Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Paseban Tri Panca Tunggal Kembali Adakan Upacara Adat

Minggu, 27 Oktober 2013

/ by BW
Kuningan, setaranews.com - Minggu (27/10) Paseban Tri Panca Tunggal kembali mengadakan acara Seren Taun dalam rangka mensyukuri hasil bumi selama satu tahun yang diberikan kepada para petani di Provinsi Jawa Barat khususnya di Kabupaten Kuningan.

Seren Taun merupakan acara adat yang menjunjung tinngi nilai-nilai kemanusiaan seperti bergotong royong, saling mengasihi antar sesama manusia. Kegiatan-kegiatan yang di lakukan pada acara tersebut salah satu contohnya yaitu tumbuk padi menggunakan alat-alat tradisional seperti alu.

Tumbuk padipun mengandung filosofi yang cukup bagus untuk kehidupan manusia.“Kita selaku manusia mempunyai akal budi bahwa manusia sebelum memakan hasil bumi tentunya akan di olah terlebih dahulu, berbeda dengan binatang yang langsung memakan tanpa diolah, selain itu kita selaku makhluk sosial tidak bisa hidup sendirian melainkan memerlukan bantuan dari orang lain”. Ujar Dodo Widodo selaku panitia upacara adat Seren Taun kepada Setaranews.

Dalam acara tersebut sangat ramai karena banyaknya pengunjung dari lokal, nasional dan internasional juga memamerkan berbagai macam hasil bumi seperti bahan pangan, sayuran, buah-buahan dan umbi-umbian untuk dipajang serta di berikan kepada para pengunjung yang hadir.

Agnia salah satu pengunjung asal Kota Cirebon berkomentar “Acara Seren Taun ini sangat baik dan semoga tahun depan bisa lebih tertata lagi karena dalam acara ini masih banyak pedagang-pedagang yang masuk ke area sehingga menghilangkan sedikit esensi dari acara tersebut” Ujarnya kepada Setaranews.

 

Editor : Ali Fikri

 

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews