Responsive Ad Slot

Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Bermain Gadget

Tidak ada komentar

Sabtu, 27 April 2019





Cirebon, setaranews.com Kelas Litersi Digital yang diselenggarakan oleh SisterNet mengusung tema “Kapan Anak Boleh Punya Gadget Sendiri?” Yang kemudian dilaksanakan di salah satu Mall tersohor di Kota Cirebon yaitu Grage Mall, pada pukul 14.00 WIB (27/04).

Acara ini menghadirkan pembicara Diah Kusumawardani W (founder Belantara Budaya Indonesia ) dan Shanti Maya (founder & trainer Socio Learning). “Mudah-mudahan dengan acara ini para orangtua bisa mengawasi anak-anaknya bermain gadget dengan bijaksana” ucap Sultan XVI Kasepuhan Cirebon, Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat,SE. saat membuka acara tersebut.

Idealnya anak diperbolehkan mempunyai gadget sendiri pada saat usia 12 tahun keatas, karena pada saat usia tersebut anak sudah bisa memilah mana yang baik dan mana yang buruk. Untuk anak-anak dibawah usia 12 tahun juga diperbolehkan bermain gadget, akan tetapi harus tetap dalam pengawasan orang tua dengan durasi waktu 1-2 jam dalam sehari.

Jika anak sudah terlanjur kecanduan gadget, orang tua harus melakukan diskusi bersama anak untuk mengalihkan perhatiannya kepada kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat dan bisa menorehkan prestasi di dunia nyata.

Tidak selamanya bermain gadget itu mebuang-buang waktu, karena ada banyak hobi yang bermediakan gadget bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Orangtua selaku pendamping anak dalam bermain gadgetpun harus mendukung hobinya jika itu positif dan tidak menggagu waktu belajarnya.

Selain membuat kelas literasi digital, SisterNet bersama Belantara Budaya Indonesia juga rutin mengadakan pelatihan tari tradisional secara gratis di Keraton Kasepuhan setiap hari Sabtu pukul 15.00 WIB. Acara ini ditutup dengan flashmob beberapa tarian tradisional yaitu Kembang Ronggeng, Warung Pojok dan Tari Momere.


Reporter : Anisa Puse (anggota magang) & Felisa Dwi
Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews