Responsive Ad Slot

Terbaru

latest

Trupark Museum: Wisata Edukasi Batik yang Memanjakan Mata di Cirebon

Logo Trupark Museum di Kawasan Batik Trusmi Cirebon. Foto: Obi/LPM Setara

Cirebon, Setaranews.com
- Wisata baru yang unik, edukatif yang mampu memanjakan mata dengan spot selfie unik dan menarik telah hadir di Cirebon. Kawasan wisata tersebut bernama Trupark Museum. Diresmikan pada 28 November 2018 silam. Desain dengan karya seni tinggi yang artistik untuk menciptakan pengalaman belajar membatik dan budaya cirebon lainnya dengan cara yang baru dan tempat yang seru.

Trupark Museum hadir dari pemikiran gagasan bapak Riyanto beserta tim yang telah dibentuk olehnya karna berfikir bahwa, Cirebon adalah salah satu central batik dan banyak masyarakat yang masih mencintai dan berminat mengenakan pakaian batik tapi tidak tahu cara pembuatan dan sejarah dari batik sendiri.

Galeri jenis-jenis batik Batik. Foto: Obi/LPM Setara

Kelebihan dari Trupark Museum adalah tidak hanya sekedar menjadi wisata edukatif tentang batik, tapi juga menyajikan spot selfie beserta atribut-atribut selfie yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu yang menarik perhatian ialah baju kimono batik dan payung yang unik.

Museum tersebut terbagi menjadi dua lantai. Lantai pertama berisi penyajian spot selfie yang memanjakan mata para pengunjung serta beberapa lukisan kisah klasik di Cirebon beberapa tahun yang lalu, serta alat tenun yang di sediakan di sana. “Kami ingin menunjukkan bahwa Indonesia bukan hanya punya batik, tetapi juga kain tenun,” ujar Yossi selaku tour guide Museum Trupark.

Galeri foto Cirebon di Batik Trusmi Cirebon. Foto: Obi/LPM Setara

Sedangkan di lantai kedua lebih berisi kepada edukasi batik seperti diperagakan kegiatan membatik tulis dan membatik cap. selain beberapa koleksi batik lama. Setelahnya, terdapat ruangan gelap dengan dinding belakang, kiri dan kanan, berlapis kaca cermin, di tengah plafon menggantung alat video mapping.

Pembuatan Batik Cap. Foto: Obi/LPM Setara

Trupark Museum di buka untuk umum setiap hari Senin-Jum'at mulai pukul 10.00 WIB-18.00 WIB. Sedangkan Sabtu-Minggu mulai pukul 10.00 WIB-20.00 WIB. Harga tiket yang di sajikan pun sepadan dengan fasilitas yang didapatkan bila mengunjungi kawasan wisata tersebut. Orang dewasa akan dikenai harga kisaran Rp. 50.000 di weekday dan Rp. 60.000 di weekend. Sementara untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun berkisar Rp. 35.000. Tiket masuk bisa diperoleh di Pusat Batik Trusmi atau bisa langsung ke Trupark Museum Kawasan Batik Trusmi Kec. Weru, Kab. Cirebon, Jawa Barat.

Dengan adanya Trupark Museum tersebut diharaprkan bisa menginspirasi masyarakat Cirebon. "Semoga bisa menjadi inspirasi anak-anak muda khususnya Wilayah Cirebon agar lebih mencintai batik, dan dapat membawa karya Indonesia (batik) ke kancah Internasional. Mengingatkan masyarakat umum bahwasanya kita punya batik yang indah. Jadi mari kita sama-sama lestarikan kesenian budaya lokal agar tidak hanya kita saja yang bisa menikmati, tapi kelak anak cucu kita." ujar Anggi Dewi Pangesti salah satu tour guide yang ada di sana.

Reporter       :      Nur Fatihatu Salamah, Obi Robiansyah

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by setaranews