Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Diskusi Jaga Jari : Klinik Menulis #1 Menulis Deskripsi

Sabtu, 21 April 2018

/ by BW
Cirebon,setaranews.com. Diskusi kali ini jaga jari mengupas tentang “Menulis Deskripsi” yang di sampaikan oleh Ahmad Imam Baehaqi wartawan dari Tribun Jabar Cabang Cirebon yang didampingi oleh Anis Prillianty Regita Presenter Program Wewara Radar Cirebon Televisi (RCTV). Diskusi rutin tersebut bertempat di saung perjuangan (Depan kampus IAIN Cirebon), pada pukul 20.00 WIB (20/04).

Pentingnya deskripsi pada suatu berita ialah untuk memberikan gambaran kepada pembaca agar lebih berwarna, dalam hal ini sebagai media massa kerap di tantang untuk memberikan prodak tulisan yang menarik dan asik bagi pembacanya.

Menulis Deskripsi pada berita berbeda dengan menulis opini. Berita dideskripsikan dengan fakta atau data empiris yang tidak bisa di perdebatkan, sedangkan menulis opini masih bisa di perdebatkan dengan asumsi dan spekulasi penulis dan pembaca.

“Kelemahan wartawan dalam menulis berita adalah tidak bisa menahan diri untuk berasumsi atau berspekulasi, yang sadar atau tidak sadar menulis dengan asumsinya, padahal itu tidak diperbolehkan dalam menulis berita, karena jika tidak sesuai fakta bisa menjadi berita hoax” tutur Imam dalam sesi materi.

Dalam diskusi tersebut di hadiri oleh kalangan umum seperti pers mahasiswa, wartawan media lokal dan kalangan komunitas lainnya. Saat pemateri mengajak audience unutk berkomentar dengan menuliskan deskripsi terhadap sebuah foto yang di tampilkan melalui media visual, banyak yang terjebak malah beropini.

“Saat mendeskripsikan sebuah foto kita tidak boleh beropini, pada dasarnya kita hanya menulis sesuai tampak pada foto tersebut, tidak boleh menceritakan hal-hal yang disangka-sangka atau di tebak. Kita hanya harus mendeskripsikan sesuai fakta yang terlihat.” Tambahnya mengkoreksi komentar audience.

Pertanyaan lainpun muncul, saat wanita cantik bernama Asih  sebagai moderator ikut berkomentar bahwa dalam deskripsi yang dimaksud dalam menulis berita bersifat objektif tidak subjektif. Namun ia menanyakan apakah ada spesifikasi tertentu dalam menulis deskripsi dan dijawab langsung oleh pemateri.

“Ada batasan yang harus di jaga, seperti tidak SARA, tidak beropini, dan harus relevan dengan angel berita.” Tukasnya.

Kegiatan tersebut berlangsung sekitar satu setengah jam dan  ditutup dengan pemaparan kesimpulan dari hasil diskusi yang telah dilakukan.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews