Responsive Ad Slot

Kecam Rasisme, Aliansi Mahasiswa Cirebon Gelar Aksi Solidaritas Kemanusiaan

Tidak ada komentar

Kamis, 22 Agustus 2019


Aliansi Mahasiswa Cirebon Gelar Aksi Solidaritas di Tugu Proklamasi
Foto by / Galih

Cirebon, setaranews.com - Aliansi Mahasiswa Cirebon melakukaan aksi di tugu proklamasi kemarin (21/8/2019) pukul 16.00 WIB. Aksi ini tergerak atas dasar solidaritas kemanusiaan karena beberapa waktu lalu telah terjadi tindak represifitas terhadap sodara sebangsa yang ada di Asrama Papua Surabaya. Mahasiswa yang tergabung dalam aliansi tersebut mengaku ikut terluka karena adanya tindak kekerasan yang dilakukan oleh oknum aparat dan ormas. Perilaku rasial ini dianggap telah gagal melindungi warga Negara dari tindakan rasisme, diskriminasi, dan represif. 

Dalam aksi ini Ginanjar selaku juru bicara Aliansi Mahasiswa Cirebon tidak membenarkan adanya tindakan kekerasan yang dilakukan oleh aparat pada Mahasiswa Papua di Surabaya. “Aksi ini Merupakan solidaritas kemanusiaan karena tindakan kekerasan oleh aparat terhadap saudara kami, isunya itu karena perusakan bendera merah putih” tuturnya. 

Aliansi juga menolak segala bentuk penghinaan manusia atas manusia lain, dan menyatakan adili pelaku diskriminasi terhadap Mahasiswa Papua di Malang, Surabaya, dan Semarang.



Reporter : Galih

MAPALA GUNATI Memperkenalkan Sejarah dan Budaya Cirebon Melalui LLMB 2019

Tidak ada komentar

Minggu, 18 Agustus 2019


Para Peserta LLMB berfoto bersama RR. Alexandra W. sebelum pemberangkatan. 

Cirebon, Setaranews.com - Acara Puncak Diesnatalis Mahasiswa Pecinta Alam Gunung Jati (MAPALA GUNATI) ke-24 dilaksanakan pada Sabtu, 17 Agustus 2019 dengan menyelenggarakan Lomba Lintas Medan dan Budaya (LLMB) Tingkat Pelajar SMA/SMK/MA Se-Pulau Jawa yang memperebutkan Piala tetap dari Rektor UGJ, Walikota Cirebon dan Sultan Sepuh XIV (Keraton Kasepuhan Cirebon). 

Pelepasan peserta LLMB diresmikan oleh Rektor UGJ, Dr. Mukarto Siswoyo,M.Si. saat Upacara Hari Kemerdekaan di kampus utama UGJ dan pelepasan secara simbolis dengan pemotongan pita oleh RR. Alexandra W. di Keraton Kasepuhan Cirebon. Panjang Lintasan LLMB ini sejauh 5 km dengan garis start di Keraton Kasepuhan dan finish di Keraton Kanoman. 

"Alam itu tidak hanya pohon atau tanah, budaya juga merupakan kekayaan alam. Selain untuk berkompetisi, lomba ini juga bertujuan untuk memperkenalkan budaya dan sejarah Cirebon pada generasi muda" tutur Diki Koswara selaku Koordinator Kegiatan LLMB. Sebelum pemberangkatan, peserta dikenalkan sejarah Patilasan Keraton Dalem Agung Pakungwati oleh Pemandu di Keraton Kasepuhan. 

"Lomba ini sangat bermanfaat sekali, selain menambah pengalaman, punya teman baru, jadi tahu tentang sejarah Cirebon juga karena kebetulan saya dari luar Cirebon" pungkas Dian sebagai peserta lomba dari SMAN 1 Jatiwangi. Acara puncak Diesnatalis MAPALA GUNATI tahun ini juga dimeriahkan Live Music yang mengundang beberapa Band indie sekaligus pengumuman juara LLMB bertempat di halaman parkir kampus utama UGJ. 

Reporter: Anisa Puse
Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews