhubungan dengan pohon dan alam, karena hal tersebut bisa memberikan kesejahteraan mental dalam jiwanya.

Selain manfaat yang tadi dibahas berdasarkan pandangan subjektif, ternyata peran pohon juga bisa dilihat secara ilmiah yaitu selain penghasil osksigen namun juga sebagai pengendali air. Dalam konsep keseimbangan lingkunan ada populasi, habitat, dan interaksinya. Ketiga unsur tersebut memberikan perannya masing-masing dan ada batasan yang harus dipertahankan guna menjaga keseimbangan lingkungan tersebut.

Seringkali kita mendengar kegiatan manusia yang tidak bisa terelakan, misalkan penebangan pohon secara liar atau berlebihan, kebakaran hutan, alih fungsi lahan, dan sebagaimnya. Fenomena tersebut tentu saja mempengaruhi keseimbangan lingkungan, atau bisa di katakana mengganggu keseimbangan ekosistem. Pohon dalam ekosistem selain penghasil oksigen dan penyerap karbondioksi, juga berfungsi mengendalikan air dalam tanah, dimana pada saat musim penghujan airnya di serap oleh pohon, dan menghasilkkan air pada saat musim kemarau dan dialirkan melalui tanah.

Pada prinsipnya, air bergerak dari dataran yang lebih tinggi ke dataran yang lebih rendah, dalam pergerakan di dalam tanah disebut runoff, disitulah peranan pohon. Saat suatu wilayah tidak memiliki banyak pohon, memungkin sekali akan terjadi bencana tahunan. Jika dikaitkan dengan ulasan di atas, pohon bisa mencegah terjadinya banjir, karena air hujan tidak langsung mengalir menuju laut, namun akan di tampung sementara oleh pohon sehingga pergerakan air menjadi teratur dan tidak menjadi banjir yang meredam permukaan.

Kemudian pohon juga sebagai pengikat elemen tanah sebagai lapisan terluar bumi, jika dalam suatu wilayah dataran tinggi tidak terdapat banyak pohon, sudah dapat dipastikan terjadinya longsor saat musim penghujan tiba dan terjadi kekeringan saat musim kemarau panjang. Karena pada daerah yang memiliki kemiringan kontur akan sangat rentan terkena longsor, hal tersebut disebabkan karena pohon berperan dengan akarnya dalam mengikat butiran tanah yang mengalami pengembangan saat terkena hujan. Atau dalam fenomena pergerakan air laut, saat tidak ada pembatas pohon, maka persediaan air permukaan atau air tawar akan berkurang. Hal tersebut karena terkontaminasi oleh air laut yang asin yang bergerak meresap melalui tanah, itu kenapa sangat dianjurkan sekali melestarikan mangrove di daerah pesisir.

Nah, itulah kenapa hari ini ada Hari Sejuta Pohon Sedunia, dan setiap orang wajib sadar akan perannya dalam menjaga keseimbangan ekosistem tadi, sehingga lingkungan tempat manusia tumbuh dan berkembang, tetap bisa memberikan manfaatnya. Saat populasi manusia memahami perannya untuk berinteraksi dengan alam, maka bencana dan fenomena yang meruginakan umat manusia bisa dihindari.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews