Terbaru

latest

Pedati Pustaka, Perpustakaan Keliling di Kabupaten Cirebon

Jumat, 12 Mei 2017

/ by BW
Cirebon, Setaranews.com – Berawal dari kesenangannya membaca, Robianto atau kerap disapa Robi, warga Desa Bayalangu Lor, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon membuat gerobak yang menyatu dengan sepeda motor. Gerobak tersebut terbuat dari rangka kayu dan atap rumbia yang berisi 150 buku bacaan. Ia pun menamainya Pedati Pustaka.

Robi berkeliling di beberapa titik Desa Bayalangu Lor, serupa perpustakaan keliling. Mendatangi pusat-pusat keramaian anak-anak untuk menawarkan buku-bukunya agar dibaca.

"Koleksi saya memang baru 150 buku, hasil donasi dari beberapa teman dan pihak lain yang sebelumnya tak saya kenal. Saya sendiri memang hobi baca," ungkapnya yang biasa melakukan kegiatan dengan Pedati Pustaka hingga malam hari, dikutip dari daerah.sindonews.com

Robi berharap koleksi bukunya bisa bertambah, maka ia terus berusaha mengumpulkan buku-buku. Menurutnya, masyarakat bisa menambah wawasan dengan koleksi yang banyak dan beragam.

Kegiatan yang dilakukan Robi dilatarbelakangi oleh keprihatinan melihat anak-anak yang menyingkirkan buku dan lebih senang berkutat dengan gadget.

Lewat Pedati Pustaka, sedikit demi sedikit minat baca anak-anak mulai tergugah. Meski terkadang untuk memancing anak-anak membaca, Robi harus menggunakan aneka permainan kegemaran mereka.

"Misalnya saya pancing dulu dengan kegiatan mewarnai. Lama-lama saya sodorkan buku untuk dibaca dan akhirnya mereka mau membaca," katanya.

Robi berkisah pengalamannya bertemu seorang anak kelas 4 SD yang ia suruh menuliskan namanya sendiri diselembar kertas, yang mengejutkan anak tersebut tidak bisa melakukannya.

Selain untuk melawan kebodohan dengan membaca, berangkat dari kisah tersebut Robi berinisiatif membuka kelas berhitung, membaca dan lainnya. Serta menyediakan aneka permainan tradisional, seperti congklak, dan lainnya. Dengan harapan anak-anak bisa bermain sewajarnya.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews